Mencoba atau memulai usaha bidang peternakan saat ini masih cukup terbuka lebar, permintaan dan kebutuhan akan hewan cukup tinggi dan semakin hari dan dari tahun ke tahun meningkat. Salah satu hewan ternak yang masih di minati dan banyak di cari yaitu jenis ayam pedaging. Dahulu ayam yang di gunakan oleh peternak-peternak kebanyakan yaitu jenis ayam kampung.

Ayam kampung memang dahulu menjadi primadona di kalangan peternak. Rasa dagingnya yang lezat membuat pecinta daging ayam kampung semakin banyak. 

Banyaknya pecinta daging ayam kampung dari hari ke hari. Dan bertambahnya penduduk di Indonesia, membuat peternak mulai kewalahan untuk memenuhi permintaan tersebut. Dengan begitu, ada sebagain peternak yang ingin berinovasi atau mencoba untuk mengawinsilangkan 2 jenis ayam yang berbeda. Waktu itu yang di gunakan peternak yaitu jenis ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina. Dan ternyata tidak disangka persilangan ke dua ayam tersebut dapat menghasilkan ayam yang cukup bagus, bahkan sampai saat ini masih terkenal. 

Ayam pedaging yang masa panennya cepat dan dagingnya juga enak yaitu jenis ayam Joper .
Ayam pedaging yang masa panennya cepat dan dagingnya juga enak yaitu jenis ayam Joper .

Apa nama ayam itu?

Ayam dari persilangan ayam bangkok pejantan dengan petelur betina di namai atau di sebut dengan ayam kampung super atau Joper. Banyak juga yang menyebutnya ayam jawa super, ayam koper, kamper dan lain sebagainya. 

Apa keunggulan dari ayam kampung super?

Ayam kampung super memiliki banyak keunggulan, berikut adalah keunggulan-keunggulan ayam kampung super : 

  1. Joper memiliki masa panen yang cepat yaitu 60 hari, bahkan ada peternak yang pernah memanen usia 55 hari. 
  2. Karena masa panennya yang cepat maka peluang kematian ayam joper cukup kecil.
  3. Ketahanan ayam Joper terhadap penyakit cukup baik. 
  4. Daging ayam Joper memiliki cita rasa yang gurih. 

Di daerah Tulungagung, Jawa Timur adalah salah satu wilayah di Indonesia yang peminat ayam Joper cukup banyak. Area pengiriman kami di sekitaran Tulungagung meliputi daerah Trenggalek, Kediri dan juga Blitar. Memang nanti tergantung oleh pembeli kami yang paling dekat ke stasiun mana karena kami mengirimkan sampai di stasiun. Mereka ingin membuka usaha ternak ayam Joper dengan tujuan untuk usaha mandiri sebagai tambahan penghasilan dan juga bisa membuka lapangan pekerjaan. 

Peminat ayam Joper di kota Tulungagung cukup banyak
Peminat ayam Joper di kota Tulungagung cukup banyak

Biasanya kalau peternak pemula di wilayah Tulungagung, mereka mencoba ternak ayam Joper dengan kapasitas sedikit dahulu. Misalnya 100 ekor atau 200 ekor. 

Untuk memulai beternak kami menyarankan untuk membuat analisa ternak Joper terlebih dahulu. Analisa bertujuan untuk mengestimasi atau memperkirakan berapa modal yang harus di keluarkan dan apa saja yang di butuhkan dalam proses  beternak sampai panen. Dengan menganalisa, proses beternak akan lebih terarah dan lebih terprosedur dan tidak sembarangan. 

Banyak saat ini peternak yang melakukan analisa sebelum melakukan proses beternak. 

Tahapan-tahapan beternak ayam Joper yang bisa dilakukan
Tahapan-tahapan beternak ayam Joper yang bisa dilakukan

Berikut adalah beberapa tahapan yang di lakukan untuk ternak ayam Joper :

1. Mempersiapkan bibit

Hal yang cukup penting dalam beternak ayam Joper yaitu bibit ayam itu sendiri. Bibit ayam yang berkualitas akan menentukan usaha nanti ke depannya. Ciri-ciri bibit joper yang berkualitas yaitu memiliki mata yang bersinar, bulu mengkilap dan bersih, bibit dalam keadaan sehat dan tubuh tegap. Dengan memiliki semua ciri-ciri tersebut bisa di katakan bibit ayam berkualitas dan pantas atau layak untuk diternakan. Dan untuk mendapatkan bibit yang berkualitas bida didapatkan di hobiternak.com

2. Mempersiapkan kandang

Selain bibit, mempersiapkan kandang juga salah satu hal yang cukup penting. Pembuatan kandang harus di sesuaikan dengan jumlah ayam yang tersedia. Buatlah kandang senyaman mungkin agar ayam tidak merasa stres di dalam kandang. Karena untuk mendapatkan bobot yang maksmimal dan merata biasanya peternak membuat kandang dengan sistem intensif. Sistem intensif yaitu semua kegiatan ayam sehari-hari dari proses pemberian pakannya dan minumnya selalu di dalam kandang dan tidak di umbar di luar. Selain itu, sebaiknya posisi kandang jauh dari pemukiman dan dekat dengan sumber air. Sirkulasi udara juga harus cukup. Untuk kapasitas 100 ekor ukuran kandang sampai panen sekitar 12,5 – 13 m.

3. Pemberian pakan

Pakan yang biasanya peternak berikan yaitu konsentrat.
Starter = Usia 1 Minggu – 3 Minggu
Jenis = 511, BR-1 atau AKA-1
Grower = 3 Minggu- Panen
Jenis = 512, BR-2 atau AKA-2
Pakan Campuran = Dedak, Bekatul dan Jagung
Jika menggunakan Pakan campuran sebaiknya setelah usia 3 minggu
Namun karena untuk penggemukan kami menyarankan sebaiknya menggunakan pakan murni saja.

Untuk menangani doc atau bibit yang baru datang biasanya di berikan larutan gula jawa. Tujuannya yaitu dapat memulihkan tenaga doc yang sebelumnya sudah melakukan perjalanan jauh. 

4. Vaksinasi

Vaksinasi cukup penting bagi ayam. Pemberian vaksin ini untuk ketahanan tubuh ayam dan juga bisa mencegah timbulnya penyakit.

5. Pemberian vitamin

Pemberian vitamin ini dapat membuat ayam terhindar dari berbagai serangan penyakit. Vitamin yang bisa Anda berikan yaitu vita chick, fortevit, vita stress dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan vitamin-vitamin tersebut Anda tidak perlu khawatir, vitamin ini sudah tersedia di poultryshop atau toko pakan terdekat di wilayah Anda.

6. Pemanenan ayam Joper

Ayam Joper ini masa panenya yaitu 60 hari. Jadi saat Joper sudah berusia 60 hari maka Anda sudah bisa memanenya dan di jual ke pengepul. Biasanya bobot standar Joper saat di panen yaitu sekitar 0,8 ons – 1 kg.

Keunggulan Ayam Joper 60 Hari Panen

Harga DOC Joper Tulungagung

Tulungagung masih masuk dalam wilayah Pulau Jawa. Harga doc ayam joper tulungagung hampir sama di wilayah Jawa yaitu 5.500 – 6500 per ekor. Kalau di hobiternak.com harga yang ditawarkan yaitu sebagai berikut : 

Ini adalah contoh DOC joper yang berkualitas dari hobiternak.com
Ini adalah contoh DOC joper yang berkualitas dari hobiternak.com
Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa : 
JOPER KAMSI JOPER
Rp 5.800 / ekor Rp 6.200 / ekor

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*

Jika Anda berminat untuk beternak doc joper di tulungagung, kami menyediakan doc joper usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia juga. Untuk info lebih lanjut silahkan bisa langsung hubungi nomor layanan pelanggan kami di nomor di bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
doc ayam joper tulungagung, harga doc joper tulungagung, doc joper tulungagung, jual doc joper tulungagung, penjual doc ayam joper di tulungagung, jual doc joper di tulungagung


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.