Cara Mudah Menetaskan Telur dengan Beras

Menetaskan Mudah Telur dengan Beras – Saat ini beternak merupakan hal yang cukup mengasyikan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bahkan telah menjadi hobi, istilahnya hobi ternak. Untuk jenis ayam yang banyak diternakkanya pun berbagai macam, salah satunya yakni beternak ayam produksi dan beternak ayam hias.

Beternak ayam produksi yakni beternak jenis ayam yang dapat menghasilkan daging maupun telurnya. Sedangkan untuk jenis ayam hias yakni hanya dijadikan sebagai hewan hiasan atau sebagai pajangan di halaman maupun pekarangan rumah. Tetapi kini ayam hias banyak disukai oleh kolektor pecinta ayam hias. Harga ayam hias sendiri pun bermcam – macam tergantung pada jenisnya.

Cara Mudah Menetaskan Telur dengan Beras | Cover
Cara Mudah Menetaskan Telur dengan Beras | Cover

Ternak ayam hias pun dirasa juga cukup mudah diternakkan. Bahkan saat ini telah menjadi peluang yang cukup bagus untuk dikembangbiakan. Proses pengembangbiakanya pun relatif mudah, bisa diterapkan di semua lapisan masyarakat. Anda bisa memulai bisnis ternak ini dengan dimulai dari menetaskan telur atau memelihara pada usia indukan siap bertelur.

Tahapan Memulai usaha Budidaya Ayam

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa beternak ayam hias maupun ayam produksi maish memiliki peluang yang sangat bagus. Anda bisa mencoba membudidayakan mulai dari telur maupun indukan yang siap produksi. 

Jika Anda memulainya dari telur, maka ada beberapa yang harus dipersiapkan, seperti mesin penetas telur dan telur yang akan ditetaskan. Tentu hal yang mudah bukan, untuk mendapatkan mesin penetas telur cukup mudah. Anda bisa mendapatkannya di hobiternak.com. Kami menyediakan bebagai jenis mesin penetas telur mulai dari sistem manual hingga otomatis.

Jika Anda menginginkan jumlah telur yang banyak, maka Anda harus memisahkan telur tersebut dengan indukannya. Hal ini bertujuan agar Indukan tersebut dapat menghasilkan telur kembali | Indukan Ayam
Jika Anda menginginkan jumlah telur yang banyak, maka Anda harus memisahkan telur tersebut dengan indukannya. Hal ini bertujuan agar Indukan tersebut dapat menghasilkan telur kembali | Indukan Ayam

Pengunaan mesin penetas ini tentunya memberikan manfaat bagi peternak yang akan menetaskan telur. Peternak bisa menetukan sendiri berapa jumlah telur yang akan ditetaskan. Sehingga peternak dapat mengatisipasi terjadinya telur ayam yang gagal menetas karene keterbatasan indukan ayam. 

Baca juga !

Selain itu Anda juga dapat membuat mesin penetas telur sederhana dengan memanfaatkan beras yang terdapat di rumah. Kok bisa ya ? Nah pengen tau caranya gimana ? Yuk simak pembahasan kami di bawah ini ya 

Menetaskan Telur dengan Beras 

Siapa sangka beras yang selama ini kita gunakan sebagai bahan pokok sehari – hari ini ternyata bisa digunakan untuk menetaskan telur. Hal ini cukup tebukti loh dari beberapa masyarakat yang pernah mencobanya, dan hasilnya memuaskan. Untuk cara menetaskan telur dengan beras tidak terlalu rumit, cukup mudah dan sederhana.

Tetapi sebelum melangkah lebih jauh lagi, Anda juga harus mempelajari beberapa point dibawah ini untuk menetukan kulitas telur yang baik. Sehingga Anda tidak akan salah memilih telur yang layak untuk ditetaskan. Berikut untuk point – pointnya :

Sebelum memilih untuk menetaskan telur, pastikan terlebih dahulu bahwa terlu ayam tersebut fertil | Telur Ayam
Sebelum memilih untuk menetaskan telur, pastikan terlebih dahulu bahwa terlu ayam tersebut fertil | Telur Ayam

1.Berat telur antara 50 – 65 gram
2. Tidak adanya cacat pada kulit telur, seperti pecah, retak.
3. Warna kulit telur yang seragam. Warna telur yang bagus untuk ditetaskan biasanya cenderung agak gelap
4. Telur bebas dari kotoran yang menempel dikulit
6. Bentuk telur yang normal memiliki perbandingan panjang dan lebar sekitar 2 : 3. 
7. Bentuk telur yang baik cenderung oval bukan bulat. 

Ada baiknya jika sebelum membeli telur tetas usahakan agar telur tersebut fertil dan siap untuk ditetaskankan. Perhatikan juga poin – poiht diatas agar keberhasilan telur menetas tinggi. Untuk menetaskan telur dengan beras yang perlu dipersiapkan cukup sederhana.

Baca juga !

Cara Menetaskan Telur dengan Beras

1.Bahan

  • Ember
  • Lampu bohlam 5 watt
  • Beras secukupnya
  • Plastik 

2.Langkah – langkah

  • Isi ember dengan beras secukupnya
  • Kemudian letakan telur dengan posisi telur diatas beras dan atur jarak telur dengan lampu sekitar 5 cm 
  • Lalu, tutuplah ember menggunakan plastik. Usahakan agar tertutup dengan rapat, dan sisakan celah sedikit untuk kabel lampu
  • Usahakan agar lampu tetap dalam keadaan menyala selama 24 jam.
  • Pada proses ini Anda tidak pelu membolak balik posisi telur, cukup didiamkan saja seperti posisi pertama
  • Kemudian tunggulan telur tersebut hingga menetas. Biasanya telur akan menetas pada usia 21 hari, tetapi ada juga yang hingga 28 hari baru akan menetas
  • Jika didalam ember yang berisikan berasa tersebut telur sudah menetas menjadi anakan ayam. Segera buka plastik penutup tersebut dan pisahkan ayam yang sudah menetas ke dalam kandang boks yang sudah diberikan lampu penghangat, pakan dan juga air minum. 
  • Bagaiamana ? Cukup mudah bukan cara menetaskan telur menggunkan beras ini. 
Beras menjadi salah satu bahan untuk menetaskan telur dengan cara yang sederhana | Telur dan Beras
Beras menjadi salah satu bahan untuk menetaskan telur dengan cara yang sederhana | Telur dan Beras

Bagi Anda yang ingin menetaskan telur dengan cara sederhana, silahkan bisa coba cara yang satu ini. Jika Anda tidak ingin merasa repot bisa juga menggunakan mesin tetas telur otomatis. Dengan mesin penetas telur penerapan juga cukup mudah, cocok digunakan bagi Anda yang ingin memulai usaha ternak ayam produksi maupun ayam hias.

Baca juga !

Penggunaan Mesin Penetas untuk menetasakan Telur Ayam 

Nah bagi Anda yang tertark untuk menetaskan telur menggunakan mesin penetas. Kami dari hobiternak.com menyediakan alat penetas telur mulai dari sistem manual maupun otomatis. Untuk harga mesin penetas telur relatif murah mulai dari harga Rp. 350.000 saja. Didalam mesin penetas tersebut sudah lengkap. Mulai dari lampu pemanas, pengatur suhu, nampan untuk wadah air dan buku petunjuk.

Telur yang ditetaskan dengan mesin tetas, suhu dan kelembabannya bisa diatur sehingga tingkat keberhasilan menetasnya tinggi. | Mesin Penetas
Telur yang ditetaskan dengan mesin tetas, suhu dan kelembabannya bisa diatur sehingga tingkat keberhasilan menetasnya tinggi. | Mesin Penetas

Apabila ingin menetaskan telur ayam hias, kami juga menyediakan berbagai jenis telur ayam hias yang sudah kami pastikan fertil atau siap tetes. Seperti jenis telur ayam kalkun, cemani, kate, serama, brahma dan masih banyak lagi.

Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga telur ayam hias dan mesin penetas telur. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami. Kami siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya. Berikut untuk nomor kami : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : mesin penetas telur, mesin penetasan telur, mesin tetas telur, alat penetas telur, cara menetaskan telur ayam, penetas telur, penetas telur, penetasan telur, cara membuat mesin penetas telur, mesin tetas telur otomatis

Image Sources :

  • Cover: Pixabay.com
  • Indukan Ayam: flickr.com
  • Telur Ayam: Pixabay.com
  • Telur dan Beras: dutatv.com
  • Mesin Penetas: Pixabay.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: