ayam bertelur

Harga Jual DOC atau Bibit Ayam Petelur Layer Terbaru Serta Keunggulan dalam Ternak Ayam Petelur Layer

Harga Jual DOC atau Bibit Ayam Petelur Layer Terbaru – Ayam petelur menjadi primadona bagi peternak unggas hampir di seluruh Indonesia. Produksi telur dari ternak ayam petelur atau bisa di sebut juga dengan ayam layer petelur ini menyumbang cukup tinggi pada kebutuhan protein di masyarakat. Bertambahnya jumlah penduduk dari waktu ke waktu tentu saja menjadi faktor bertambahnya jumlah permintaan telur ayam di Negeri kita ini. DOC Petelur merupakan istilah dari bibit ayam petelur tersebut. DOC bermakna Day Old Chicken atau bisa di sebut juga dengan ayam yang baru menetas. Memang kata DOC akan terasa asing bagi peternak pemula tapi sudah cukup familier bagi peternak senior. Harga jual dari DOC ayam petelur ini memang mengalami fluktuasi atau grafik yang bisa naik turun. Namun, hal itu dalam pengamatan harga DOC ayam petelur yang kadang tidak stabil tersebut tidak begitu menyurutkan minat dari peternak ayam petelur untuk beternak.

Ayam Petelur Layer
Ayam Petelur Layer

Pengertian ayam layer (ayam petelur)

Ayam Ras Petelur (layer) adalah salah satu jenis ayam yang di fokuskan untuk di ambil telurnya saja. Jenis ayam petelur layer di bagi menjadi 2 tipe yaitu Tipe Ringan dan Tipe Medium (Dwiguna).

Tipe Petelur Ringan

Memiliki postur tubuh yang ramping, memiliki warna bulu putih dan jengger merah. Produktivitas telur ayam ini bisa mencapai sekitar 260 butir pertahun.

Tipe Petelur Medium (Dwiguna)

Memiliki postur tubuh yang standar tidak gemuk dan juga tidak kurus. Tipe petelur medium dapat memproduksi telur sekitar 250 butir dan saat masa afkir dapat menghasilkan daging yang cukup banyak.

Ciri-ciri ayam petelur layer :

  • Memiliki bentuk tubuh ramping
  • Mudah terkejut
  • Tidak memiliki sifat mengeram
  • Memiliki cuping telinga berwarna putih
  • Kerabang pada kulit telur berwarna putih

Keunggulan Dalam Beternak Ayam Petelur Layer

Ayam Petelur Layer merupaka ayam yang memiliki produktifitas telur yang sangat tinggi. Telur yang dihasilkan oleh ayam ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari – hari. Olahan yang berbahan dasar dari telur ayam layer ini sangat lah banyak. Kini banyak peternak yang mencoba mengembangkan ayam petelur layer sebagai bisnis ternak yang paling menguntungkan karena memang benar bahwa ayam ini memiliki laju pertumbuhan telur yang sangat pesat.

Selain memiliki laju pertumbuhan yang sangat pesat, perawatan pada ayam petelur layer juga relatif mudah. Perbedaannya terdapat pada pemberian pakan, karena ayam layer ini dimanfaatkan sebagai telurnya maka pemberian pakan harus mengandung gizi dan vitamin yang baik agar telur yang dihasilkan memiliki kualitas yang unggul dan siap dipasarkan. Keunggulan – keunggulan dalam beternak ayam petelur layer ini sangat banyak dan pastinya sangat menguntungkan bagi peternak. Adapun keunggulan beternak ayam layer adalah sebagai berikut :

Keunggulan ayam petelur layer : 

  • Ayam petelur dapat memproduksi telur hingga 250 – 280 butir per tahunya
  • Laju pertumbuhan ayam petelur sangatlah cepat
  • Memiliki masa bertelur yang panjang dapat berlangsung selama 13 – 14 bulan hingga ayam berumur 19 – 20 bulan
  • Memiliki kemapuan dalam memanfaatkan rasum pakan yang sangat baik dan berkolerasi secara positif

Walaupun ayam petelur layer dapat memproduksi telur hingga berumur 19 – 20 bulan tetapi ayam layer ini masih produktif dalam menghasilkan telur. Karena ayam peterlur ini tidak memiliki sifat mengeram jadi peternak dapat memanen telur pada ayam layer dalam jangka waktu yang lama. Pada ayam petelur dapat memproduksi telur saat menginjak umur 4,5 – 5 bulan, bobotnya dapat mencapai 1,6 – 1,7 kg.

Dengan adanya DOC bibit ayam petelur ini maka kebutuhan akan telur ayam tidak membludak lagi. Telur ayam memang banyak di sukai oleh kalangan masyarakat baik kalangan ke atas, menengah ataupun ke bawah. Telur ayam memiliki cita rasa yang lezat dan enak.Telur merupakan bahan pangan yang mengandung protein hewani yang cukup banyak dan banyak disukai oleh semua kalangan. Kandungan gizi dan vitamin yang terdapat pada telur sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Saat ini banyak orang yang mengkreasikan telur ayam menjadi berbagai jenis makanan yang pastinya dapat menggugah selera. Contohnya seperti telur geprek, telur oseng kuah, balado telur, semur telur dan masih banyak lagi kreasi makanan berbahan dasar telur. Selain itu, telur ayam juga sering di gunakan untuk campuran membuat cake atau roti, tanpa telur maka roti tidak akan mengembang dan halus. Jadi kesimpulannya telur memang diperlukan dan dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat.

Ayam Petelur Layer
Ayam Petelur Layer
Baca juga : Kebutuhan Nutrisi Bibit atau Anakan Ayam Petelur Dari Fase Starter Hingga Layer

Pertumbuhan Penduduk Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Meningkatnya penduduk mempengaruhi permintaan telur yang semakin tinggi dan kebalikannya stok telur semakin sedikit. Adanya peristiwa tersebut maka beternak ayam petelur layer akan menjadi peluang yang bagus bagi sebagian orang yang sadar akan adanya peristiwa tersebut. Dengan manajemen yang benar dan perawatan yang baik maka insyaaAllah usaha beternak ayam petelur layer akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Untuk harga ayam petelur layer di setiap daerah memang berbeda tergantung dengan permintaan pasar di wilayah tersebut. Selain itu harga juga bisa sewaktu-waktu berubah.

Harga  DOC atau Bibit Ayam Petelur= 7.500/ekor

*harga sewaktu-waktu bisa berubah*

DOC atau Bibit Ayam Petelur Layer
DOC atau Bibit Ayam Petelur Layer

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk beternak bibit ayam petelur ?

Apabila Anda tertarik untuk beternak ayam petelur ini kami dari hobiternak.com menyediakan bibitnya atau DOC usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah di Pulau Jawa yang terjangkau dengan kargo hewan. Silahkan hubungi no whatsapp kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Email :hobiternakmail@gmail.com

Kata terkait :
pengertian ayam layer, doc layer, ayam layer, bibit ayam petelur layer, ayam petelur layer, harga doc ayam petelur layer
*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 4 votes
Produsen
Hobiternak.com
Nama Produk
DOC atau Bibit Ayam Petelur
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

2 thoughts on “Harga Jual DOC atau Bibit Ayam Petelur Layer Terbaru Serta Keunggulan dalam Ternak Ayam Petelur Layer”

  1. Pingback: Pemberian Pakan Ayam Petelur Berkualitas Penunjang Produktifitas Telur Berkali lipat

  2. Pingback: Usaha Ternak bebek Petelur Bisa Menjadi Tambahan Penghasilan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.