Beternak kambing saat ini sudah cukup populer dimasyarakat. Banyak dari sebagian masyarakat yang mencoba beternak kambing untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari. Ada yang menjadkan beternak sebagai usaha sampingan sebagai tambahan penghasilan. 

Dengan beternak kambing tentunya memberikan keuntungan yang tidak sedikit bagi peternakanya, bahkan merupakan kegiatan yang mengasyikan. Bahkan pada saat – saat tertentu, seperti perayaan hari raya dan hari besar, permintaan akan daging kambing akan meningkatkan drastis.

Kambing Etawa salah satu jenis kambingpenghasil susu

Ada beberapa alasan mengapa beternak kambing saat ini banyak dikembangkan oleh masyarakat Indonesia untuk dibudidayakan. Berikut untuk point – pointnya : 

  • Kambing merupakan hewan ternak yang memiliki kekebalan tubuh yang cukup bagus, tangguh dan tidak mudah terserang penyakit. 
  • Kambing merupakan salah satu hewan yang cukup mudah untuk dipelihara dan dikembangkan
  • Pemberian pada ternak kambing pun cukup mudah dan dicari serta kambing juga tidak mudah rewel
  • Kambing juga mudah beranak karena siklus reproduksi kambing tergolong cukup cepat. 

Cukup menarik bukan untuk diternakkan usaha ternak kambing ini. Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan ternak kambing. Kami dari hobiternak.com juga menyediakan berbagai jenis kambing pedaging dan penghasil susu. 

Mengenal Kambing Etawa 

Kambing Etawa merupakan satu jenis kambing penghasil susu yang sudah tidak asing lagi di dengar oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu kambing jenis ini merupakan salah satu jenis kambing yang banyak diunggulkan sebagai penghasil susu. Tentunya tidak hanya produksi susunya saja yang diunggulkan, tetapi daging yang dihasilkan pun tidak jauh berbeda dengan kambing khusus pedaging lainnya. 

Jenis kambing Etawa berasal dari daerah Jamanapari, India. Di negara asalnya kambing ini juga diunggulkan karena produksi susunya yang dapat diperah setiap harianya. Kambing perah yang baik ini, dapat menghasilkan susu dengan jumlah 2 liter setiap harinya. Bahkan beberapa peternak ada yang berpendapat juga bahwa setiap hari kambing ini dapat menghasilkan 3 kg susu per harinya. 

Jenis kambing Etawa berasal dari daerah Jamanapari, India

Di negara asalnya, kambing etawa tergolong kambing dwi fungsi, yakni sebagai penghasil susu dan daging. Postur tubuh dari kambing ini pun cukup besar, telinganya yang panjangmengantung, mukanya berbentuk cembung dan memiliki bulu yang sangat lebat di bagian belakang ekornya 

Kambing Etawa memiliki tinggi badan antara jantan dan betina berbeda – eda. Untuk kambing etawa jantan memiliki tinggi mencapai 80 – 130 cm, sedangkan untuk tinggi kambing betina mencapai 70 – 95 cm. Untuk bobot yang dihasilkan antara jatan dan dan betina juga ada perbedaan, bobot kambingjantan dan betina cenderung lebih berat kambing jantan. Berkisarantara 40 – 95, sedangan untuk kambing betina berkisar sekitar 30 – 65 kg per ekor. Warna bulu dari kambing etawa initergolong berbeda – beda serta bervariasi antara warna hitam, putih dan cokelat putih. 

Warna bulu dari kambing etawa initergolong berbeda – beda serta bervariasi antara warna hitam, putih dan cokelat putih. 

Pada awalnya, kedatangan kambing etawa di Indonesia di Indonesia berguna sebagai masa perbaikan kambing lokal yang ada di Indonesia. Karena tingkat produksi susu dan tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi dan unggul, serta dipengaruhi oleh kemampuan beradaptasi yang sangat baik terhadap kondisi cuaca yang ekstrim, kambing etawa ini sering kali digunakan untuk memperbaiki kualitas kambing lokal di suatu negara tertentu dengan cara dikawinkan silang antara keduanya

Baca juga :

Kemudian kambing tersebut disilangkan dengan kambing kacang. Dari persilangan tersebut menghasilkan jenis kambing yang diberi nama peranakan etawa atau saat ini disebut sebagai kambing PE.

Cara Beternak Kambing Etawa 

Indonesia memang menjadi salah satu wilayah yang sangat cocok untuk beternak kambing. Karena Indonesia memilki dua iklim, yakni musim penghujan dan musim panas. Hal inilah yang tentunya menjadi dasar peluang usaha yang cocok untuk diterpkan oleh masyarakat di Indonesia. 

Beternak Kambing Etawa saat ini cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia

Beternak kambing etawa saat ini sudah cukup banyak diterapkan, baik di desa maupun di wilayah perkotaan. Namun pada umumnya beternak kambing etawa banyak dikembangkan oleh masayarakat yang berdomisili di pedesaan karena mayoritas bekerja sebagai petani disawah dengan sistem pemeliharaan secara tradisional. Tentu tidak menutup keumngkinan masyarakat perkotaan juga dapat beternak kambing sama hal nya dengan beternak di desa. 

Susu yang dihasilkan Kambing Etawa terlebih dahulu disaring sebelum diproses lebih lanjut

Untuk mendaptkan indukan yang unggul dalam menghasilkan susu. Maka pemilihan bibit/ anakan kambing juga harus berkualitas. Pasalnya semakin baik kambing yang diternakkan tentu akan mempengaruhi produksi yang dihasilkan. Bibit indukan kambing yang baik akan menghasilkan keturunan yang baik berdasarkan sifat indukan dan genetik. 

Adapun cara memilih bibit unggul kambing adalah sebagai berikut : 

Ciri – ciri bibit Betina unggul 

  • Memiliki sifat dan kaerakter keibunan yang baik
  • Garis punggung terlihat rata 
  • Mempunyai mata bercahaya dan bersinar
  • Bagian rahang atas dan bawah terlihat rata
  • Kulit halus dan bulu mengkilap
  • Rongga perut yang besar/ tulang rusuk terbuka
  • Bentuk dada yang lebar
  • Kaki yang kuat dan normal 
  • Memiliki ambing yang bear, simetris dan kenyal 
  • Punting susu berjumlah 2 tidak terlau besar dan panjang

Ciri – ciri bibit Pejantan unggul 

  • Mempunyai karakter pejantan yang kuat 
  • Otot yang kuat 
  • Mata bercahaya dan bersinar 
  • Garis punggung yang rata
  • Kaki kuat dan simetris 
  • Memiliki testi yang normal , berbentuk simetris dan kenyal
  • Alat kelamin yang normal dan memiliki libido tinggi

Merawat Kambing Susu/ Etawa 

Dalam beternak kabing etawa ini tentu yang ditunggu – tunggu peternak adalah produksi susu yang dihasilkan. Untuk menghasilkan susu yag berkualitas tentu juag dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, genetik, lingkungan dan pakan yang diberikan.

Oleh karena itu beternak kambing susu memerlukan perawatan yang instensif dan berbeda dengan kambing potong lainnya. Hal ini bertujuan agar susu yangdihasilkan dalam kondisi baik, banyak dan berkuaitas baik. 

Rumput salah satu pakan utama dalam memelihara kambing

Berikut merupakan tata cara perawatan kambing etawa yang terdiri dari pemberian pakan, kebersihan kandang serta pemeliharaan kesehatan. 

1.Pemberian Pakan 

Pakan merupakan salah satu hal penting dalam dunia petrnakan dan merupakamn penentu tingkat kualitas hasil panen peternakan. Dalam budidaya kambing etawa peternak harus selalu memperhatikan pola asupan pakan yang baik untuk meningkatkan kualitas susu yang diproduksinya.

Rumput Gajah menjadi makanan favorit bagi hewan ternak Kambing

Untuk pakan yang diberikan tentunya harus deiseuaikan dengan umur dan juga kondisi kambing yang diternakkan. Pakan yang baik harus mencakup protein, vitamin, karbohidrat dan juga mineral untuk kebutuhan gizi kambing. Pakan tersebut juga mudah dicerna, tidak beracun, murah dan mudah didapatkan. 

Pola pembagian pakan untuk ternak kambing terdiri dari 2 makanan, yakni :

  1. Pakan Hijauan 
  2. Pakan tambahan

Pakan hijauan untuk kambing etawa umunya sama pemberiannya dengan pakan kambing pada umumnya. Adapun jenis rumput – rumputan yang baik untuk pertumbuhan kambing sebagai berikut :

  • Rumput Gajah
  • Kaiandra dadap
  • Glagahan
  • Daun Singkong
  • Kulit Jagung
  • Daun Ketul sapi
  • Segon 
  • Waru, dll … 

Kambing sedang menyantap makan

Untuk pakan tambahan kambing etawa berfungsi untuk mengimbangi jumlah nutrisi, bisa dipadukan antara rumput dan beberapa bahan pakan tambahan seperti dibawah ini :

  • Bunga Nangka
  • Bungkil Kedelai
  • Gula Jawa 
  • Polar
  • Kedelai
  • Biji – bijian 
  • Kacang – kacangan , dll .. 

Pemberian pakan untuk kambing etawa bisa dijadwalkan sebanyak 2 kali sehari, yakni pada pagi hari hari dan sore hari. 

2. Kebersihan Kandang

Kandang merupakan tempat hewan untuk beristirahat dan melakukan berbagai aktifitas. Kandang yang baik akan memberikan kenyamanan dan kesehatan bagi hewan ternak. Dalam pembuatan kandang, peternak juga harus teliti dalam membuat kandang agar kandang tersebut nyaman untuk ditinggali didalamnya. Dalam membangun kandang, sebaiknya memilki fungsi sebagai berikut :

  1. Kandang berfungsi untuk tempat makan, minum, tidur dan aktifitas kambing lainnya
  2. Berfungsi sebagai tempat berlindung dari panas, hujan dan terpaan angin
  3. Sebagai tempat berlindung dari serangan hewan buas
  4. Memudahkan peternak untuk melakukan pengawasan terhadap keehatan dan pertumbuhan kambing

Kandang kambig etawa ini biasanya dibuat dengan berpanggung. Tujuan pembuatan model panggng ini adalah agar air kecing dan kotoran bisa langsung jatuh melalui sela – sela lantai. Kotoran yang jatuh ke bawah bisanya oleh peternak akan digunakan kembali sebagai pupuk tanman yang subur.

Salah satu contoh kandang yang bersih

Salah satu contoh kandang yang bersih

Membangun kandang kambing ini sebagiknya teidak terlalu dekat dengan pemukiman penduduk, karena akan menimbulkan bau yang menyengat. Solusi agar kandang tidak menimbulkan bau adalah dengan menggunakan pakan yang telah difermentasi dan memberisikan kandang secara berkala. 

Untuk jumlah kambing 8 – 10 ekor peternak cukup membutuhkan luas kandang sekitar 1,5 m untuk memberikan ruang gerak. Didalam kandang peternak juga harus memasang pembatas/ sekat. Hal ini bertujuan agar dapat membatasi ruang gerak kambing, jika kambing terlalu banyak bergerak akan mempengaruhi perkembangan dan akan menjadi lambat. 

Perlu peternak ketahui bahwa membuat kandang etawa harus memiliki tempat yang tidak telalu banyak terkena terpaan angin serta harus memiliki ventilasi yang cukup. 

3. Perawatan Kesehatan 

Agar kambing tetap dalam keadaan sehat, maka peternak juga perlu memberian perawatan yang intensif. Kambing yang sehat tentunya akan memberikan hasil yang memuaskan untuk peternak. Beberpa hal yang dapat dilakukan peternak diantaranya, menjaga kebersihan tubuh kambing etawa dengan malukan pembersihan dan pemotongan bulu, memotong kuku, membersihkan tempat pakan minum dan memberihkan kandang dari kotoran – kotoran yang menempel di lantau kandang. 

Kambing yang tmbuh ssehat akan memberikan keuntungan yang tinggi bagi peternak

Pemberian vaksin dan vitamin juga perlu dilakukan agar menjaga tubuh kambing teap dalam keadaan fit. Jika ada kambing terindikasi sakit, maka harus segera dipisahkan dari kambing lainnnya. Lalu peternak dapat melakukan karantina selama masa penyembuhan dengan memberikan pakan yang bergizi dan vitamin. 

Beternak kambing memang merupakan hal yang mengasyikan untuk diterapkan. Selain pemeliharaanya yang mudah peternak juga medapatkan keuntungan yang tinggi. 

Bagi Anda yang tertarik untuk beternak kambing etawa dan ingin mengembangkan usaha kambing ini. Kami dari hobiternak.com menyediakan kambing etawa usia anakan hingga dewasa. 

Untuk pertanyaan seputar daftar harga dan jenis, cara pembayaran, cara pengiriman dan cara perwatan. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :

kambing etawa, kambing etawa adalah, cara ternak kambing, pakan kambing, kandang kambing, harga kambing, jual kambing, kambing sehat, bsinis kambing, peluang ternak kambing, ternak kambing mudah, kandang panggung, kandang bersih, kambing sehat 


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: