4 Hal Penting yang Mempengaruhi Kualitas pada DOC Ayam Joper

4 Hal Penting yang Mempengaruhi Kualitas pada DOC Ayam Joper | thumnail
4 Hal Penting yang Mempengaruhi Kualitas pada DOC Ayam Joper | thumnail

Untuk mendapatkan ayam kampung super dengan kualitas yang  bagus perlu beberapa langkah yang dilakukan. Dari beberapa jenis peluang usaha dalam bidang pemeliharaan ayam kampung super, salah satunya adalah memproduksi DOC atau anakan ayam kampung super. Saat ini banyak peternak yang membutuhkan DOC atau anakan ayam kampung super untuk dipelihara sebagai usaha pembesaran ayam kampung super. 

Ayam kampung super atau JOPER adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina. Jenis ayam pedaging yang satu ini sangat populer dikalangan peternak. Masa panenya yang cepat membuat konsumsi pakan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Sehingga biaya pakan yang harus di keluarkan juga lebih sedikit. 

Pada usia 55 – 60 hari ayam joper sudah dapat menghasilkan bobot sekitar 0,8 ons – 1kg. Bahkan ada juga peternak yang menginformasikan bahwa jopernya pada usia 60 hari sudah berbobot 1 kg lebih. Ini adalah pencapaian yang sangat bagus. Pasalnya ayam joper diternak untuk diambil dagingnya. Jadi, jika bobot yang dihasilkan sangat berat maka harga jualnya juga akan tinggi. 

DOC Joper baru tiba di kandang dan sedang diberi larutan air gula jawa untuk memulihkan tenaganya | Image 1
DOC Joper baru tiba di kandang dan sedang diberi larutan air gula jawa untuk memulihkan tenaganya | Image 1

Sebelum menjadi DOC atau anakan atau bibit ayam super, ada beberapa proses pendahuluan agar bibit yang dihasilkannya mempunyai kualitas yang bagus. Diantaranya adalah telur tetas berasal dari indukan yang berkualitas unggul, berat telur, kondisi telur, penanganan terhadap telur tetas dan berat DOC ayam kampung super. Berikut akan kami jelaskan lebih mendetail mengenai DOC ayam kampung super atau Joper : 

Baca juga :

1. Berasal dari Indukan yang mempunyai kualitas Unggul 

DOC yang berkualitas berasal dari indukan ayam yang unggul dan sudah terseleksi | Image 2
DOC yang berkualitas berasal dari indukan ayam yang unggul dan sudah terseleksi | Image 2

Sebelum menghasilkan telur tetas, peternak sebelumnya akan melakukan seleksi pejantan dan indukan yang mempunyai kualitas unggul. Setelah mendapatkan keturunan, maka anakannya dapat dijadikan calon indukan. Ada peternak DOC yang melakukan seleksi sebanyak 4 kali baru dijadikan indukan untuk menghasilkan telur tetas dengan kualitas yang bagus.

2. Berat Telur Tetas 

DOC yang berkualitas juga ditandai dari telur yang memiliki ciri-ciri tertentu dan bagus | Image 3
DOC yang berkualitas juga ditandai dari telur yang memiliki ciri-ciri tertentu dan bagus | Image 3

Telur tetas yang berkualitas mempunyai ciri diantaranya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, tidak terlalu bulat atau terlalu lonjong, kulit telur tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

3. Berat DOC Sesuai Standar 

Ayam berbobot besar tidak semata-mata hanya di tentukan dari DOC yang besar-besar. Namun dari sisi pemeliharaan juga mempengaruhi | Image 4
Ayam berbobot besar tidak semata-mata hanya di tentukan dari DOC yang besar-besar. Namun dari sisi pemeliharaan juga mempengaruhi | Image 4

Berat anakan atau DOC ayam kampung super berbanding lurus dengan hasil pada saat panen. Jadi pada saat memilih anakan ayam kampung, DOC dengan postur yang lebih besar berpotensi menghasilkan ayam yang besar pula. Tentu saja pola pemeliharaan juga berpengaruh. Bila dipelihara dengan cara tradisional, walaupun menggunakan DOC berpostur besar maka pada saat panen kemungkinan ayamnya lebih kecil dibandingkan jika dipelihara dengan intensif.

Baca juga : 

4. Penanganan terhadap Telur tetas 

Penanganan telur tetas juga mempengaruhi kualitas DOC, dimana dengan penanganan yang tepat maka telur dapat menetas dengan baik. Namun bila penyimpanan kurang bagus maka ada kemungkinan anakan yang dihasilkannya juga kurang memuaskan.

Telur yang Siap di Tetaskan Menjadi DOC Ayam Kampung Super | Image 5
Telur yang Siap di Tetaskan Menjadi DOC Ayam Kampung Super | Image 5

Nahh itu dia beberapa proses untuk menghasilkan DOC yang berkualitas dan terjamin mutunya. Proses-proses di atas, juga hobiternak.com lakukan sebagai wujud untuk memuaskan peternak untuk membeli DOC di hobiternak.com . DOC yang berkualitas membuat proses beternak akan lebih mudah dan lancar. Meskipun tidak hanya karena DOC nya yang berkualitas namun peternak juga harus memperhatikan masalah pakan dan pemeliharaannya. 

Dengan pemeliharaan yang benar dan sesuai bisa membuat saat panen ayam memiliki bobot yang besar dan berkualitas.

Pakan Ayam Kampung Super 

Peternak biasanya menggunakan pakan konsentrat pabrikan untuk diberikan ke ayam joper yang diternakan. Sudah kita ketahui bersama bahwa harga pakan pabrikan tidak ada yang murah. Dengan adanya hal tersebut membuat pakan alternatif lain bisa menjadi salah satu bagian untuk menekan pengeluaran biaya pakan. 

Pakan alternatif bisa berupa nasi aking dan juga maggot BSF. Kalau nasi aking sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kalau maggot BSF ini yang masih asing dan belum banyak yang mengetahui. Maggot BSF yaitu lalat yang muncul karena adanya proses fermentasi. Pakan maggot BSF bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang sangat terjangkau. 

Baca juga : 

Kami hobiternak.com menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk wilayah Jawa kami bisa kirim sampai stasiun maupun sampai alamat tujuan (S&K berlaku). Sedangkan untuk pengiriman ke Luar Jawa kami menggunakan pesawat dan pengiriman sampai bandara. Pengiriman aman dan ber GARANSI.

Jika Anda berminat silahkan hubungi nomor di bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
Cara memilah DOC jantan dan DOC betina ayam kampung super, ternak ayam kampung super, beberapa kelebihan ayam kampung super, peluang bisnis usaha penetasan DOC ayam kampung super, kelebihan memelihara ayam kampung super dalam kandang litter

*Yuni Ambarwati*

Image Sources :

  • thumnail: Admin 1 hobiternak.com
  • gambar 2: Admin 1 hobiternak.com
  • Image 2: Admin 2 hobiternak.com
  • Image 3: Pixabay.com
  • Image 4: Hasti
  • Image 5: Hasti

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: