Harga DOD Bebek Peking & Hibrida Pedaging untuk Daerah Payakumbuh Sumatera Barat

Kota Payakumbuh adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat. Payakumbuh merupakan kota terluas ketiga di Sumatera Barat. Dari segi jumlah penduduk juga berada pada peringkat ketiga sesudah Padang dan Bukittinggi. 

Daerah Payakumbuh merupakan dataran yang masih didominasi oleh pegunungan
Daerah Payakumbuh merupakan dataran yang masih didominasi oleh pegunungan

Struktur perekonomian Kota Payakumbuh didominasi kegiatan tersier antara lain meliputi perdagangan, transportasi dan komunikasi, serta pelayanan jasa lainnya. Di sektor peternakan, payakumbuh temasuk cukup besar di Sumatera Barat. Awalnya Kota Payakumbuh hanya sebagai pasar terbesar untuk komoditas telur di Kabupaten Lima Puluh Kota. Melihat tingginya permintaan telur, mendorong masyarakat untuk menjadi peternak. Salah satu hewan ternak yang mudah perawatan dengan keuntungan yang besar adalah bebek peking dan hibrida pedaging.

Apa itu Bebek Peking dan Hibrida ? 

Bebek Peking merupakan salah satu jeni sbebek yang berasal dari dataran China. Di daerah asalnya bebek peking banyak digemari karena citarasa yang dihasilkan berbeda dengan unggas lainnya. Selain itu bebek peking ini juga sangat populer sebagai hidangan berkelas sejak zaman Dinasti Ming.

Analisa ternak bebek pedaging peking
Bebek peking merupakan jenis bebek pedaging yang banyak diternakkan di Indonesia.

Di Indonesia bebek peking telah mengalami persilangan antara indukan hibrida dengan pejantan peking super. Tentunya hasilnya pun tidak berbeda dengan bebek peking asli yang berasal dari dataran China. Bebek peking memiliki masa panen daging selama 45 hari dengan bobot 1,5 – 2 kg. Hal inilah yang menjadi mendasari peternak untuk mengembangkan usaha ternak bebek peking.

Bebek hibrida siap panen
Sama halnya dengan bebek peking, bebek Hhibrida ini juga termasuk jenis bebek penghasil daging

Sedangkan bebek hibrida merupakan persilangan antara bebek betina mojosari dan bebek pejantan peking. Sama halnya dengan bebek peking, bebek hibrida juga memiliki masa panen selama 45 hari dengan bobot yang dihasilkan 1,2 – 1,5 kg per ekornya. 

Mengenal Keungulan Bebek Peking dan Hibrida ?

Kedua jenis bebek ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis bebek biasa. Pertumbuhan yang cepat, bebek hibrida yang berumur 45 hari berat badannya bisa mencapai 2 kg bahkan lebih. Daya tahan tubuhnya lebih baik sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Daging yang dihasilkan lebih lembut, gurih dan tidak terlalu amis dibandingkan bebek biasa. Bahan pakan pun juga mudah didapat di lingkungan sekitar, seperti cacing, ikan kecil, dan jenis tumbuhan misalnya kangkung. Kelebihan-kelebihan tersebut menjadi daya tarik peternak untuk membudidayakan bebek peking dan hibrida. Dengan banyaknya peluang keuntungan beternak bebek peking maupun hibrida diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi mandiri dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk membantu meningkatkan perekonomian Payakumbuh.

Berapa Harga Jual DOD Bebek Hibrida dan Bebek Peking di Payakumbuh Sumatra Barat ?

Saat ini budidaya bebek telah banyak dikembangkan oleh masyarakat di Indonesia, terutama di Payakumbuh Sumatra Barat ini. Para peternak ini kebanyakan beternak di daerah pedasaan, karena lahan yang digunakan tergolong masih luas dan jauh dari kebisingan kendaraan. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa beternak di daerah perkotaan juga bisa dilakukan.

DOD Bebek Pedaging usia baru saja menetas
DOD Bebek Pedaging usia baru saja menetas

Bebek banyak dipilih oleh masyarakat untuk dibudidayakan, hal ini dikarenakan bebek memiliki bobot yang cukup tinggi. Dengan bobot yang tinggi ini tentunya juga akan mempengruhi terhadap harga jual daging bebek. Semakin tinggi daging bebek yang dihasilkan tentunya akan semakin tinggi pula harga jual yang ditawarkan. 

Baca juga : 

Dengan demikian keuntungan yang didapatkan peternak relatig lebih tinggi. Untuk mencapai bobot yang sesuai target maka peternak perlu menerapkan menejemen pemeliharaan yang baik pula. Diantara  penerapan menejemen pemeliharaan yang baik ini terdiri dari, persiapan DOD yang berkualitas, persiapan kandang, persiapan peralatan kandang, persiapan pemberian obat – obatan, dan persiapan pemberian pakan. 

Pakan Campuran untuk ternak Bebek Petelur

Dalam pemberian pakan untuk ternak bebek, peternak dapat memberikannya berupa pakan alternatif. Penggunaan pakan alternatif ini berguna untuk menekan biaya pengeluaran pakan bebek yang membengkak. Karena selama ini peternak banyak mengeluhkan tentang mahalnya harga pakan yang setiap tahunnya mengalami kenaikan. Maka dari itu peternak dapat menyusun pakan bebek sesuai dengan kebutuhan gizi bebek. 

Adapun jenis pakan alternatif untuk bebek tersebut dapat terdiri dari, bungkil kelapa, onggok, bekatul, dedak, tepung hijauan, tepung ikan, nasi aking dan masih banyak lagi. 

Untuk mendapatkan DOD bebek peking dan hibrida yang sehat peternak tidak perlu bingung dalam mencari bibitnya. Kami dari hobiternak menyediakan berbagai jenis DOD/ Bibit Bebek pedaging diantaranya adalah bebek peking dan hibrida.Untuk daftar harga berikut ini : 

No Jenis Bebek Harga per ekor
1 Peking KW 11.300
2 Hibrida 10.900
3 Mojosari Petelur 12.300

Kata terkait :
dod bebek hibrida payakumbuh sumatera barat, harga bebek peking payakumbuh sumatera barat, jual bibit bebek peking di payakumbuh sumatera barat, jual dod bebek hibrida di payakumbuh sumatera barat, ternak bebek peking payakumbuh sumatera barat, bibit bebek hibrida di payakumbuh sumatera barat, budidaya bebek hibrida payakumbuh sumatera barat, dod bebek peking payakumbuh sumatera barat

*Duwi Kristinawati*

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: