Daftar Harga Jual Anakan Merak Usia 1 Bulan

Merak adalah spesies burung yang saat ini keberadaannya cukup langka. Kelangkaan burung merak ini disebabkan oleh semakin sedikitnya populasi merak serta banyak pemburu yang mengincar.

Mereka mengincar burung merak untuk diambil bulunya atau diperjualbelikan. Burung merak memang membuat semua pecinta burung terkesima.

Burung merak yang terlihat sedang menarik perhatian merak betina dengan memekarkan ekornya l image 1 pixabay.com
Burung merak yang terlihat sedang menarik perhatian merak betina dengan memekarkan ekornya l image 1

Bulunya yang berwarna-warni dan unik menambah daya tarik pecintanya. Merak merupakan spesies yang masih berkerabat dengan ayam hutan.

Jenis burung ini telah dinobatkan sebagai burung terindah di dunia. Merak memiliki postur tubuh yang lumayan besar dibanding jenis burung  lain.

Merak termasuk dalam klasifikasi genus Pavo dan Afropavo. Burung merak sering disebut dengan Peacock. Sebutan Peacock biasanya hanya untuk burung merak yang berjenis kelamin jantan. Sedangkan untuk burung merak yang berjenis kelamin betina di sebut Peahen.

Merak Biru menjadi salah  satu merak yang paling di cari oleh pecinta ayam hias | image 2 unsplash.com
Merak Biru menjadi salah satu merak yang paling di cari oleh pecinta ayam hias | image 2

Burung merak memiliki bulu yang cantik dan mempesona. Jenis burung ini tersebar di wilayah India, Sri Lanka, Nepal, Bhutan serta Pakistan.

Selain di negara-negara tersebut, sebelumnya burung merak juga ditemukan di wilayah Bangladesh.

Tetapi untuk wilayah Bangladesh mungkin saat ini sudah punah. Burung merak terdapat beberapa jenis yaitu burung merak biru, hijau dan putih, blorok dan jenis lainnya. 

Jenis-jenis Burung Merak

1. Merak Biru

Burung merak biru adalah salah satu jenis spesies merak yang memiliki warna bulu dominan biru. Warna biru gelapnya terlihat sangat cantik, dengan mahkota di kepalanya.

Mahkota di kepalanya juga berwarna biru dan mekar seperti kipas. Untuk ukuran burung merak yang berjenis kelamin jantan bisa mencapai 230 cm sedangkan yang betina ukurannya lebih kecil dibanding jantan dan berukuran sekitar 200 cm.

Lihatlah betapa anggunnya bulu merak biru ini. | image 3 pixabay.com
Lihatlah betapa anggunnya bulu merak biru ini. | image 3

Asal merak biru ini ternyata dari India. Di India jenis burung merak yang berjenis kelamin jantan dinyatakan sebagai burung nasional India karena tampilannya mirip seperti raja.

Baca Juga!  Pengiriman Burung Merak Putih Pesanan Bapak Nanang di Tangerang

Untuk makanan jenis burung merak biru yaitu biji-bijian, dedaunan, serangga, atau hewan-hewan kecil misalnya cacing, laba-laba, dan kadal kecil.

2. Merak Hijau

Burung merak hijau adalah salah satu jenis merak yang memiliki bulu dominan hijau di seluruh badannya. Jenis merak ini asli dari Indonesia.

Merak hijau terbesar di wilayah pulau Jawa khususnya di alas Purwo. Jumlah merak hijau saat ini sudah mulai menyusut yaitu tidak sampai 800 ekor.

Penyusutan jumlah burung merak hijau dikarenakan adanya pemburuan liar. Banyak para pemburu yang mengincar jenis burung merak hijau.

Burung merak hijau cenderung memiliki warna hijau yang terdapat pada bagian leher dan garis kuning di area wajah | image 3 Pinterest.com
Burung merak hijau cenderung memiliki warna hijau yang terdapat pada bagian leher dan garis kuning di area wajah | image 3

Biasanya burung merak hijau diburu untuk diambil bulunya dan diperjualbelikan. Saat ini merak hijau sudah dilindungi oleh Undang-Undang nomor 7 tahun 1999.

Jadi, apabila ada yang memperjualbelikan burung merak hijau baik untuk dipelihara atau diternakkan akan dikenakan hukuman.

3. Merak Putih

Burung merak putih adalah jenis merak yang sering disebut dengan Merak Albino. Konon katanya merak putih adalah hasil persilangan dari para pecinta binatang di India.

Warna bulu pada burung merak ini adalah putih. Hampir di semua bagian tubuhnya berwarna putih bersih.

Sepasang burung merak putih yang cantik | image 4 pixabay.com
Sepasang burung merak putih yang cantik | image 4

Karena memiliki bulu yang putih bersih, banyak yang mengatakan burung merak ini burung yang suci. Ukuran tubuh merak putih sama dengan merak biru.

Meskipun burung merak langka namun merak putih tidak termasuk spesies yang terancam punah. Saat berjalan, merak putih terlihat anggun bak seorang putri.

Terlebih saat ia mengembangkan ekornya hingga sempurna terbuka berbentuk seperti kipas.

4. Merak Kongo

Merak kongo adalah salah satu jenis merak yang sekilas mirip dengan merak pavo yang ada di Asia saat masih usia muda.

Warna bulu merak kongo yaitu biru gelap dan ditambah sedikit warna ungu dan hijau. Ukuran merak kongo lebih kecil jika dibandingkan dengan merak jenis lain.

Baca Juga!  3 Jenis Burung Merak : Paling Cantik di Dunia

Panjang tubuh merak kongo hanya sekitar 70 cm. Jenis merak ini memiliki mahkota sama seperti merak lain yang berwarna putih.

Warna bulu merak kongo yaitu biru gelap dan ditambah sedikit warna ungu dan hijau seperti pada contoh gambar berikut ini | image 5
Warna bulu merak kongo yaitu biru gelap dan ditambah sedikit warna ungu dan hijau seperti pada contoh gambar berikut ini | image 5

Untuk makanan merak kongo sama seperti jenis merak lain yaitu biji-bijian, serangga kecil dan dedaunan. Merak kongo ini pertama kali ditemukan oleh Dr James Chapin tahun 1936.

Saat ini burung merak kongo sudah mulai terancam punah. Kepunahan tersebut disebabkan oleh banyaknhya pemburuan liar. Habitat dari merak kongo adalah di hutan hujan Afrika.

Daftar Harga Jual Anakan Merak

Harga burung merak terkenal relatif mahal, banyak yang sudah menjual jenis merak diatas dengan harga yang ditawarkan tiap penjual juga relatif sama. Kami hobiternak.com jual anakan merak biru dan merak putih dan jenis merak lainnya mulai dari usia 1 bulan hingga indukan dewasa.

Harga Jual Anakan Merak Biru

NOUsiaHarga
11 bulan5jt
22 bulan7jt
33 bulan9jt
44 bulan11jt
55 bulan13jt
66 bulan15jt
77 bulan17jt
8Indukan37jt

Bagi Anda yang ingin ternak burung merak dari usia anakan, kami dari hobiternak.com jual anakan merak biru, putih dan jenis lainnya | image 7
Bagi Anda yang ingin ternak burung merak dari usia anakan, kami dari hobiternak.com jual anakan merak biru, putih dan jenis lainnya | image 7

Harga Jual Anakan Merak Putih

NOUsiaHarga
11 bulan7jt
22 bulan9jt
33 bulan11jt
44 bulan13jt
55 bulan15jt
66 bulan17jt
77 bulan19jt
8Indukan40jt

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah dan menyesuaikan dengan stock*

Bentuk Kandang Burung Merak Anakan hingga Dewasa

Pemeliharaan burung merak cukup sederhana, Anda bisa meletakkan burung jenis ini ke dalam kandang yang terbuat dari ram atau kawat.

Penggunaan kawat ini berfungsi supaya merak tidak kabur dan tetap merasa nyaman berada di dalam kandang. Kandang merupakan tempat yang paling terpenting bagi burung merak.

Usahakan kandang dibuat dengan ukuran yang luas agar merak bisa bergerak bebas dan tidak stress. Fungsi kandang yaitu  untuk tempat istirahat, tempat berlindung dari musuh dan tempat berkembangbiak.

Kandang burung merak yang terbuat dari bahan kawat ram | image 6 flickr.com
Kandang burung merak yang terbuat dari bahan kawat ram | image 6

Karena pada habitat aslinya merak suka bertengger, maka buatlah tempat untuk bertengger merak. Selain itu saat merak tertidur, terkadang dia juga berada pada posisi bertengger.

Baca Juga!  Galeri Foto Burung Merak Biru (Pavo Cristatus) Terbaru 2022

Jadi buatlah tempat bertengger atau bisa diganti dengan menanam pohon yang tidak terlalu banyak daunnya.

Jika Anda tertarik untuk memiliki atau ternak burung merak yang memiliki bulu yang indah dan unik ini, Anda dapat memesan di tempat kami. Kami jual burung merak dan berbagai jenis ayam hias. Anda dapat menghubungi kami segera.

Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Hubungi nomor layanan pelanggan kami di bawah ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (4 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA