ayam kampung super

7 Cara Agar Ayam Tidak Mudah Terkena Penyakit

7 Cara Agar Ayam Tidak Mudah Terkena Penyakit

Ayam Kampung Super merupakan hasil persilangan antara pejantan ayam kampung dan betina ayam petelur dan termasuk salah satu unggas yang mempunyai daya tahan terhadap penyakit. Tak mengherankan karena bibit ayam kampung memang merupakan indukan pilihan dan bisa mewarisi sifat genetik kepada keturunannya. Meskipun demikian, pada musim pancaroba merupakan musim dimana banyak jenis unggas yang menderita suatu penyakit dan tak terkecuali dengan ayam kampung super.

ayam kampung super

ayam kampung super

 

Bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh agar ayam tidak terkena penyakit?

Agar Ayam Kampung Super yang kita pelihara mempunyai daya tahan yang bagus terhadap serangan penyakit maka kita perlu menerapkan beberapa hal seperti dibawah ini:

  1. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

  2. Mempunyai sistem pemeliharaan yang baik termasuk diantaranya pemberian pakan dan minum yang diatur secara khusus.

  3. Rutin membersihkan kandang dari limbah.

  4. Melakukan pengosongan kandang setelah musim panen usai yang bertujuan untuk membersihkan kandang.

  5. Mencegah predator masuk ke area kandang.

  6. Ayam yang sakit diletakkan di dalam kandang karantina.

  7. Ayam yang mati perlu dibakar untuk menghindari tertularnya penyakit.

Dalam menerapkan sistem pemeliharaan yang sehat kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Peternak selalu mengontrol dan membatasi kontaminasi antara ayam dan orang yang datang ke kandang serta kontaminasi antar unggas. Dengan pembatasan tersebut maka akan mengurangi resiko tertularnya penyakit.

  2. Melakukan sanitasi dan ventilasi yang baik di area kandang. Program sanitasi diantaranya dengan selalu menjaga kebersihan di dalam lingkungan kandang dengan membuat parit atau tempat pembuangan sehingga kandang terhindar dari genangan air. Sedangkan ventilasi menyangkut keluar masuknya udara ke area kandang. Jika ventilasi lancar maka unggas tidak akan mudah kepanasan sehingga akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan ayam kampung super.

  3. Melakukan program vaksinasi secara teratur dengan tujuan untuk mencegah ayam terkena penyakit.

Vaksin DOC Ayam Kampung Super

Vaksin DOC Ayam Kampung Super

Ventilasi pada kandang memegang peranan penting karena ventilasi yang buruk akan mengakibatkan suhu dalam kandang menjadi panas, ayam akan mudah stres dan sakit. Jika ventilasi tidak segera dibenahi maka tidak menutup kemungkinan ayam akan mengalami kematian. Jika peternakan skala besar biasanya disediakan kipas angin di dalam kandang sehingga udara segar dapat masuk ke kadalam kandang.

Kandang dengan ventilasi baik

Contoh Kandang dengan ventilasi baik

Selain itu untuk mencegaah ayam terkena penyakit maka perlu dilakukan program vaksinasi untuk anak ayam. Berhubung Ayam Kampung Super termasuk kategori ayam yang cepat dipanen maka pada satu periode hanya perlu dilakukan vaksinasi 4 kali yaitu pada umur 3 hari untuk jenis vaksin ND dan pada umur 10 hari dengan jenis vaksin Gumboro untuk mencegah penyakit gumboro. Vaksinasi ketiga pada umur 21 dengan jenis vaksinasi ND untuk mencegah penyakit ND. Vaksin terakhir pada umur 30 hari yaitu dengan jenis vaksin AI (avian influenza) atau flu burung.

Kata terkait:

Jual bibit atau anakan ayam kampung super, ternak ayam kampung super dengan metode intensif, keuntungan budidaya ayam kampung super, beternak ayam kampung super dengan modal terbatas, ukuran kandang untuk bibit atau DOC dengan kapasitas 500 ekor, pakan untuk anakan atau DOC pada fase starter, cara mengobati penyakit ayam, jamu pencegah penyakit ayam, cara membuat vaksin alami untuk unggas, cara mencegah penyakit pada ayam, penyakit musim kemarau dan pencegahannya, penyakit pada unggas yang disebabkan oleh virus

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply