Di Usia Berapakah Ayam Petelur Afkir ?

Ayam petelur menjadi salah satu jenis unggas yang dapat menghasilkan telur dalam jumlah yang cukup tinggi. Jumlah telur yang dihasilkan oleh ayam petelur ini dapat mencapai antara 240 – 260 butir/ ekor/ tahun.

Namun perlu peternak ketahui bahwa dimasa pemeliharaan tentu akan ada waktu dimana ayam akan mengalami masa penurunan produksi telur bahkan berhenti bertelur.

Pada masa tersebut dinamakan masa afkir ayam petelur atau disebut sebagai masa ayam petelur berhenti bereproduksi.

Ayam petelur merah memang terkenal dengan produktivitas telurnya yang tinggi, maka dari itu banyak peternak yang memilih untuk memelihara ayam ini |   image 1
Ayam petelur merah memang terkenal dengan produktivitas telurnya yang tinggi, maka dari itu banyak peternak yang memilih untuk memelihara ayam ini | image 1

Namun sebelum ayam petelur benar-benar berhenti dalam produksi telurnya atau memasuki masa afkir. Ayam petelur terlebih dahulu akan memasuki masa mabung atau masa berhenti sejenak dalam bertelur kemudian akan bertelur normal kembali.

Apa itu Ayam Petelur Afkir ?

Ayam Petelur Afkir adalah ayam petelur yang sudah tidak berproduktif lagi dalam menghasilkan telur. Biasanya masa penurunan hingga ayam benar-benar berhenti produksi terjadi pada usia 72 s.d 80 minggu.

Ciri ayam petelur afkir yang ditimbulkan ketika ayam sudah tidak beproduksi telur kembali yakni bobot ayam tinggi. Bobot ayam afkir ini dapat mencapai 2 – 2,5 kg/ ekor. Biasanya terjadi pada usia 18 – 20 bulan.

Ayam Petelur yang sudah memasuki  masa afkir akan dijual dipasaran atau disalukan pada suplayer langganan peternak | image 2
Ayam Petelur yang sudah memasuki masa afkir akan dijual dipasaran atau disalukan pada suplayer langganan peternak | image 2

Tanda lainnya yakni ayam akan terlihat murung, bagian jengger terlihat bintik-bintik. Pada bagian kualitas daging juga tidak terlalu baik, karena kandungan lemak di dalamnya cukup tinggi.

Baca juga : 13 Jenis Ayam Petelur Unggul yang Produktivitas Telurnya Tinggi

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ayam Petelur Afkir ?

Dalam perusahaan besar usaha budidaya ternak ayam petelur menjadi sebuah usaha yang memiliki potensi keuntungan cukup besar. Apalagi hal tersebut dilakukan oleh perusahaan besar yang kapasitas ternak ayam petelur mencapai angka ratusan bahkan ribuan.

Tentu hal – hal peternakan seperti penggunaan pakan, minum, kesehatan dan anekan management lainnya harus menjadi perhatian lebih.

Peternak ayam petelur yang telah mengembangkan usaha ternak ayam petelur dalam jumlah yang banyak tentu akan memperhitungkan masa afkir ayam petelur yang tepat.

Pentingnya memperhitungkan usia afkir ayam petelur yang tepat agar peternak bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal serta menekan kerugian biaya pakan yang tinggi | image 3
Pentingnya memperhitungkan usia afkir ayam petelur yang tepat agar peternak bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal serta menekan kerugian biaya pakan yang tinggi | image 3

Penghitungan tersebut mulai terhitung dari masa penggunaan kandang ayam petelur. Hal ini dikarenakan biaya investasi pembuatan kandang yang semakin tinggi.

Jika peternak menerapkan pembuatan kandang ayam petelur dengan bahan utama kayu, rata – rata masa pakai atau penyusutan kandang 5 – 10 tahun.

Peternak yang menggunakan masa pakai kandang ayam petelur dengan jangka 10 tahun biasanya akan mengisi sampai 7 periode. Atau kurang lebih 1,5 periode supaya dapat mengisi 7 periode.

Baca juga : 10 Cara Sukses Ternak Ayam Petelur Dari Awal Sampai Panen

Jika kita menerapkan perhitungan tersebut tentu umur ayam petelur afkir menjadi terbatas. Yakni sekitar 80 minggu kurang lebih 2 bulan harus sudah segera diafkir.

Hal itu pun didukung dengan masuknya pullet umur 15 minggu (105 hari0 dengan progam vaksin yang sudah komplit.

Contoh Perhitungan :

Per periode sampai usia 80 minggu, HH atau Hen House harus bisa menghasilkan telur 21 kg/ ekor. Maka dalam 10 tahun atau 7 periode ini akan menghasilkan telur 147 kg/ ekor.

Apabila umur ayam dimundur-mundurkan tanpa adanya batasan yang pasti, maka dalam waktu 10 tahun tidak bisa diisi 7 perode. Misalkan afkir umur 100 minggu, kemudian peternak perlu adanya proses pembersihkan, cuci kandang, sterilisasi dan servis akan memerlukan waktu 4 minggu.

Maka total waktu yang dibutuhkan adalah 104 minggu. Akibatnya, tempo 10 tahun atau 521 minggu, kandang hanya bisa dipakai 5 periode saja.

Hasilnya kurang lebih 27 kg/ ekor x 5 perode = 135 kg telur/ ekor.

 

Menentukan usia afkir ayam petelur yang tepat ternyata juga memiliki keuntungan bagi peternak | image 4
Menentukan usia afkir ayam petelur yang tepat ternyata juga memiliki keuntungan bagi peternak | image 4

Keuntungan Ayam Petelur Afkir di usia 80 minggu lebih 2 minggu yakni :

  1. Jika dihitung,biaya investasi pembuatan kandang dibagi hasil 147 kg telur tentu akan lebih ekonomis dibanding hasil 135kg telur
  2. Kualitas telur juga menjadi lebih baik karena umur layer tidak terlalu tua
  3. Adanya penghematan biaya upah tenaga kerja karena HD-nya lebih tinggi
  4. Rata-rata Hen Day (HD) dalam satu lokasi akan lebih tinggi bila isinya ayam petelur dengan umur rata-rata muda
  5. Selain itu FCR akan lebih ekonomis ayam petelur muda dibanding ayam petelur tua

Ayam merah petelur afkir tersebut biasanya akan dijual dengan harga Rp. 30.000 – Rp. 50.000/ ekornya. Jual beli ayam petelur afkir ini sudah banyak dilakukan oleh peternak ayam petelur yang sudah memasuki masa afkir atau masa berhenti produksi.

Untuk harga afkir ayam petelur atau harga ayam petelur afkir relatif berbeda-beda tergantung pada penjualan di daerah peternak tersebut.

Baca juga : √ Murah!! Terbaru Daftar Harga DOC Ayam Petelur Tahun 2022

Sedia DOC ayam petelur siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia hub : 0813-6330-7506 | image 5
Sedia DOC ayam petelur siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia hub : 0813-6330-7506 | image 5

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam petelur kami dari hobiternak.com menyediakan ayam petelur usia baru saja menetas dan siap mengirimkan hingga keseluruh wilayah Indonesia.

Selain itu untuk ayam merah petelur kami juga menyediakan dari usia 13 minggu atau usia siap produksi. Infomasi lebih lengkapnya bisa langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : ayam petelur afkir bisa bertelur kembali, ciri ayam petelur afkir, harga ayam petelur afkir, jual beli ayam petelur afkir, harga ayam afkir petelur 2021, tujuan pengafkiran ayam petelur, ayam merah petelur,

5/5 - (11 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 3: pexels.com
  • image 2: mediaindonesia.com
  • image 4: farminguk.com
  • image 5: Owned by the author
  • thumnail: mediaindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA