Apakah beternak ayam petelur skala kecil atau rumahan akan menguntungkan ?

Dari beberapa informasi bahwa prospek beternak ayam petelur dari hari ke hari semakin meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan  masih kurangnya pasokan telur ayam untuk masyarakat. Dengan adanya hal tersebut maka banyak pengusaha yang beternak ayam petelur dan ada juga yang awalnya beternak ayam pedaging menjadi pindah ke usaha beternak ayam petelur. 

Untuk pemula sebenarnya beternak ayam petelur rumahan atau skala kecil cukup bagus untuk di coba atau diterapkan. Ternak ayam petelur rumahan sangat cocok bagi yang memiliki modal sedikit dan lahan yang sempit. Hal tersebut disebabkan modal ternak ayam petelur modal ternak ayam petelur tidak terlalu banyak dan lahannya pun juga tidak memerlukan lahan yang cukup lebar. Ada beberapa peternak ayam pedaging yang beralih menjadi peternak ayam petelur karena prospeknya yang cukup potensial. Saat ini ternak ayam petelur tanpa kandang biasanya dilakukan karena peternak tidak mempunyai tempat yang mencukupi untuk dibuat kandang. 

Beternak Ayam Petelur Rumahan

Cara beternak ayam petelur berbeda dengan ayam pedaging, dimulai dari pemilihan bibitnya sampai pemeliharaannya berbeda. Untuk pembudidayaan ayam petelur dapat di lakukan dimana saja yang daerahnya potensial untuk menjual telur ayam dengan harga yang relatif tinggi. Agar ayam petelur menghasilkan telur yang berkualitas dan bagus, maka harus didukung dengan pemilihan bibit yang sesuai dan bagus serta pola pemberian pakan yang sesuai. Selain pakan dan pemilihan bibit tak lupa juga perawatan yang kita berikan setiap harinya agar ayam tetap dalam keadaan yang sehat dan kondisinya bagus.






Beternak ayam petelur di rumah

1. Persiapan Memilih Bibit Ayam Petelur

Hal yang utama saat kita ingin beternak ayam petelur adalah memilih bibit ayam petelur. Carilah bibit ayam petelur unggul yang produksi telurnya tinggi dan mempunyai daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan petelur lainnya. Untuk jenis ayam petelur sendiri terbagi menjadi 2 yaitu jenis ringan dan sedang. 

Cara memilih bibit ayam petelur :

  • Pilihlah bibit yang sehat yang tidak memiliki cacat fisik.
  • Anda harus memilih bibit yang berasal dari indukan yang unggul dan juga produktif.
  • Pilihlah ayam yang memiliki pertumbuhan yang normal.

2. Persiapan Kandang Ayam Petelur

Setelah memiliih bibit, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu memilih kandang yang tepat untuk membudidayakan ayam petelur.

Sebagai langkah awal, lokasi yang baik dan tepat untuk beternak ayam petelur yaitu yang memiliki iklim sekitar 32,2 – 35 derajat celcius dan kelembapannya 60-70%. Aturlah letak kandang yang apabila saat pagi hari bisa mendapat cahaya matahari dan tidak melawan arah mata angin. Buatlah sirkulasi udara yang cukup agar ayam tetap dapat bernafas dengan baik dan tetap merasa nyaman di dalam kandang.

Pada bagian bawah usahakan tanah yang mempunyai permukaan datar dan hindari permukaan yang tidak rata. Pembuatan kandang ayam petelur dapat dibuat dari material yang murah, yang terpenting bahan terbuat dari bahan yang bersih, kuat dan tahan lama.

Perlengkapan penambah lain yang harus Anda sediakan yaitu tempat minum, tempat pakan, tempat obat dan tempat yang apabila ayam sedang dalam keadaan sakit. Tempat ayam saat dalam keadaan sakit cukup penting bagi ayam karena pemisahan tersebut bertujuan agar ayam lain yang masih dalam keadaan sehat tidak ikut tertular dengan ayam yang sedang sakit tersebut. Selain itu, Anda bisa lebih mengontrol ayam yang sedang sakit, karena ayam yang sakit lebih membutuhkan penangan yang khusus.

3. Pemberian Pakan Untuk Ayam Petelur

Langkah selanjutnya setelah Anda melakukan pemilihan bibit ayam dan kandang ayam petelur yaitu, pakan yang dapat Anda berikan untuk ayam petelur. Ayam petelur adalah jenis ayam yang di fokuskan untuk di ambil telurnya, agar telur yang di hasilkan dapat berkualitas dan memenuhi kriteria maka Anda harus memberikan pakan yang cocok dan bagus untuk ayam petelur.

Untuk ayam petelur, pakan yang dapat Anda berikan yaitu konsentrat, jagung giling yang sudah halus , tepung ikan dan beberapa jenis pakan campuran ayam petelur. Pemberian pakan ayam petelur dapat di lakukan 3 kali sehari secara rutin dan jangan lupa isi tempat minum dengan air agar saat ayam merasa haus bisa langsung minum.

4. Pemberian Vitamin

Ayam membutuhkan vitamin dan nutrisi yang cukup untuk keberlangsungan hidupnya. Agar ayam dapat tetap dalam keadaan sehat maka harus diberikan vitamin secara rutin. Pemberian vitamin dan nutrisi dapat Anda berikan dengan cara di campur pada pakannya atau pada minumannya. 

Vitamin
Vitamin untuk ayam petelur

Jenis vitamin yang dapat Anda berikan adalah jenis vitamin yang dapat membuat ayam petelur bertelur dengan kualitas yang bagus. Vitamin atau nutrisi untuk ayam dapat Anda beli di poultry shop terdekat di wilayah rumah Anda.

5. Vaksinasi ayam petelur

Vaksinasi Ayam

Hal terakhir yang Anda lakukan saat beternak ayam petelur yaitu proses vaksinasi. Vaksinasi adalah proses pemberian antigen untuk merangsang sistem kekebalan pada tubuh ayam dengan begitu ayam tidak mudah sakit dan kebal terhadap berbagai jenis penyakit yang menyerang. Untuk ternak ayam petelur rumahan dapat Anda vaksin menggunakan tetes mata, melalui air minum atau dengan di suntik. Untuk pemberian vaksin melalui suntik sendiri perlu dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak mengenai tulang namun di bawah jaringan kulit.

Berikut adalah contoh video cara vaksinasi ayam yang dapat Anda lihat :

Di atas adalah cara ternak ayam petelur skala kecil yang dapat Anda ketahui. 

Lalu, bagaimana apabila usaha Anda sudah sukses?

Apabila usaha Anda sudah sukses, maka jangan segan-segan untuk mengembangkan kembali usaha ternak ayam petelur Anda. Karena apabila Anda tidak mengembangkannya, usaha Anda akan tetap stuck di situ terus tanpa ada perubahan yang lebih besar dan mendalam lagi.

Usaha meningkat
Usaha meningkat

Banyak peternak-peternak rumahan yang setelah sukses terus mengembangkan usahanya lebih besar lagi dan hal tersebut sangat bagus bagi si peternak tersebut. Jangan menganggap ternak ayam petelur rumahan itu tidak memiliki keuntungan dan prospek yang bagus. Karena peternak-peternak besar yang sukses itu di mulai dari usaha yang kecil atau skala kecil sama seperti ternak ayam petelur rumahan tersebut.

Dan apabila Anda tertarik untuk beternak ayam petelur kami menyediakan DOC Ayam Petelur usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk respon cepat Anda bisa menghubungi nomor WA kami atau telepon kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
ternak ayam petelur 100 ekor, modal ternak ayam petelur, harga ayam petelur siap telur, cara membuat kandang ayam petelur, cara ternak ayam petelur skala kecil, bibit ayam petelur, ternak ayam petelur tanpa kandang

_Meilani Sawitri_



1 Comment

Menentukan Modal Ternak Ayam Petelur 100 ekor · March 22, 2019 at 7:52 am

[…] ini merupakan pilihan yang cukup tepat karena mampu mengurangi resiko waktu pembudidayaan tersebut. Ternak ayam petelur rumahan misalnya, usaha rumahan seperti ini ditujukan untuk usaha skala kecil. Modal yang dikeluarkan pun […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: