Untuk mengembangkan usaha budidaya sebuah peternakan, peran unggas/ ayam sangat mempengaruhi dalam produktifitas yang dihasilkan. Terutama pada telur yang dihasilkan, karena telur sangat berperan penting dalam proses perkembangbiakan.

Berapa hari telur ayam menetas ? Telur Ayam akan mulai menetas pada usia normal 25 hari. Tetapi hal tersebut juga tergantung pada jenis telur yang ditetaskan. Karena usia telur tetas pada masing – masing unggas memiliki waktu yang berbeda – beda.

Dalam pemeliharaan unggas, perternak dapat memanfaatkannya untuk diambil daging ataupun telurnya. Bila unggas tersebut banyak dikonsumsi daging dalam jumlah yang banyak maka perlu usaha untuk mengantikan populasi pegantinya. Salah satunya dengan menetaskan telur. Yang mana hal ini sangat penting dalam dunia peternakan.

Usaha untuk mendapatkan populasi unggas, baik dijaikan petelur maupun pedaging dapat ditempuh menggunakan cara penetasan telur. Proses penatasan telur dapat dilakukan dengan cata dierami oleh indukannya ataupun menggunakan mesin penetas. Jika menggunakan indukan, maka telur yang dapat dierami hanya beberapa butir saja tetapi jika menggunakan mesin penetas jumlahnya tentu tidak terbatas. Hal tersebut bergantung pada kapasitas yang ada pada mesin penetas.

Memaksimalkan Kapasitas Penetasan 

Semakin banyaknya permintaan bibit ayam untuk memenuhi kebutuhan daging dan telur, maka akan semakin banyak pula permintaan telur untuk ditetaskan. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk juga mempengaruhi peningkatan kebutuhan protein hewani dan banyaknya penghobi ayam hias. Maka diperlukan alat yang mampu membantu perkembangbiakan unggas agar lebih efektif dan efisien. Dengan adanya hal tersebut, terciptalah mesin penetas.Lalu apa saja menfaat dari mesin penetas ? Berikut merupakan point – point nya 

Sebelum masuk kedalam mesin penetas telur perlu diteropong terlebih dahulu. Hal ini berguna agar peternak dapat mengetahui apakah telur tersebut fertil atau tidak.

1.Meningkatkan Presentasi Tetas
2.Meningkatkan Prosuksi Telur 
3.Tidak terkendala kemampuan dan karakter induk
4.Mengurangi resiko kerusakan telur 

Mesin tetas memang berfungsi sebagai pengganti peran indukan untuk mengerami telur. Karena, kondisi suhu yang ada dalam kandang, kelembaban dan sirkulasi udara sengaja dibuat sama seperti kondisi telur saat dierami indukan. Mesin tetas ini juga mampu memutar atau merubah posisi telur secara berkala. 

Mengenal Berbagai Jenis Mesin Penetas 

Berdasarkan kapasitasnya, mesin penetas dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Berikut point – pointnya : 

1.Mesin Tetas Kapasitas Kecil

Mesin Penetas
Mesin penetas kapasitas kecil ini mampu menampung telur mulai dari 10 hingga 200 butir.

Mesin penetas dengan kapasitas kecil ini mampu menampung telur dengan jumlah terbatas mulai dari 10, 20, 50, 100 hingga 200 butir telur. Menggunakan mesin penetas skala kecil ini sangat cocok digunakan untuk peternak pemula atau peternak dengan skala usaha kecil. Seperti penghoni ayam hias dan burung hias. 

2.Mesin Kapasitas Besar

Jual Mesin Penetas Telur Otomatis Kapasitas 1000
Selain menyediakan buku seputar mesin penetas, kami juga menyediakan berbagai jenis mesin penetas

Menggunakan mesin kapasitas bersar ini memiliki daya tampung telur untuk ditetaskan sebanyak 1.000 hingga 10.000 butir telur. 

3.Mesin Tetas Skala Industri

Tahap Pengecekan Kuliatas untuk Mesin Penetas Telur Otomatis Kapasitas 5000 Sebelum di Kemas dan di Kirim
Tahap Pengecekan Kuliatas untuk Mesin Penetas Telur Otomatis Kapasitas 5000 Sebelum di Kemas dan di Kirim

Daya tampung mesin tetas skala industri memiliki daya tampung sebesar 20.000 – 50.000 butir. Mesin penetas juga dapat dibedakan berdasarkan mekanisme gerak dan rak putar. Adapun point – point nya sebagai berikut : 

1.Mesin tetas manual
2.Mesin tetas semi – otomatis 
3.Mesin tetas full otomatis

Beberapa Cara Penetasan Telur dengan Cara Sederhana

Cara membuat penetasan telur ayam secara sederhana banyak dilakukan oleh peternak – peternak jaman dahulu. Karena listrik pada jaman dahulu masih cukup sulit dan hanya kalangan menegah keatas yang menggunakan listrik. 

Proses menetaskan telur ayam juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Agar telur yang dihasilka dapat menetas dengan sempurna.

Seiring dengan berkembangnya jaman, proses penetasan menggunakan cara sederhana mulai jarang digunakan. Seperti cara menetaskan telur ayam petelur dengan lampu, cara menetaskan telur ayam dengan kardus dan menetaskan telur dengan beras. Hal ini dikarenakan  peternak saat ini lebih banyak menggunakan  mesin penetas. Cara kerja mesin penetas full otomatis juga memberikan kemudahan bagi peternak. 

Hadirnya Buku “Sukses Menetaskan Telur Unggas Hingga 90%” yang cocok untuk Petenak 

Judul : Sukses Menetaskan Telur Unggas Hingga 90 %
Penulis : Supri Delta Incubators
Penerbit : Agro Media 
Tebal Halaman : 80 halaman
Harga : Rp 55.000

Dengan hadirnya buku ini, tentunya peternak akan dipermudah dalam proses penetasan telur unggas. Buku ini juga sangat cocok untuk pemula karena penjelasan yang ada pada buku ini cukup lengkap. Mulai dari tips memilih telur tetas yang ideal, mengenal jenis – jenis mesin penetas dan manfaatnya, bagaimana cara mengoprasikan dan merawat komponen – komponen yang ada pada mesin penetas. Serta tips dan solusi – solusi penetasan menggunakan mesin penetas. 

Mesin penetas memang membuat kemajuan di dunia perunggasan menjadi cukup tinggi. Dahulunya untuk menetaskan puluhan butir telur memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, dengan mesin penetas dan dalam waktu yang relatif sama telur yang ditetaskan dapat mencapai ribuan bahkan puluhan ribu.

Yuk, pesan sekarang juga

Buku ini sangat cocok dijadikan panduan khususnya untuk peternak.Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki buku ini dan mempelajari materi yang terdapat didalamnya, kami menyediakan buku “Sukses Menternakan Telur Unggas Hingga 90%” dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pengiriman kami menggunakan ekspedisi JNE, JNT, WAHANA & POS INDONESIA. 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353 

Kata terkait : cara menetaskan telur ayam petelur dengan lampu, cara menetaskan telur ayam dengan kardus, berapa hari telur ayam menetas, menetaskan telur dengan beras, cara kerja mesin penetas telur full otomatis, cara menetaskan telur bebek, cara membuat penetasan telur ayam, cara tetas telur,


Nurasikin:)


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: