Ayam Kampung Super

5 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula

5 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula

Ayam Kampung Super mungkin bagi sebagian masyarakat belum begitu familiar dibandingkan ayam kampung biasa. Postur tubuhnya yang lebih seragam, rasa dagingnya yang mempunyai rasa seperti ayam kampung, lebih tahan terhadap penyakit, mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dan dapat dipanen pada umur 6 minggu. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya tak mengherankan bila masyarakat mulai beralih memelihara ayam kampung super dibandingkan ayam kampung biasa atau ayam potong/ broiler.

Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super

Begitu kuatnya magnet Ayam Kampung Super sehingga banyak masyarakat yang tidak mempunyai kemampuan beternak ayam yang memadai mau menyediakan modal dan mau belajar beternak ayam kampung super. Sebenarnya hal itu bisa dimaklumi karena masyarakat melihat peluang dibisnis ini masih cukup menjanjikan dan daya saing masih rendah sehingga memunculkan spekulasi jika bisnis ini pasti menguntungkan.

Namun masyarakat juga perlu mempertimbangkan faktor resiko seperti wabah penyakit, harga pakan yang mahal dan permintaan yang terkadang tidak stabil. Di samping itu persaingan dengan ayam potong yang harganya lebih murah juga bisa menjadi kendala. Hal lain yang menjadi kendala adalah minimnya pengetahuan dalam memelihara ayam kampung super dan belum mengetahui jaringan pemasaran ayam kampung super.

Apa hal yang perlu diperhatikan sebelum beternak Ayam Kampung Super?

Berikut 5 Hal yang perlu diperhatikan Sebelum Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula:

  1. Minimnya pengetahuan tentang beternak ayam kampung superbeternak ayam kampung super

Kendala minimnya pengetahuan beternak ayam kampung super dapat ditanggulangi dengan cara belajar pada peternak profesional dan banyak membaca buku tentang beternak ayam kampung super. Masyarakat bisa bertanya tentang luas kandang yang dibutuhkan, pemeliharaan pada fase starter, grower dan finisher, berbagai tempat pakan dan minum, cara membuat ramuan tradisional untuk menunjang pertumbuhan ayam.

   2. Modal usaha yang masih terbatas

Berbicara mengenai modal, sekarang ini pemerintah memberikan keringanan pada usaha kecil dan menengah untuk mendapatkan modal usaha. Dengan meminjam pada suatu bank atau koperasi dengan bunga yang ringan maka masyarakat dapat memulai beternak ayam kampung super.

  3. Resiko terjadinya wabah penyakit

ciri-ciri ayam sakit

ciri-ciri ayam sakit

Dalam memelihara ayam kampung super, faktor resiko terjadinya wabah penyakit juga diantisipasi dengan menerapkan sanitasi yang tepat dan ventilasi kandang yang benar agar ayam yang kita pelihara dapat terhindar dari resiko terjangkit penyakit. Kandang yang baik diusahakan menghadap ke timur agar cukup mendapat sinar matahari. Hal tersebut cukup penting karena kandang yang kering akan mengurangi resiko terjangkitnya penyakit.

Selain itu peternak juga perlu mempelajari jenis vaksin dan cara vaksinasi terhadap ayam. Vaksinasi dilakukan untuk mencegah ayam terkena penyakit. Hal lain yang juga penting yaitu pemberian multivitamin atau suplemen yang dapat menjaga stamina ayam tetap prima. Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

  4. Harga pakan yang mahal

pakan ayam mahal

pakan ayam mahal

Sedangkan pakan ternak yang mahal dapat ditanggulangi dengan pemberian bahan pakan tambahan seperti dedak, bekatul, jagung giling, beras merah giling, berbagai jenis tepung seperti tepung tulang, tepung daging, tepung darah, tepung bekicot dan tepung hijauan seperti tepung lamtoro. Disamping itu ada minyak ikan, bungkil kelapa dan bungkil kacang hijau.

Harga pakan tambahan tersebut diusahakan yang mudah didapat dan secara kontinyu, harganya murah dan dapat saling melengkapi dengan bahan pakan lainnya.

Beberapa bahan dapat kita formulasikan menjadi pakan ternak siap pakai. Namun pemakaian bahan pakan tambahan tersebut diatur sehingga hanya sekitar 10% dari total pakan ternak yang dianjurkan.

   5. Belum mengetahui jaringan pemasaran ayam kampung super

strategi pemasaran ayam kampung super

strategi pemasaran ayam kampung super

Saat ini banyak peternak penghasil DOC ayam kampung super yang mau menampung hasil panen dalam jumlah yang tidak terbatas sesuai dengan kapasitas yang dimiliki peternak ayam kampung super. Sehingga peternak ayam kampung super tidak perlu khawatir dalam memasarkan ayam kampung super yang dihasilkannya.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Harga DOC ayam kampung super pedaging wilayah Sulawesi, budidaya ayam kampung super dengan metode intensif, konsentrat untuk ayam kampung super, mengenal penyakit gumboro pada ayam kampung super, jenis kandang postal untuk ayam kampung super, permasalahan di bidang peternakan, apa hambatan pengembangan sektor peternakan unggas di indonesia, masalah peternakan sapi, cara meningkatkan usaha peternakan

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply