Jual DOC Pejantan dan Informasi Tentang Beternak Ayam Pejantan – Ayam pejantan ras merupakan jenis ayam ras petelur yang banyak dijadikan sebagai jenis ayam potong dan kini sudah banyak dimanfaatkan dagingnya sehingga jenis ayam ini terkenal sebagai jenis ayam pedaging. Ayam pejantan ras memiliki berat tubuh 0,8 -1,0 kg untuk usia 3-4 bulan. Sebagai jenis ayam pejantan kini keberadaan jenis ayam ini banyak dibudidayakan oleh para peternak yang berada di wilayah Indonesia untuk dimanfaatkan dagingnya.

Ayam Pejantan

DOC Ayam Pejantan

DOC Ayam Pejantan

Cara budidaya ayam pejantan atau beternak ayam pejantan juga relatif lebih mudah dibandingkan dengan jenis ayam pedaging karena jenis ayam pejantan ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan jenis ayam pedaging. Untuk beberapa hari kedepan dapat dipastikan usaha beternak ayam pejantan memiliki potensi yang cukup bagus karena ayam pejantan dapat dikatakan alternatif sebagai pengganti ayam pedaging atau ayam kampung. Dan untuk saat ini sudah banyak restoran yang menyajikan ayam pejantan sebagai hidangan menu utamanya. Bagaimana anda tertarik beternak ayam pejantan?

Baca juga di : 

Sebelum kita memulai beternak ayam pejantan, terdapat beberapa hal yang perlu kita ketahui seperti pemilihan bibit unggul ayam pejantan yang nantinya akan menjadikan faktor penentu keberhasilan dalam sebuah peternakan. Karena dalam pemilihan bibit yang baik yang menjadikan ayam akan tumbuh secara optimal.

Sebelum kita memulai beternak ayam pejantan terdapat beberapa hal yang harus kita ketahui yang harus kita perhatikan, yakni :

Pemberian Pakan Alternatif untuk Ayam Pejantan

Pemberian pakan ayam pejantan memang sangat menentukan bagi pertumbuhan mereka. Dengan pakan tersebutlah ayam bisa mendapatkan gizi dan nutrisinya. Untuk minumnya pastikan telah diganti dalam waktu 2 kali sehari yaitu pagi dan sore, air minum harus selalu ada dan pastikan air minum tersebut mudah dijangkau. Jangan biarkan ayam kekuarangan air sebab hal ini akan menyebabkan air dehidrasi yang akan berakibat kematian pada ayam tersebut. Dan jangan lupa dalam pemberian vaksin seminggu sekali agar kesehatan ayam tetap terjaga.

Sebagai jenis ayam yang dapat diberikan pakan jenis apa saja Anda dapat berikan pakan seperti konsentrat, dedak  atau bekatul. Untuk anakan ayam juga dapat diberikan jenis pakan voer dengan kandungan proteinnya yang tinggi yang sangat begus diberikan anakan ayam guna membantu pertumbuhan bagi ayam tersebut. Selain itu untuk jenis ayam pejantan juga bisa diberikan pakan tersebut yang diselingi dengan irisan sayuran seperti kangkung, bayam , sawi serta berbagai jenis sayuran lainnya yang dapat diberikan pada ayam tersebut.

Untuk pakan ayam pejantan yang dapat mendukung pertumbuhan daging pada ayam pejantan terbagi menjadi 2, yatu pakan sumber nabati dan pakan sumber hewani. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Sumber Pakan Nabati 

Sumber pakan nabati untuk hewan ternak terutama untuk ayam pejantan terdiri dari dedak halus, jagung, bungkil kelapa, singkong, dan bungkil kedelai. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

a. Dedak Halus

Dedak merupakan limbah hasil pengelolaan padi yang digiling menjadi beras. Limbah padi atau kulit padi tersebut dikelola dan digiling menjadi lebih halus. Bahan tersebut sudah banyak digunakan sebagai bahan campuran pada hewan ternak. Dedak halus tersebut mengandung protein 10,1 – 13,6 %, kandungan lemak 13 % serta serat kasar kurang lebih 12 %. Tetapi untuk penggunaan dedak halus ini tidak dianjurkan melebihi dari 45 %.

Baca juga di : 

b. Jagung 

Jagung merupakan bahan pangan nabati yang mengandung gizi yang cukup tinggi, jagung sangat baik diberikan untuk hewan ternak untuk meningkatkan produktifitas. Selain mengandung gizi yang cukup tinggi, jaguny yang berwarna kuning mengandung pigmen karoten yang disebut xanthophyl. Pingmen tersebut dapat memberikan warna kuning telur yang baik dan daging yang menarik serta tidak pucat. Untuk pemberiannya ke hewan ternak dianjurkan kurang lebih 20 %.

c. Bungkil Kedelai 

Bungkil kedelai berasal dari limbah pembuatan minyak kelapa. Kandungan protein yang cukup tinggi mencapai 21,5% serta energi metabolis 1540 – 1745 Kkal/kg sangat baik diberikan untuk hewan ternak. Untuk pemberian bungkil kelapa sebagai bahan pakan ternak tidak dianjurkan melebihi 20% karena bungkil kelapa mengandung lemak yang cukup tinggi dan mudah tengik. Bungkil kelapa yang baik adalah bungkil kelapa yang masih berwarna coklat muda.

d. Singkong 

Singkong memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga singkong dapat digunakan sebagai bahan pakan alternatif untuk ternak ayam. Pemberian singkong sebagai pakan ayam dapat dalam keadaan mentah ataupun setelah diolah. Penggunaan tepung singkong tidak dianjurkan melebihi 40 %, serta pemberian singkong mentah sebaiknya tidak lebih dari 2 hari. Hal ini disebabkan karena singkong yang rusak memiliki kandungan asam sianida yang tinggi sehingga tidak baik digunakan sebagai pakan ternak.

e. Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai merupakan limbah yang dihasilkan dari limbah pembuatan minyak kedelai. Kandungan protein yang terkandung dalam kulit kedelai kurang lebih 42,7% serta kandungan energi metabolisme mencapai 2240 Kkal/kg serta kandungan serat kasarnya yang rendah kurang lebih 6%. Pemberian pakan bungki kedelai untuk ayam tidak dianjurkan melebihi 40%.

2. Bahan Pakan Hewani 

a. Tepung Ikan 

Tepung ikan merupakan bahan pakan dengan kandungan protein tinggi, tepung ikan berasal dari limbah pengelolaan ikan yang sudah tidak terpakai. Kandungan protein kasar yang terdapat pada ikan berkisar sekitar 50 – 55 %. Selain sebagai sumber protein tepung ikan juga merupakan sumber vitamin bagi ayam. Untuk pemberian tepung ikan sebagai campuran pakan dianjurkan melebihi 10 %.

b. Tepung Udang 

Tepung udang mengandung protein yang cukup tinggi berkisar sekitar 43 – 47 %, pada umumnya limbah udang berasal dari industri udang tetapi kandungan gizinya tergantung pada bagian udang yang tergiling.

c. Tepung Tulang 

Tepung tulang mengandung sumber mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan ayam terutama [ada ayam pejantan. Kandungan kalsium berkisar 24 – 25% dan phospor antara 12 – 15%, karena tepung tulang hanya digunakan sebagai pelengkap untuk pemakaian tepung tulang dianjurkan hanya sedikit.

d. Tepung Kerang 

Tepung kerang juga megandung kalsium dengan kandungan sekitar 36%. Peternak dapat memanfaatkan tepung kerang sebagai bahan alternatif sumber kalsium serta ketersediannya melimpah dan murah.

e. Bekicot

Bekicot merupakan pahan pakan untuk ayam yang ketersediannya sangat melimpah, hewan tersebut dapat kita temukan di sekitar lingkungan. Daging bekicot dapat kita berikan kepada ayam dalam keadaan segar, kering atau berupa tepung. Bekicot memiliki kandungan protein dalam bentuk basah 54,30%, kering 64,13% dan tepung 24,80%.

Kandang Ayam Pejantan

doc ayam pejantan super

Kandang Ayam Pejantan

Untuk jenis DOC ayam pejantan, kandang yang cocok bagi mereka bisa diberikan jenis kandang box. Biasanya digunakan untuk pemeliharaan ayam sampai berumur 1 bulan. Untuk ukuran kandangnya bisa disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan diternakkan tersebut. Sebagai jenis ayam yang memerlukan suhu udara yang hangat dalam kandang tersebut bisa dilengkapi dengan lampu pemanas yang berguna untuk membantu pertumbuhan bagi anakan ayam tersebut.

Setelah anakan ayam pejantan tumbuh dewasa, ayam bisa dipindahkan dalam kandang jenis kandang intensif atau bisa juga menggunkan sistem kandang umbaran. Kandang ayam tersebut biasanya terbuat dari bambu yang tidak menggunakan terpal. Biasanya untuk jumlah 70 ekor ayam pejantan bisa ditampung dalam kandang berukuran  6 x 7 meter. Kandang juga akan lebih baik jika menghadap ke arah timur yang sangat berguna bagi ayam pejantan untuk mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

Baca juga di : 

Tak lupa dalam kandang tersebut dilengkapi lampu penghangat seperti lampu pemanas. Lampu pemanas juga bisa dinyalakan namun tidak secara terus menerus seperti DOC untuk membantu pertumbuhan bagi ayam tersebut. Untuk ukuran kandang bisa disesuaikan dengan jumlah ayam, jangan terlalu lebar dan jangan terlalu sempit atau kecil yang nantinya akan mempengaruhi proses pertumbuhan bagi ayam tersebut.

Menjaga Kebersihan Kandang Ayam Pejantan

Seperti yang kita ketahui, pentingnya dalam menjaga kebersihan kandang ayam pejantan yang nantinya akan berpengaruh terhadap jenis ayam ini. Pentingnya dalam menjaga kebersihan kandang seperti membersihkan kandang dari kotoran ayam maupun  sisa pakan ayam. Untuk tempat pakan dan minumnya sebaiknya dibersihkan setiap hari hal ini yang mungkin dilakukan guna menjaga kesehatan ayam tersebut.

Harga Bibit Ayam Pejantan

Untuk saat ini harga ayam pejantan atau DOC ayam pejantan relatif lebih rendah dibandingkan dengan jenis ayam broiler. Harganya juga lebih bervariasi diberbagai wilayah Indonesia tergantung dengan jarak serta kondisi perekonomian masing-masing daerah tersebut. Untuk saat ini harga DOC AyamPejantan dijual dengan harga sekitar RP. 3000 – 5000,dan untuk harga DOC ayam pejantan biasanya disesuaikan dengan permintaan dan stock ayam. Disamping itu untuk harga ayam pejantan hari ini dan besok bisa sewaktu-waktu mengalami perubahan.

Dapat disimpulkan dalam beternak ayam pejantan tidaklah membutuhkan dana yang besar dan harus mahal. Dalam ternak ayam pejantan ini juga dapat kita mulai dari sedikit hingga menjadi profesi menjadi peternakan yang besar. Untuk analisa usaha ternak ayam pejantan sama dengan jenis ayam kampung baik dari segi kandang, pakan dan peralatan yang membedakannya hanyalah dari segi harga bibitnya atau DOC serta dari segi penjualannya.

Bagi anda yang berminat dan tertarik untuk membudidayakan ayam pejantan anda bisa pesan ditempat kami. Kami menyediakan ayam pejantan serta berbagai jenis ayam berkualitas lainnya siap produksi kirimkan keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpercaya. Selain itu kami tidak hanya melayani akan permintaan jenis unggas saja melainkan kami juga melayani konsultasi dengan pelanggan  dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

Silahkan bisa langsung hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :
harga ayam pejantan, harga ayam pejantan hari ini, harga bibit ayam pejantan, pakan ayam pejantan, cara budidaya ayam pejantan

Viky Ristiyarti
*.


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: