Fakta Menarik Tentang Ayam Elba Si Ayam Petelur Super

Tingginya daya konsumsi telur ayam di lingkungan masyarakat membuat permintaan akan telur ayam semakin membludak.

Banyak peternak yang merasa kewalahan karena jumlah produksi yang dihasilkan tidak sebanding dengan permintaan yang ada. 

Di Indonesia banyak jenis ayam yang bisa dipelihara untuk diambil telurnya. Diantaranya yaitu ayam petelur merah, ayam arab, ayam elba, ayam KUB dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Setiap jenis-jenis ayam tersebut memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing. Nah untuk kali ini, kami akan membahas mengenai ayam yang baru-baru ini muncul dan banyak peternak yang sudah tertarik untuk mengembangbiakkan. 

Ayam elba adalah jenis ayam ras petelur yang memiliki produktivitas telur yang tinggi | image 1
Ayam elba adalah jenis ayam ras petelur yang memiliki produktivitas telur yang tinggi | image 1

Ayam apakah itu??? Ayam tersebut adalah ayam elba. Ayam elba adalah jenis ayam ras petelur yang memiliki postur tubuh hampir sama seperti ayam kampung asli.

Sejarah awal kemunculan ayam elba ditemukan oleh Lala Setiawan yang berlokasi di Dusun Batikan, Soropadan, Temanggung, Jawa Tengah. 

Lala Setiawan membawa telur sejumlah 60 butir dari Jeddah lalu dibagikan ke teman-teman koleganya. Dari sekian banyak telur tersebut, hanya satu orang koleganya yaitu Yap Tjie Tjong lah yang bisa menetaskan telur tersebut. 

Nah telur yang menetas tersebutlah dinamai Ayam Elba. “El” berasal dari nama awalan Lala Setiawan dan “BA” berasal dari nama dusun Batikan. 

Cukup banyak fakta menarik yang dimiliki ayam elba dan belum banyak diketahui oleh masyarakat | image 2
Cukup banyak fakta menarik yang dimiliki ayam elba dan belum banyak diketahui oleh masyarakat | image 2

Fakta Menarik Tentang Ayam Elba Si Ayam Petelur Super

Kemunculan ayam elba menjadi pemecah masalah dari permintaan telur yang membludak. Tidak disangka ternyata produktivitas telur ayam elba melebihi dari jenis ayam arab yang terlebih dahulu terkenal. 

Dalam setahun satu ekor ayam elba mampu menghasilkan telur sebanyak 300 butir per tahunnya. Ini tentu sangat banyak dibandingkan dengan ayam arab yang dalam satu tahunnya hanya menghasilkan sekitar 200-235 butir per tahunnya. 

Keunikan dari ayam elba yaitu memiliki tubuh yang ramping/kurus dan memiliki ekor yang menghadap ke atas. Telur ayam elba hampir mirip dengan telur ayam arab dan ayam kampung. Berat rata-rata telur ayam elba yakni 60 gram an. 

Ayam elba mulai bertelur pada usia 4,5 – 5 bulan. Puncak produksi pada ayam elba yaitu 2 tahun. Pada waktu 2 tahun tersebut produktivitas telurnya sedang tinggi-tingginya.

Namun setelah lebih dari 2 tahun produktivitas telur berangsur-angsur menurun. Sampai akhirnya ayam menjadi afkir dan tidak bertelur lagi. 

Baca juga : 

Warna bulu ayam elba ada bermacam-macam | image 3
Warna bulu ayam elba ada bermacam-macam | image 3

Yang menariknya lagi konsumsi pakan pada ayam elba sedikit, jadi cukup menguntungkan bagi peternak karena tidak akan mengeluarkan biaya pakan yang tinggi. Karena biasanya biaya yang dikeluarkan peternak paling banyak yaitu di pembelian pakan. 

Ciri Khas ayam elba yaitu memiliki bulu berwarna putih, coklat, merah, hitam atau campuran dari warna tersebut.

Jika dilihat dari fisiknya penampilan ayam elba ini cukup cantik. Jadi selain bisa diternakan untuk diambil telurnya bisa juga dijadikan hiasan di halaman rumah. 

Ayam elba usia baru saja menetas (DOC) | Image 4
Ayam elba usia baru saja menetas (DOC) | Image 4
  1. Apa keunggulan ayam elba?

    Keunggulan ayam elba yaitu produktivitas telurnya cukup tinggi yaitu sekitar 300 butir per tahunnya.

  2. Ayam elba bertelur umur berapa?

    Ayam elba mulai bertelur pada usia 4 bulanan. Masa produktif ayam elba yaitu 2 tahun. Setelah usia 2 tahun produktivitasnya berangsur-angsur menurun.

Baca juga : 

Nah itu dia beberapa fakta menarik ayam elba yang belum begitu diketahui oleh masyarakat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Bagaimana terterik untuk memelihara ayam elba si ayam petelur super ini???

Apabila Anda tertarik untuk memelihara ayam elba, hobiternak.com menyediakan ayam elba dari usia DOC dan dewasa. Pengiriman bisa ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. 

Untuk pemesanan atau konsultasi bisa langsung menghubungi contact person di bawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : ayam elba, kelebihan dan kekurangan ayam elba, apa itu ayam elba, harga ayam elba, pakan ayam elba, kandang ayam elba, asal usul ayam elba, produktivitas ayam elba, keunggulan ayam elba

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: hobiternak.com
  • cover: hobiternak.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA