Harga Ayam Pejantan atau DOC Ayam Pejantan Memiliki Banyak Variasi – Ayam pejantan adalah salah satu jenis ayam yang mulai banyak diternakkan dan dicari saat ini. Jenis pejantan sering digunakan untuk pengganti ayam broiler. Kenapa begitu? Karena pada saat ini masyarakat banyak yang mengkonsumsi daging ayam dan salah satu jenis ayam yang memiliki daging yang tebal, padat serta memiliki  cita rasa yang lezat yaitu ayam pejantan. Ayam pejantan adalah jenis ayam pedaging yang berasal dari limbah ayam ras petelur. Pembibitan utama ayam petelur adalah DOC betina sedangkan yang DOC jantan adalah limbahnya.

Ayam Pejantan

Ayam Pejantan

Pada zaman dahulu DOC jantan hanya dibakar atau dimusnahkan namun saat ini ayam pejantan ini diperjualbelikan sebagai ayam pedaging. Dulu dalam tiga hari sekali sebanyak 60.000 ekor ayam pejantan dimusnahkan. Namun saat ini ayam pejantan diternakkan untuk dijadikan ayam pedaging. DOC jantan layer dipelihara 10 minggu sampai memiliki bobot sekitar 0,8 – 1 kg baru bisa dijadikan ayam pedaging. Jenis ayam ini sudah sangat populer di Negara Republik Indonesia khususnya di pulau Jawa.

Dibandingkan dengan ayam broiler, ayam jantan lebih memiliki harga yang mahal. Untuk permintaan ayam kampung saat ini sangat tinggi dan belum bisa memenuhi kebutuhan pasar. Maka dari itu ayam pejantan dijadikan pengganti ayam broiler.  Jadi, tidak heran bila banyak yang mencoba untuk menernakkan ayam pejantan ini. Dagingnya yang padat dan pembudidayaan ayam pejantan yang relatif singkat membuat para peternak mencoba untuk menernakkan ayam pejantan. Harga ayam pejantan di wilayah Jawa sekitar Rp 5.500/ekor sedangkan di luar pulau Jawa sekitar Rp 6.500  dan harga tersebut bisa mengalami perubahan tergantung permintaan pasar.

Memang harga ayam pejantan memiliki banyak variasi. Harga DOC ayam pejantan di berbagai wilayah di Indonesia berbeda-beda. Mengapa begitu? Karena harga tergantung dengan jarak ataupun kondisi ekonomi yang ada di wilayah tersebut. Jadi, tidak heran bila harganya berbeda-beda.

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum beternak ayam pejantan:

  • Kandang ayam pejantan

Ayam Pejantan

Kandang Ayam Pejantan

Sebelum beternak ayam pejantan, pastikan kandang disinfektan terlebih dahulu. Tujuan kandang di disinfektan yaitu supaya membunuh kuman yang ada di dalam kandang. Cara disinfektan yaitu dengan menyemprotkan kandang dengan larutan formalik, iodin ataupun pengasapan dengan antiseptik tertentu yang bisa menjangkau seluruh bagian dalam kandang.  Cara membuat kandang ayam pejantan cukup mudah. Anda dapat membuat kandang ayam pejantan yang berukuran sekitar 4×3 meter dan bisa menampung 400-600 ekor ayam pejantan sampai umur 21 hari.

Baca juga :

Selain itu kandang juga harus dilengkapi dengan lampu supaya anak ayam tidak kedinginan. Ketika malam hari usahakan ada lampu supaya ayam tetap dalam keadaan hangat, sedangkan untuk pagi dan siang hari tidak usah menggunakan lampu cukup pastikan saja mendapatkan sinar matahari. Suhu yang bagus untuk kandang ayam yaitu 25 derajat dan paling banyak 30 derajat.

  • Pakan dan minum

Pakan Ayam Pejantan

Konsentrat Pakan Ayam Pejantan

Pakan adalah hal yang paling penting bagi ayam. Pakan dapat membuat ayam tumbuh dengan besar dan cepat. Selain itu pakan juga mempengaruhi kualitas daging pada ayam. Apabila pakannya sembarangan maka dagingnya juga kurang berkualitas. Tetapi apabila Anda memberikan pakan yang tidak sembarangan/berkualitas, daging yang dihasilkan juga akan berkualitas.
Anda dapat memberikan kosentrat atau voer 2 kali sehari. Selain pakan, Anda juga harus memberikan minum yang cukup jangan sampai ayam mengalami dehidrasi. Karena apabila ayam mengalami dehidrasi akan berakibat fatal yaitu kematian. Jadi, air minum harus selalu disediakan dan tidak boleh kosong. Letakkan air minum ke tempat yang mudah terjangkau oleh ayam.

  • Vaksin

Agar ayam pejantan tetap dalam keadaan sehat sebaiknya di vaksin. Pemberian vaksin harus di lakukan secara rutin kalau bisa seminggu sekali. Pemberian vaksin membuat ayam menjadi lebih sehat dan kebal. Cara pemberinan vaksin dapat dilakukan dengan dua cara yaitu diteteskan dimata atau dicampur ke air minum. InsyaAllah setelah diberi vaksin ayam akan sehat dan kebal dari berbagai penyakit.

Harga Ayam Pejantan

Harga ayam pejantan memang lumayan tinggi dibandingkan dengan jenis ayam broiler. Meskipun mahal peminat ayam pejantan tetap tinggi. Mereka senang karena tekstur daging ayam pejantan padat dan lezat. Sudah mulai banyak restoran yang menggunakan daging ayam pejantan sebagai bahan dasar makanan yang akan mereka jual.

Beternak ayam pejantan adalah salah satu usaha bisnis yang cukup memiliki prospek yang cukup baik. Cara budidaya ayam pejantan juga tidak sulit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk beternak ayam pejantan. Ayo segera beternak ayam pejantan!

Apabila Anda berminat untuk beternak ayam pejantan kami menyediakan. Kami juga menyediakan DOC, DOD dan juga berbagai jenis ayam hias seperti ayam poland, ayam batik itali, batik kanada, phoenix, ayam mutiara, kalkun, cemani, cemani walik, pelung, serama dan masih banyak lagi. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

 

Kata terkait:
harga ayam pejantan, harga ayam pejantan hari ini, cara budidaya ayam pejantan, cara membuat kandang ayam pejantan

_Meilani Sawitri_

*


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: