5 Ciri-ciri DOC Ayam Dehidrasi (Kekurangan Cairan)

Dehidrasi adalah istilah dimana organ tubuh sedang mengalami kekurangan cairan sehingga bisa mengakibatkan gangguan organ. Dehidrasi bisa terjadi pada ayam dan tentu saja bisa juga pada semua makhluk hidup di dunia ini.

Peternak yang tidak memberikan air minum yang cukup, DOC akan kehausan dan jika dibiarkan terlalu lama bisa dehidrasi. Ayam yang dehidrasi mengakibatkan ayam menjadi sakit bahkan bisa mengalami kematian.

Biasanya penyebab kenapa DOC bisa dehidrasi karena peternak tidak begitu memperhatikan air minum yang tersedia di kandang. Saat air minum di kandang habis peternak tidak segera mengisi ulang kembali.

DOC ayam membutuhkan air minum yang cukup untuk menunjang pertumbuhan | image 1
DOC ayam membutuhkan air minum yang cukup untuk menunjang pertumbuhan | image 1

DOC yang dehidrasi biasanya muncul ciri-ciri sebagai berikut :

1. Kulit mengerut

Air yang berfungsi untuk menjaga kelembapan, kekenyalan dan elastisitas pada kulit namun tidak terpenuhi dengan maksimal maka kulit akan mengerut.

Ini bisa terjadi pada DOC juga, jika DOC mengalami dehidrasi maka ciri-cirinya yaitu kulit menjadi mengerut, kering dan bersisik.

2. Ayam lemas

Peredaran darah yang tidak lancar akibat kekurangan air mineral di tubuh bisa membuat DOC menjadi lemas dan lesu.

Biasanya jika DOC sudah terpenuhi asupan makanan dan air minum yang cukup maka akan bergerak lincah dan aktif.

DOC akan berlari-lari di dalam kandang dan bersuara aktif. DOC yang bersuara nyaring juga menjadi ciri DOC yang baik.

Baca Juga!  Sebenarnya Sayap Ayam Itu Fungsinya Buat Apa Sih???

3. Otot akan menghitam

DOC yang ototnya tiba-tiba menghitam maka bisa dipastikan bahwa DOC tersebut sedang dehidrasi. Biasanya otot ayam berwarna hijau atau kemerahan.

Maka dari itu jika sudah menghitam lakukan penanganan segera.

4. Kulit menjadi pucat

DOC yang kekurangan air di tubuhnya maka kulitnya akan berubah menjadi pucat.

Karena air menjadi faktor yang cukup penting dalam peredaran darah, maka jika DOC kekurangan air maka kulit menjadi tidak berseri atau bisa dikatakan berwarna pucat.

5. Muncul berbagai penyakit

DOC ayam yang dehidrasi dan tidak segera ditangani biasanya akan muncul berbagai penyakit. Baik itu penyakit dalam ataupun penyakit luar pada bagian tubuhnya.  

Ini cukup berbahaya bagi kelangsungan hidup si ayam.

Baca juga :

Dehidrasi pada DOC ayam yang tidak segera ditangani akan mengakibatkan ayam mati | image 2
Dehidrasi pada DOC ayam yang tidak segera ditangani akan mengakibatkan ayam mati | image 2

Tips Mengatasi DOC Ayam yang Dehidrasi

1. Memberikan minuman yang cukup

Penyebab DOC dehidrasi yaitu air minum yang kurang di dalam tubuhnya. Maka dari itu sebaiknya peternak selalu mengecek ulang air minum yang ada di dalam kandang.

Jika air minum sudah mulai habis, segera isi ulang. Pastikan juga air minum yang diberikan tidak kotor dan berasal dari sumber mata air yang bersih.

2. Suhu kandang ideal

DOC dehidrasi juga bisa disebabkan oleh suhu kandang yang tidak ideal bisa terlalu panas atau terlalu dingin.

Nah, dengan seperti itu maka untuk menghindari DOC bisa terjadi dehidrasi maka peternak harus selalu mengecek apakah suhu di dalam kandang sudah ideal atau belum.

Anda bisa cek suhu kandang yang ideal untuk ayam di artikel berikut : Berapa Suhu Ruangan yang Ideal untuk Kandang Ayam?

Baca Juga!  Simak Harga Terbaru Ayam JOPER Pengiriman ke Padang

Suhu ideal atau tidak bisa di lihat dari tingkah laku DOC di dalam kandang. Jika DOC menyebar secara merata di dalam kandang maka suhu sudah pas dan DOC nyaman.

Namun sebaliknya, jika suhu tidak ideal maka DOC akan berkerumun di satu titik di dalam kandang misal di pojokan atau di tengah-tengah.

Indikator kenyamanan DOC ayam di dalam kandang | image 3
Indikator kenyamanan DOC ayam di dalam kandang | image 3

3. Pisahkan DOC yang dehidrasi ke kandang lain

Jika ke dua cara di atas sudah dilakukan maka peternak bisa melakukan pemisahan DOC yang sudah mengalami dehidrasi ke kandang atau tempat lain.

Hal ini tujuannya agar DOC yang dehidrasi bisa diberikan perawatan yang lebih intensif.

Memang bisa dikatakan bahwa beternak ayam dari usia DOC atau anakan membutuhkan effort yang lebih tinggi dibandingkan beternak pada usia remaja atau dewasa.

Peternak harus lebih peka dan sigap untuk menghadapi semua hal yang akan terjadi saat proses beternak ayam berlangsung. 

Apalagi 3 minggu pertama, karena 3 Minggu Pertama Masa Keemasan Bagi Ternak Unggas khususnya ayam. 

Masa keemasan pada ternak ayam yaitu 3 minggu, jadi pada 3 minggu pertama harus diberikan perawatan yang maksimal | image 4
Masa keemasan pada ternak ayam yaitu 3 minggu, jadi pada 3 minggu pertama harus diberikan perawatan yang maksimal | image 4

Mengapa air minum ayam harus diganti setiap hari?

Air minum ayam harus diganti setiap hari karena untuk menghindari air yang sudah kotor akibat kotoran ayam ataupun bekas pakan yang berserakan di dalam kandang.

Berapa kali sehari memberi makan ayam?

Untuk pemeliharaan sistem intensif, peternak bisa memberikan pakan sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Namun jika Anda menggunakan sistem umbaran, pemberian pakannya bisa saat pagi hari saja.

Apa itu air alkali untuk ayam?

Air alkali yaitu campuran dari bahan-bahan khusus yang bisa digunakan untuk menetralkan virus dan berbagai bakteri jika di minum oleh ayam.

Baca juga : Tips Mencegah Penyakit Pada Ayam atau Bebek Dengan Air Alkali

Baca Juga!  Cara Mengobati Kaki Burung Kenari yang Terserang Penyakit Jamur

Dengan mempelajari atau mencari ilmu di peternak senior, internet, youtube ataupun membaca di buku, bisa menjadi bekal yang cukup bagus sebelum memutuskan untuk membuka usaha ternak ayam. 

Dan apabila Anda sedang mencari DOC ayam kami dari hobiternak.com menyediakan. Ada DOC ayam joper, ayam petelur, ayam kub, ayam broiler, ayam elba, ayam pejantan, ayam arab dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Pengiriman menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor layanan pelanggan di bawah ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (7 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA