Sejak zaman dahulu telur memang sudah menjadi bahan makanan yang cukup digemari oleh masyarakat. Ada berbagai hal yang dapat mendasarinya, seperti kandungan gizi yang tinggi, harga yang murah, rasa yang enak, hingga dibutuhkan sebagai lauk pauk untuk menunjang kesehatan. Semakin kedepan kebutuhan akan telur konsumsi semakin meningkat. Telur dari ayam ras petelur menjadi salah satu jenis telur yang tingkat konsumsinya cukup tinggi di Indonesia, ada beberapa kelebihan sebagai contoh, harga yang lebih murah dibandingkan dengan telur ayam buras (kampung) yang mana harganya tinggi dan penghitungannya masih per butir berbeda dengan telur ayam ras yang dihitung per kg.

Dalam menghasilkan telur ayam ras yang digemari masyarakat tentu tidak terlepas dari pola pemeliharaan yang baik. Salah satu hal yang mendukung keberhasilan tersebut yaitu penentuan jenis kandang. Berhasil atau tidaknya suatu peternakan dapat dipengaruhi oleh pembuatan kandang itu sendiri. Kandang yang dibuat memiliki tujuan agar ayam merasa nyaman yang akan mendukung produktivitas ayamnya. Dengan demikian, kondisi dalam kandang memang perlu untuk disesuaikan dengan kebutuhan dalam pertumbuhan ayamnya. Ada berbagai hal mulai dari jenis kandang, pencahayaan, manajemen pindah kandang, jumlah ayam , kandang hingga tenaga kerja yang diperlukan menjadi poin penting dalam pemeliharaan Ayam Petelur.


Ayam Petelur dengan Keunggulan Produktifitas Telur yang Tinggi

Menentukan Jenis Kandang Ayam Petelur Berdasarkan Usia

1. Jenis kandang Berdasarkan Konstruksi

A. Kandang Postal

Jenis kandang menerapkan model kandang dengan sistem pemeliharaan ayamnya disatukan dalam kandang tertentu. Jumlah ayam sendiri bisa mencapai ribuan ekor dengan kebutuhan ruangan 250 cm2 setiap ekornya.

Kandang Postal
Kandang Postal

B. Kandang Baterai

Kandang Baterai dapat diterapkan dengan pemeliharaan satu kandang untuk 1 ekor saja, ayam diletakkan dalam ruangan masing-masing. Ukuran kandang ini pada umumnya panjang 40 cm dan lebar 20 cm dan tinggi kurang lebih 30-40 cm. Sistem kandang baterai sendiri juga dapat dibuat per kelompok dalam satu ruangan. Bisa dengan mengisi sejumlah 4-6 ekor dalam satu ruangan, untuk luas menyesuaikan dengan kebutuhan setiap ekornya.

Kandang Kawat
Kandang Baterai/Kawat

2. Kandang Ayam Petelur Berdasarkan Tipe Lantai

Kandang dengan lantai tanah/ semen dengan dilapisi litter dan kandang panggung. Kandang koloni/ postal pada umumnya menggunakan alas litter, sedang baterai menggunakan kandang karena kandang dibuat dengan cara disusun bertingkat menggunakan bahan kawat. Ada pengelompokkan berdasarkan usianya.

Periode Indukan

Jenis kandang litter adalah jenis kandang yang cukup banyak digunakan di periode indukan yang berupa lantai semen atau kandang rak bertingkat yang di modifikasi sehingga terdapat lantai pada rak kandang. Ada beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti pemanas (brooder), sekat pembatas kandang, bahan litter, termometer, tempat pakan dan minum serta pencahayaan.

Bagaimana perawatan Ayam Petelur saat memasuki Masa Produksi ?

A. Pemanas

Ayam termasuk jenis hewan homeothermic yang mana mempertahankan suhu tubuh tetap stabil terlebih pada saat terjadi perubahan suhu lingkungan. Dengan begitu pemanas memang diperlukan dengan tujuan untuk menjaga suhu tubuhnya. Karakteristik yaitu mampu menghasilkan panas yang cukup, stabil, terfokus dan tidak mengeluarkan suara berisik. Pemanas tersebut ada beberapa jenis diantaranya :

  • Listrik ( lampu pijar 60-75 watt)
  • Gas
  • Batubara
  • Minyak tanah

Indukan Gas (IG) menjadi brooder yang cukup baik karena lebih efisien, tidak berisik, lebih awet dan lebih ramah lingkungan.

B. Termometer

Termometer berguna untuk mengukur pemanas sesuai dengan kebutuhan dan umur anak ayam

C. Chick Guard

Fungsi Chick Guard sendiri membantu agar panas yang dihasilkan brooder terfokus dan melindungi ayam dari terpaan angin dan hewan liar. Chick guard biasanya dengan bentuk lingkaran atau oval, karena ayam menyukai berada di sudut pandang dan ayam tidak tertumpuk dalam satu sudut. Luas diperlebar menyesuaikan dengan umur ayam

Chick Guard
D. Instalasi Tempat Pakan dan Minum

Tempat pakan dapat berupa galon maupun nampan begitu juga tempat minum dapat berupa galon maupun nipple. Tempat tersebut disesuaikan dengan jumlah anak ayam. Tempat sendiri dipersiapkan secara merata minimal 2/3 dari ayam dapat makan dalam waktu bersamaan. Sebaiknya untuk tempat pakan tidak menggunakan bok bekas doc karena mudah lembab sehingga memicu bakteri yang menyebabkan penyakit.

Instalasi tempat pakan dan minum
E. Alas Kandang

Ada beberapa fungsi dari alas kandang atau litter yaitu menjaga kehangatan brooder, menampung, menyerap air dari ekskreta sehingga feses cepat kering, meminimalkan terjadinya lepuh dada, membantu ayam ke sifat alaminya yaitu mengais-ngais dengan kakinya. Jenis litter yang mampu menyerap dengan baik yaitu, sekam padi, serbuk gergaji, serutan kayu dan jerami, berjemur tidak berdebu, disebar merata dengan ketebalan 5-10 cm.

Periode Starter – Grower

Periode Grower yaitu pada usia 4-15 dan 4-18 minggu. Jika sebelumnya di kandang bok maka bisa dipindahkan ke kandang postal yang lebih besar atau dengan sistem baterai grower pada periode starter-grower. Jenis kandang baterai grower merupakan hasil dari modifikasi antara kandang sistem sangkar dengan kurungan berbentuk segi empat disusun berderet memanjang dan bertingkat. Alas berlubang terbuat dari bahan kayu, bambu atau kawat. Biasanya terdiri dari 2-4 tingkat ditempatkan secara berjajar. Kandang baterai dengan 2 tingkat lebih banyak dipilih peternak karena memudahkan tenaga kerja untuk pemberian pakan dan air minum serta memudahkan pengambilan telur.

Periode Produksi

Bagi ayam ras berkisar di usia 15-96 minggu, sedangkan ayam kampung dan ayam arab berkisar di usia 18-96 minggu dan 19-96 minggu.

Ternak Ayam Petelur
Ternak Ayam Petelur

Apa Saja Sistem Kandang yang Cocok untuk Budidaya Ayam Petelur ?

Sistem Baterai

Atap kandang dengan model atap monitor terdiri dari dua sisi, pada bagian puncak diberikan ventilasi yang berguna untuk memperlancar sirkulasi udara dan masuknya cahaya matahari. Untuk atap dapat menggunakan atap genting atau asbes. Ada beberapa kelebihan dari Sistem Baterai yaitu memudahkan pengontrolan, penggunaan pakan, pengamatan produksi dan juga mengurangi sifat kanibalisme.

Kandang Baterai cocok Ayam Arab Petelur
Kandang Baterai

Sistem Umbaran

Selain Sistem Baterai, saat ini kandang dengan sistem umbaran cukup banyak dipilih karena dapat meningkatkan nilai jual telur konsumsi. Namun kandang ini membutuhkan lokasi yang cukup luas, biaya yang cukup tinggi, tenaga kerja yang cukup banyak serta biosekuriti yang cukup ketat.

Setiap jenis kandang memang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya seperti efisiensi penggunaan lahan dan kandang, memudahkan pemeliharaan, peredaran udara lebih lancar hingga konversi pakan lebih baik namun memang ada beberapa tantangan seperti membutuhkan tenaga kerja yang banyak, keamanan yang lebih ketat, membutuhkan lokasi yang luas. Dengan demikian karena mempertimbangkan berbagai hal, saat ini ada beberapa peternak yang melirik kandang ayam petelur modern atau biasa disebut dengan Kandang Close House.

Sistem Kandang Close House

Kandang Close House merupakan kandang tertutup yang mana menjamin keamanan karena secara biologi akan lebih mengurangi kontak dengan organisme lain. Ventilasi udara yang cukup baik juga mengurangi stres pada ayam. Pemilihan jenis kandang ini memang belum banyak dijumpai dengan alasan biaya yang mahal. Ada beberapa kelebihan dengan sistem close house terlebih dengan sistem baterai seperti: menghemat tempat, pengurangan kanibal serta produksi setiap ayam dapat diketahui. Akan tetapi jenis kandang close house ini merupakan jenis kandang untuk pemeliharaan skala besar. Sedangkan untuk ukuran kandang ayam petelur 100 ekor kurang lebih membutuhkan luas sekitar 20 m persegi begitu juga untuk ukuran kandang 50 ekor membutuhkan kurang lebih 10 m persegi. dengan demikian jenis kandang postal maupun baterai dapat diterapkan.

Dalam pembuatan kandang setiap jenis tentu berbeda hal itu juga dipengaruhi oleh jumlah ayam yang akan dibudidayakan serta mempengaruhi biaya pembuatan kandang ayam petelur.

Pada saat membuat kandang tentu setiap jenis berbeda-beda seperti halnya desain kandang ayam petelur modern. karena sudah tergolong kandang modern maka peralatan dan perlengkapan yang diperlukan lebih canggih yang mana salah satu tujuannya untuk menghemat waktu dan tenaga.

Itulah beberapa hal yang dapat diterapkan dalam menentukan jenis kandang ayam petelur. semoga bermanfaat..

Bagi anda yang menginginkan dan tertarik untuk membudidayakan DOC ayam Petelur, dapat anda pesan di tempat kami kapan saja. Kami juga menyediakan jenis DOC lainnya seperti DOC Joper, Kamsi, dan AKA. Selain itu kami juga menyediakan DOD hibrida, peking kw dan mojosari berkualitas siap dikirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau oleh kargo hewan. Kami juga melayani konsultasi dengan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik.Silahkan hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAAP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait:
kandang ayam petelur modern, ukuran kandang ayam petelur 100 ekor , ukuran kandang ayam petelur 50 ekor, cara membuat kandang ayam petelur skala kecil, desain kandang ayam petelur modern , harga kandang ayam petelur dari bambu
*Hasti Nurcahyati*


1 Comment

Menentukan Modal Ternak Ayam Petelur 100 ekor · April 27, 2019 at 6:31 am

[…] Saat masa panen ayam petelur tiba, bisa diperkirakan dalam satu harinya mampu menghasilkan telur sejumlah 6kg, maka jika per kg dihitung Rp 22.000. Maka dalam satu hari pendapatan yang diperoleh adalah 22.000 x 6= 132.000. Pendapatan tersebut masih dalam bentuk kotor, kemudian dikurangi biaya pakan 132.000- 17.840= 114.160. Sehingga satu bulan hasil dari penjualan telur menjadi 114.160 x 30= 3.424.800. Modal awal yang telah dihitung sejumlah 2.818.500+ 100.000 ( biaya vaksin )= 2.918.500. Dengan demikian pendapatan bersih yang diperoleh sebesar= 3.424.800- 2.918.500= 506.300. Pendapatan tersebut sudah termasuk biaya pembuatan kandang. […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: