Pemberian Pakan Ayam Cemani Agar Menghasilkan Kualitas Unggulan

Ayam cemani adalah ayam asli Indonesia yang memiliki kharakteristik hitam. Ayam cemani harus dipelihara dengan penuh kesabaran dan ketekunan. Karena ayam cemani tidak bisa dibiarkan berkeliaran mencari pakan sendiri. Jumlah ayam cemani yang bisa dikatakan cukup langka, membuat harganya juga semakin tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya ayam cemani dipelihara secara intensif. Selain bisa dijadikan sebagai ayam hias atau koleksi, ayam cemani juga bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan.

Ayam Cemani
Ayam Cemani

Pemeliharaan awal ayam cemani yaitu dapat segera dilakukan ketika telur cemani menetas. Anakan tersebut harus segera dipisahkan dari indukannya, atau harus segera dikeluarkan dari mesin penetas lalu dipindahkan ke kandang box yang dilengkapi dengan pemanas. Ketika anak ayam cemani berumur 4 hari, segera beri vaksin tetelo atau ND (Newcastle disease). Pemberian imunisasi ini juga diulang ketika anak ayam cemani berumur 4 minggu dan 4 bulan. Selain itu, apabila diperlukan juga bisa diberi vaksin cacar flow pox.

Tidak ada makanan khusus ayam cemani, seperti beras ketan hitam, cumi-cumi, kluwak dan lain-lain. Pakan ayam cemani anakan yaitu berupa kosentrat voer atau BR murni. Untuk 4 minggu pertama menghabiskan konsumsi harian sekitar 400 gram/ekor. Untuk 4 minggu berikutnya, pemberian pakan ayam cemani ditingkatkan menjadi 838 gram/ekor.

Ketika berumur sekitar 3 minggu, ayam cemani dapat dipindahkan ke kandang yang lebih besar. Cara membuat kandang ayam cemani harus memperhatikan beberapa hal. Sebaiknya kandang ayam cemani menghadap ke timur, agar kandang tetap terjaga kering. Namun, kandang ayam harus terhindar dari terkena matahari yang terik dan air hujan. Sehingga kandang harus diletakkan di tempat yang teduh. Kebersihan kandang juga harus diperhatikan agar ayam terhindar dari penyakit.

Cara mengawinkan ayam cemani bisa dengan cara alami bisa juga dengan buatan atau insemninasi. Ayam cemani diletakkan dalam kandang yang mempunyai kapsitas 6 ekor. 5 ekor betina dan 1 ekor jantan. Bisa juga kandang hanya berisi 2 ekor dengan 1 ekor jantan dan 1 ekor betina, setelah ayam cemani betina sudah dibuahi, maka dikeluarkan dan diganti dengan ayam cemani betina yang lain dan begitu seterusnya.

Saat usia tersebut, makanan ayam cemani asli sudah bisa dicampur dengan pakan tambahan seperti dedak padi, jagung giling, menir, bekatul, dan sisa nasi namun yang belum basi. Hal ini dimaksudkan untuk menekan pengeluaran konsumsi.

Makanan yang tepat hanya berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhan ayam cemani. Dan tidak berpengaruh pada warna. Kebanyakan orang mencari ayam cemani dengan darah hitam dan ayam cemani lidah hitam. Namun, selama ini belum ditemukan ayam cemani dengan ciri-ciri tersebut. Bisa juga ada cara menghitamkan lidah ayam cemani, karena kami belum pernah menemukan ayam cemani dengan darah hitam. Darah ayam cemani berwarna merah tua atau sama dengan darah ayam kampung pada umunya. Sedangkan lidahnya berwarna abu-abu atau putih.

Kami dari Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang untuk mengetahui daftar harga ayam cemani di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait :
makanan ayam cemani asli, cara menghitamkan lidah ayam cemani, makanan khusus ayam cemani, cara membuat kandang ayam cemani, daftar harga ayam cemani, cara mengawinkan ayam cemani, telur cemani, ayam cemani lidah hitam,

<Duwi Kristinawati>

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
Hobiternak.com
Nama Produk
Jual Telur, Anakan, Remaja hingga usia Dewasa Ayam Cemani
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: