Jumlah telur ayam mutiara- Ayam mutiara tergolong jenis unggas yang berasal dari Afrika. Ayam yang berasal dari Afrika ini terkenal bergerombol yang habitat aslinya di semak-semak padang sabana. Dapat dikatakan bahwa ayam ini termasuk ke dalam jenis burung namun tidak memiliki kemampuan untuk terbang tinggi. Banyak para penghobi ayam mutiara yang menjadikannya sebagai hiasan atau koleksi.

Semakin banyak orang yang beralih menjadi peternak ayam hias karena besarnya prospek yang dihasilkan dari beternak ayam hias . Ayam ini merupakan ayam yang membutuhkan perlakuan yang istimewa. Cara beternak ayam ini berbeda dengan jenis-jenis ayam lain. Yang memiliki ciri khas sendiri dengan memiliki corak bulu yang memiliki bintik-bintik putih. Dapat dikatakan bahwa ayam mutiara merupakan jenis ayam yang cantik juga eksotis.

Apa saja jenis ayam mutiara ?

Jenis ayam mutiara sendiri beraneka ragam. Jenis ayam ini dapat dibedakan menurut warna bulunya. Antara lain ayam mutiara abu-abu atau silver, ayam mutiara palangkok, ayam  mutiara hitam dan ayam mutiara putih.

Berikut merupakan jenis-jenis ayam mutiara :

  1. Ayam Mutiara Hitam

    jumlah telur ayam mutiara

    Mutiara Hitam

    Jenis ayam mutiara hitam ini umumnya memiliki bulu yang berwarna hitam diseluruh tubuhnya dan memiliki bintik-bintik putih seperti mutiara. Jenis ayam mutiara merupakan jenis ayam yang memiliki bulu yang eksotis dan untuk saat ini ayam mutiara hitam banyak peminatnya.

    Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Hitam per ekor  :

    Ayam Mutiara 1 Bulan   @ Rp100,000
    Ayam Mutiara 2 Bulan   @ Rp125,000
    Mutiara Hitam 3 Bulan   @ Rp150,000
    Ayam Mutiara 4 Bulan   @ Rp200,000
    Untuk Ayam Mutiara 5 Bulan   @ Rp250,000
    Sedangkan Ayam Mutiara Dewasa   @ Rp300,000

  2. Ayam Mutiara Putih

    jumlah telur ayam mutiara

    Mutiara Putih

    Jenis ayam mutiara ini memiliki bulu yang berwarna putih, sehingga ayam ini hampir tidak terlihat memiliki bintik-bintik mutiara.

    Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Putih per ekor  :

    Mutiara Putih 1 Bulan   @ Rp200,000
    Ayam Mutiara Putih 2 Bulan   @ Rp250,000
    Mutiara Putih 3 Bulan   @ Rp350,000
    Mutiara Putih 4 Bulan   @ Rp400,000
    Untuk Mutiara Putih 5 Bulan   @ Rp450,000
    Sedangkan Mutiara Putih Dewasa   @ Rp500,000

  3. Ayam Mutiara Plangkok

    jumlah telur ayam mutiara

    mutiara plangkok

    Ayam mutiara plangkok ini merupakan jenis ayam mutiara unggulan yang memiliki warna bulu dengan perpaduan warna hitam dengan putih juga memiliki bintik-bintik putih seperti mutiara. Pada bagian sayap, perut dan kepala ayam ini berwarna putih dan pada bagian leher, kaki dan paruh pada yam ini berwarna kuning.

    Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Plangkok per ekor  :

    Mutiara Plangkok 1 Bulan   @ Rp175,000
    Ayam Mutiara Plangkok 2 Bulan   @ Rp250,000
    Mutiara Plangkok 3 Bulan   @ Rp325,000
    Mutiara Plangkok 4 Bulan   @ Rp400,000
    Untuk Mutiara Plangkok 5 Bulan   @ Rp425,000
    Sedangkan Mutiara Plangkok Dewasa   @ Rp475,000

  4. Ayam Mutiara Silver

    jumlah telur ayam mutiara

    Ayam Mutiara Silver usia 2,5 bulan

    Pada ayam mutiara silver ini sering kali kita menyebutnya sebagai ayam mutiara lavender. Hal itu dikarenakan memiliki bulu yang berwarna keabu-abuan dengan memiliki bintik-bintik putih. Pada bagian kepala ayam ini yang berwarna hitam keputih-putihan juga pada kaki yang berwarna keabu-abuan. Ayam ini juga termasuk jenis ayam unggulan.

    Berikut merupakan daftar harga Ayam Mutiara Silver per ekor  :

    Mutiara Silver 1 Bulan   @ Rp200.000
    Mutiara Silver 2 Bulan   @ Rp250.000
    Ayam Mutiara Silver 3 Bulan   @ Rp350.000
    Mutiara Silver 4 Bulan   @ Rp400.000
    Untuk Mutiara Silver 5 Bulan   @ Rp450.000
    Sedangkan Mutiara Silver Dewasa   @ Rp500.000

Berikut merupakan ciri-ciri ayam mutiara :

  • Terdapat bintik-bintik putih seperti mutiara pada bagian bulunya
  • Memiliki bentuk tubuh yang hampir menyerupai burung
  • Memiliki pial disamping kanan dan kiri pada bagian kepalanya

Ayam mutiara hanya memproduksi telur pada waktu hujan saja. Langit mulai mendung merupakan pertanda bagus untuk ayam mutiara betina karena tidak akan lama lagi ayam mutiara akan bertelur dan mulai bisa ditetaskan.

Mengenai rasa telur ayam mutiara sendiri sama dengan rasa telur ayam pada umumnya. Memang untuk saat ini belum ada penelitian  lebih jauh mengenai khasiat telur ayam mutiara. Cara bertelur ayam mutiara sendiri memang berbeda dengan jenis ayam lainnya. Ayam mutiara biasanya suka bertelur di sembarang tempat dan tidak menetap disuatu tempat seperti ayam kampung.

Apakah produktifitas telur ayam mutiara dari tahun ketahun mengalami peningkatan ?

Dalam produktifitas telurnya dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Usia produktif ayam mutiara ini bertelur pada umur 28-30 bulan. Dengan semakin banyak permintaan ayam mutiara tentunya akan semakin bertambah pula orang yang akan memelihara ayam hias ini. Ayam mutiara mampu bertelur 50 butir – 100 butir dalam sekali musim telur.

Jumlah telur yang cukup banyak ini di habitat aslinya hanya tertimbun daun dan tanah. Pada saat telur ayam mutiara tertimbun daun dan tanah maka telur akan hangat dan telur ayam mutiara akan menetas dengan sendirinya tanpa ayam mutiara mengerami telurnya.

Dalam pemberian pakan sendiri jenis pakan yang dapat diberikan untuk lebih mudahnya dapat diberikan padi, jagung, beras, bekatul, dedak, gabah serta jenis kacang-kacangan lainnya. Untuk anakan ayam mutiara dapat diberikan pakan voer dengan campuran berbagai jenis sayur-sayuran seperti kangkung, bayam serta jenis sayur-sayuran lainnya. Hal ini berguna pada anakan ayam karena dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam.

Kebersihan kandang

Dalam pemeliharaan kebersihan kandang ayam mutiara sebaiknya dilakukan setiap hari contohnya seperti membersihkan tempat pakan dan minum, membersihkan kandang dari sisa makanan serta kotoran ayam tersebut. Menjaga kebersihan lingkungan kandang atau sanitasi pada areal peternakan juga merupakan usaha pencegahan penyakit yang dapat dilakukan. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan, kebersihan, keindahan serta kecerahan pada bulu ayam tersebut.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam mutiara, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.

Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
khasiat telur ayam mutiara, penyakit ayam mutiara, kandang ayam mutiara, ciri ciri ayam mutiara mau bertelur, daging ayam mutiara, jenis ayam mutiara, harga ayam mutiara, ayam mutiara mengerami telurnya,

Viky Ristiyarti


1 Comment

Perbedaan Ayam Kalkun Jantan dan Ayam Kalkun Betina · October 22, 2018 at 3:21 am

[…] Berapakah Jumlah Telur Ayam Mutiara Dalam Sekali Musim Bertelur? […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: