5 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula

Ayam Kampung Super atau biasa masyarakat menyebutnya sebagai ayam JOPER atau Jowo Super merupakan salah satu jenis ayam kampung yang berasal dari persilangan. Karena berasal dari persilangan antara ayam bangkok jantan dengan ayam petelur betina jenis Isa brown membuat ayam joper ini memiliki berat dan masa panen yang singkat. 

Masa panen ayam joper ini berlangsung selama 60 hari saja, dengan bobot  mulai dari 0,8 hingga 1,1 kg/ ekornya. Postur tubuhnya yang lebih seragam, rasa dagingnya yang seperti ayam kampung serta lebih tahan terhadap penyakit. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya tak mengherankan bila masyarakat mulai beralih memelihara ayam kampung super dibandingkan ayam kampung biasa atau ayam potong/ broiler. 

5 Hal Penting Sebelum Beternak Ayam Kampung Super bagi Pemula | gambar 1
5 Hal Penting Sebelum Beternak Ayam Kampung Super bagi Pemula | gambar 1

Daya Tarik Masyarakat terhadap Ayam JOPER

Saat ini ayam super atau ayam joper telah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di Indonesia. Begitu kuatnya magnet Ayam Kampung Super sehingga banyak masyarakat yang tidak mempunyai kemampuan beternak ayam yang memadai dan modal berbondong – bondong untuk berusaha belajar beternak ayam super. 

Sebenarnya hal tersebut dapat dimaklumi karena masyarakat melihat peluang bisnis ayam super ini masih memiliki peluang yang tinggi. Sehingga bisnis ini masih menjanjikan untuk diterapkan bagi peternak khususnya untuk peternak pemula. 

Daya tarik masyarakat terhadap ayam JOPER semakin meningkat | gambar 2
Daya tarik masyarakat terhadap ayam JOPER semakin meningkat | gambar 2

Perlu diketahui bahwa dalam pemeliharaan ayam super ini juga perlu mempertimbangkan faktor resiko seperti wabah penyakit dan harga pakan yang cukup tinggi. Di samping itu persaingan dengan ayam potong yang harganya lebih murah juga bisa menjadi kendala. Hal lain yang menjadi kendala adalah minimnya pengetahuan dalam memelihara ayam kampung super dan belum mengetahui jaringan pemasaran ayam kampung super.

Baca juga !

Apa saja hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum beternak Ayam Kampung Super ? 

Sebelum beteranak ayam super ini peternak perlu mengetahui beberapa hal sebelum beternak. Hal ini dilakukan agar peternak dapat mengatispasi hal – hal yang tidak diinginkan. Sehingga pada saat terjadi, peternak sudah memiliki ilmu yang mumpuni untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun poin dan penjelasannya terbagi menjadi 5 point sebagai berikut ini : 

1.Mempersiapkan Ilmu Pengetahuan tentang beternak Ayam Kampung Super 

Dalam beternak ayam super atau ayam JOPER peternak harus memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni di bidang peternakan. Terutama pada peternak pemula yang akan mencoba memulai usaha. Kendala minimnya pengetahuan beternak ayam kampung super dapat ditanggulangi dengan cara belajar pada peternak profesional, banyak membaca buku tentang beternak ayam kampung super atau dapat search di google. Peternak juga dapat belajar analisa usaha ayam joper 1000 ekor. Jika dirasa masih terlalu tinggi peternak dapat mencoba ternak ayam joper 500 ekor dahulu. 

Kami juga menyediakan Buku Beternak JOPER dengan harga terjangkau | gambar 3
Kami juga menyediakan Buku Beternak JOPER dengan harga terjangkau | gambar 3

Dengan demikian masyarakat bisa mengetahui tentang luas kandang yang dibutuhkan, pemeliharaan pada fase starter, grower dan finisher serta berbagai macam tempat pakan dan minum. Selain itu peternak juga dapat mengetahui bagaimana cara membuat ramuan tradisional untuk menunjang pertumbuhan ayam. 

2. Persiapkan Modal Usaha 

Berbicara mengenai modal usaha, tentu harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Karena dengan modal usaha inilah peternak dapat memaksimalkan ternak ayam dengan sebaik mungkin. Modal utamanya ada dengan pembelian pakan, kebutuhan pakan ayam joper per 100 ekor dapat menghabiskan sekiar 4 sak pakan. Harga pakan ayam joper per karung dapat berbeda – beda tergantung pada harga di daerah masing – masing. 

Baca juga !

Modal usaha ini dapat digunakan untuk pembuatan kandang ayam joper, pembelian DOC ayam super, alat – alat pendukung peternakan, pakan ayam, vaksin, vitamin dan lain sebagainya. Untuk ukuran kandang ayam joper 100 ekor, peternak dapat membuatnya dengan bahan bambu. Karena pembuatan kandang dengan bambu dirasa memiliki harga yang terjangkau. Kandang ayam joper pun dapat berupa kandang ayam joper panggung dan kandang postal. 

3. Mengantisipasi terjadinya serangan wabah Penyakit

Dalam memelihara ayam kampung super, faktor resiko terjadinya wabah penyakit juga diantisipasi dengan menerapkan sanitasi yang tepat dan ventilasi kandang yang benar agar ayam yang kita pelihara dapat terhindar dari resiko terjangkit penyakit. Kandang yang baik, diusahakan menghadap ke timur agar cukup mendapat sinar matahari. Hal tersebut cukup penting karena kandang yang kering akan mengurangi resiko terjangkitnya penyakit.

Cara mencegah agar ayam tidak mudah terserang penyakit yakni dengan memperhatikan kebersihan kandang, kualitas pakan yang baik dan memberikan vaksin serta vitamin | gambar 4
Cara mencegah agar ayam tidak mudah terserang penyakit yakni dengan memperhatikan kebersihan kandang, kualitas pakan yang baik dan memberikan vaksin serta vitamin | gambar 4

Selain itu peternak juga perlu mempelajari jenis vaksin dan cara vaksinasi terhadap ayam. Vaksinasi dilakukan untuk mencegah ayam terkena penyakit. Hal lain yang juga penting yaitu pemberian multivitamin atau suplemen yang dapat menjaga stamina ayam tetap prima. Perlu diketahuai bahwa penyebab ternak ayam joper rugi juga dapat berasal dari masa pemeliharaan yang kurang tepat tanpa. Kerugian ternak ayam joper dapat juga diakibatkan adanya menejemen yang tidak sesuai dengan standar. 

4. Harga Pakan yang Mahal 

Beberapa peternak mengalami kendala pada harga pakan ayam super yang mengalami kenaikan. Harga pakan yang tinggi dapat diantisipasi dengan memberikan pakan campuran atau tambahan. Adapun pakan tambahan tersebut dapat berupa.

Dedak, bekatul, jagung giling, beras merah giling, berbagai jenis tepung seperti tepung tulang, tepung daging, tepung darah, tepung bekicot dan tepung hijauan seperti tepung lamtoro. Disamping itu ada minyak ikan, bungkil kelapa dan bungkil kacang hijau.

Voer atau konsentrat memiliki gizi dan bitamin yang cocok dan sesuai dengan pertumbuhan ayam kampung. | gambar 5
Voer atau konsentrat memiliki gizi dan bitamin yang cocok dan sesuai dengan pertumbuhan ayam kampung. | gambar 5

Dengan menggunakan pakan alternatif atau pakan tambahan tersebut, peternak diharapkan dapat menekan biaya pakan dan memberikan kemudahan dalam mendapatkannya. Beberapa bahan pakan tersebut dapat kita formulasikan menjadi pakan ternak siap pakai. Namun pemakaian bahan pakan tambahan tersebut diatur sehingga hanya sekitar 10% dari total pakan ternak yang dianjurkan.

Baca juga ! 

5. Mempersiapkan jaringan pemasaran Ayam Kampung Super 

Saat ini banyak peternak penghasil DOC ayam kampung super yang mau menampung hasil panen dalam jumlah yang tidak terbatas sesuai dengan kapasitas yang dimiliki peternak ayam kampung super. Sehingga peternak ayam kampung super tidak perlu khawatir dalam memasarkan ayam kampung super yang dihasilkannya.

Selain itu peternak juga dapat memasarkan hasil panen ayam super di beberapa restaurant, warung makan, hotel dan juga catering. Hal ini dikarenakan daging ayam super menjadi salah satu bahan pokok bagi masyarakat di Indonesia.

Sebelum memulai beternak, peternak juga perlu mengamati pangsa pasar yang terdapat di wilayah terdekat. Agar target pemasaran dapat tercapai dengan maksimal | gambar 6
Sebelum memulai beternak, peternak juga perlu mengamati pangsa pasar yang terdapat di wilayah terdekat. Agar target pemasaran dapat tercapai dengan maksimal | gambar 6

Bagaimana ? Anda tentu tertarik bukan untuk mengembangkan usaha ternak ayam kampung super ini. Nah bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan bisnis ternak ayam ini. Silahkan dapat dipesan DOC atau bibinya ditempat kami.

Kami menyediakan berbagai jenis bibit ayam seperti DOC Ayam JOPER, DOC Ayam Arab Petelur, DOC Ayam Pedaging Broiler, DOC Ayam Kampung Asli, dan DOD Bebek.

Pengiriman dapat kami kirimkan hingga keseluruh wilayah Indonesia dengan harga terjangkau dan tentunya dengan kargo hewan terpecaya. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk pemesananya :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : ternak ayam joper rugi, kerugian ternak ayam joper, kandang ayam joper, ukuran kandang ayam joper 100 ekor, analisa usaha ayam joper 1000 ekor, ternak ayam joper 500 ekor, kebutuhan pakan ayam joper per 100 ekor, kandang ayam joper panggung

**Yuni Ambarwati**

Image Sources :

  • gambar 1: Admin 2 hobiternak.com
  • gambar 2: Admin 2 hobiternak.com
  • gambar 3: Admin 1 hobiternak.com
  • gambar 5: Pinterest.com
  • gambar 6: gambar 6 : facebook.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: