jenis-jenis angsa

Manfaat Angsa Untuk Hewan Peliharaan Maupun Kesehatan Tubuh

Manfaat Angsa Untuk Hewan Peliharaan Maupun Kesehatan Tubuh – Angsa merupakan salah satu jenis burung air dengan tubuh besar. Salah satunya angsa putih yang memiliki manfaat di setiap daerah yang berbeda-beda. Misalnya di Cina, angsa dimanfaatkan sebagai hadiah dari orang tua untuk anaknya yang menikah. Mereka menganggap bahwa angsa merupakan simbol kesuburan dan kesetiaan. Beberapa penelitian membuktikan bahwa angsa liar bersifat monogami yang artinya hanya memiliki satu pasangan saja. Sedangkan angsa yang diternakkan tidak bersifat monogami dikarenakan proses penjinakan, angsa ini bisa membuahi 4 sampai 5 ekor betina.

Manfaat Angsa
Angsa

Daya adaptasi angsa sangat tinggi, dalam kondisi yang tidak memungkinkan sekalipun.  Angsa menyukai kolam, danau atau rawa-rawa, namun juga bisa hidup dimana saja dengan memanfaatkan gulma atau rerumputan yang ada. Makanan kesukaan angsa yaitu sejenis tumbuh-tumbuhan (herbivora). Namun, beberapa hewan kecil air juga menjadi mangsa mereka. Angsa biasa menyaring makanan dari perairan yang terdiri dari akar-akaran, batang, dan daun tanaman air.

Di beberapa tempat, angsa dimanfaatkan sebagai pengganti anjing yaitu menjaga rumah atau biasa disebut jenis angsa penjaga. Angsa berteriak sangat keras ketika melihat orang yang tidak dikenal. Hal ini memberi keuntungan bagi pemiliknya, rumah akan sulit untuk dijamah pencuri. Bagi sebagian orang, banyak yang mempercayai, ketika memelihara angsa, maka rumah akan terhindar dari makhluk halus. Namun, kita sebagai manusia yang berakal dan berkeyakinan (beraqidah) tidak boleh mempercayai bahkan bergantung pada selain Allah.

Memelihara angsa dalam islam hukum awalnya adalah mubah. Akan menjadi haram apabila pemeliharaannya bertentangan dengan Al Qur’an dan Hadist. Misalnya, memelihara angsa untuk mengusir hantu. Pernah juga ada yang menyebutkan apabila memelihara angsa, malaikat tidak akan masuk rumah. Namun, hal ini tidak ditemukan dalam Al Qur’an dan Hadist manapun.

Mitos mengenai angsa

Selain itu, ada yang meyakini mitos menyembelih angsa. Hal ini dipercaya bisa mendatangkan kesialan, balak, atau malapetaka. Keyakinan tersebut hanya mitos yang dipercayai nenek moyang, dan turun temurun sampai sekarang (bagi sebagian orang). Mitos angsa putih mungkin sudah mendarah daging di masyarakat, sehingga cukup sulit untuk menghilangkannya. Namun hal ini bisa dimulai dari diri sendiri untuk tidak mempercayai hal-hal mitos yang tidak pasti kebenarannya.

Manfaat Angsa

Perlu anda ketahui, sebenarnya daging angsa kaya akan manfaat. Terlihat dari tubuhnya yang besar, tentu saja dagingnya lebih banyak dibandingkan unggas lain. Rasanya tidak jauh  berbeda dengan daging bebek, entok dan ayam. Dimasak dengan olahan sederhana kemudian disantap dengan nasi hangat, sudah terbayang bukan kenikmatannya? Selain lezat, daging angsa juga memiliki banyak khasiat.

Berikut merupakan beberapa manfaat daging angsa bangsa bagi tubuh :

  1. Sumber Protein, Zat Besi dan Kalsium

Protein sangat penting bagi tubuh. Apabila kekurangan protein, tubuh akan terasa lemas. Kandungan protein yang terkandung dalam daging angsa cukup tinggi, sehingga bagus untuk pertumbuhan anak. Selain kandungan proteinnya, daging angsa  juga mengandung zat besi dan kalsium yang bagus untuk tulang.

  1. Menambah Stamina

Apabila tubuh terasa kurang bergairah, tentu saja menyebabkan tubuh menjadi malas dan kurang bersemangat, sehingga pekerjaan menjadi terhambat. Anda bisa mencoba daging angsa agar tubuh menjadi sehat dan kuat.

  1. Sumber Energi

Kandungan lemak dan besi berguna untuk menambah energi agar tubuh tidak loyo. Lemak yang dikandung angsa tidak terlalu tinggi, sehingga tidak berbahaya bagi yang sedang menjalankan program diet. Apabila Anda kurang menyukai minyak, daging angsa bisa dimasak dengan cara dikukus untuk mengurangi minyak.

  1. Sumber Nutrisi

Nutrisi berfungsi untuk mengganti sel yang rusak atau mati dalam tubuh dengan yang baru. Nutrisi juga sangat diperlukan tubuh untuk melawan virus dan bakteri jahat, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  1. Menguatkan Sistem Imun

Sistem imun atau yang biasa disebut sistem kekebalan tubuh berfungsi sebagai perlindungan tubuh. Apabila sistem imun kuat, maka tubuh akan terhindar dari serangan virus dan bakteri bahkan dapat mencegah serangan kanker. Dan sebaliknya, ketika sistem imun lemah, tubuh akan mudah terserang penyakit dan yang paling ditakutkan masuknya penyakit kanker. Ada beberapa fungsi sistem imun, antara lain sistem pertahanan tubuh dan perbaikan sel jaringan.

  1. Sumber Vitamin A dan B1

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Sebenarnya tidak hanya itu, vitamin A juga berfungsi untuk mendukung sistem imun bekerja secara optimal.

Vitamin B1 berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Apabila tubuh kekurangan vitamin B1, yang nantinya bisa menyebabkan penyakit beri-beri. Ada beberapa fungsi vitamin B1, antara lain meningkatkan fungsi otak, melindungi syaraf, membantu pencernaan, membantu produksi sel darah merah, meningkatkan selera makan dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Struktur minyak daging angsa hampir sama dengan minyak zaitun. Minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan jantung. Penyakit jantung sangat berbahaya dikarenakan bisa menyebabkan meninggal secara tiba-tiba. Jantung merupakan salah satu organ vital tubuh yang harus dijaga. Anda bisa mengkonsumsi daging angsa dengan diimbangi olahraga yang teratur.

Harga Angsa

Harga angsa saat ini cukup terjangkau dengan kepopulerannya di masyarakat secara luas. Anda juga bisa memanfaatkan peluang untuk menjadi peternak angsa, dikarenakan ternak angsa memiliki prospek yang sangat menguntungkan. Nilai jualnya juga sangat tinggi sehingga memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Lebih-lebih untuk ternak angsa hitam atau yang biasa disebut dengan blackswan harganya bisa mencapai 30 juta sepasang.

Bagi Anda yang berminat memelihara atau membudidayakannya, kami menyediakan angsa putih indukan dan siap bertelur. Selain itu, tersedia juga black swan atau biasa disebut angsa hitam. Untuk Pulau Jawa kami kirimkan via kereta pengambilan di kargo stasiun. Kami juga bisa mengirimkan ke luar pulau juga bisa kami kirimkan via pesawat pengambilan di kargo bandara.

Silahkan hubungi kami kapan saja :

SMS/CALL/WHATSAPP :

0812-2028-8686

Indosat :

0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel :

0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL :

0819-3140-9353

kata terkait :
manfaat angsa putih, manfaat daging angsa, mitos menyembelih angsa, manfaat memelihara angsa, mitos angsa putih, jenis angsa penjaga, khasiat hati angsa

<Duwi Kristinawati>

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Angsa
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.