Mengganti Ayam Afkir Petelur, Sebelum Pengeluaran Membengkak

Bagi sebagian peternak tentu ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari hasil panen ayam yang dipelihara. Peternak akan merawat ayam yang dipelihara dengan semaksimal mungkin demi mendapatkan hasil panen yang bagus.

Berbicara mengenai ternak ayam, salah satu jenis ayam yang saat ini banyak dipelihara oleh peternak yaitu jenis ayam petelur.

Kebutuhan telur ayam yang semakin banyak menjadi peluang yang bagus bagi peternak untuk membuka usaha ternak ayam petelur.

Mengapa begitu? Pasalnya para peternak ayam petelur tidak susah-susah untuk mencari pengepul yang mau menerima hasil panennya, karena pangsa pasarnya sangatlah banyak.

Bahkan di jual di masyarakat sekitar pun bisa, karena hampir semua masyarakat pasti membutuhkan telur ayam.

Semakin banyak peternak yang memilih untuk beternak ayam petelur karena pangsa pasarnya yang cukup luas | image 1
Semakin banyak peternak yang memilih untuk beternak ayam petelur karena pangsa pasarnya yang cukup luas | image 1

Dalam beternak ayam petelur ada salah satu informasi yang perlu diketahui oleh peternak, apakah itu??? Yaitu ayam yang sudah afkir atau ayam yang produktivitas nya sudah menurun.

Untuk jenis ayam petelur sendiri bisa disebut afkir jika produktivitas telur yang dihasilkan menurun drastis. Memang sudah wajar bila ayam petelur memasuki usia 2 tahun telur yang dihasilkan menjadi sedikit.

Ciri-ciri ayam petelur sudah afkir yaitu nafsu makan menurun, badan mulai mengecil, jengger pucat atau muncul bintik-bintik, pertumbuhan bulu terganggu dan memperlihatkan kondisi yang lemas.

Lalu sebaiknya apa yang harus peternak lakukan apabila ayam petelur yang dipelihara sudah memasuki masa afkir?? Cek informasinya dibawah ini ya

Ada masa dimana ayam petelur akan menurun produktivitas telurnya dan bahkan tidak bertelur kembali | image 2
Ada masa dimana ayam petelur akan menurun produktivitas telurnya dan bahkan tidak bertelur kembali | image 2

Mengganti Ayam Afkir, Sebelum Pengeluaran Membengkak

Satu-satunya cara apabila ayam petelur yang dipelihara sudah memasuki masa afkir yaitu dengan menjual dan mengganti ayam petelur yang baru dengan produktivitas yang masih tinggi.

Cara ini bisa dikatakan cukup efektif. Peternak bisa memulai dengan memelihara ayam petelur yang masih anakan atau bisa yang sudah berusia remaja siap telur. 

Baca Juga!  Tips Mendapatkan DOC Ayam Petelur yang Berkualitas

Apabila peternak tidak menjual ayam petelur afkir tersebut dan tetap akan menternakkannya maka bisa rugi. Pasalnya peternak tetap harus mengeluarkan biaya untuk membeli pakan.

Biaya pakan yang tinggi namun tidak di imbangi dengan telur yang dihasilkan maka bukannya untung malah buntung.

Jadi sebaiknya apabila ayam petelur sudah afkir, peternak harus langsung menjual ke pengepul dan mengganti ayam petelur yang baru. Idealnya proses pengeluaran ayam petelur yang sudah afkir dilakukan secara serentak, jadi semua ayam afkir di jual.

Jika peternak tidak melakukan pengeluaran ayam afkir secara serentak takutnya bisa menganggu ayam baru yang masih produktif.

Untuk penggantian ayam afkir bisa dilakukan 2 minggu setelah kandang dikosongkan. Pengkosongan kandang ini tidak hanya semata-mata dibiarkan saja, namun peternak harus melakukan pembersihan kandang dan penyemprotan desinfektan ke kandang.

Baca juga : 

Ayam petelur yang sudah tidak berproduksi telur kembali di sebut ayam afkir | image 3
Ayam petelur yang sudah tidak berproduksi telur kembali di sebut ayam afkir | image 3

Cara pembersihan dan penyemprotan kandang yang baru saja di pakai bisa Anda baca dengan klik link artikel berikut “Ternyata Penting, Masa Istirahat Kandang Pasca Panen

Tujuan peternak melakukan pembersihan kandang tersebut adalah agar tidak ada virus atau penyakit yang masih menempel di area kandang.

Sehingga sangat kecil kemungkinan kalau ayam yang baru datang akan sakit dan terjangkit penyakit.

Jadi kesimpulannya, jika ayam petelur sudah berusia 2 tahun dan sudah memasuki masa afkir peternak harus segera menjualnya ke pengepul.

Karena kalau tidak di jual, peternak akan rugi karena harus mengeluarkan biaya untuk membeli pakan.

Sedangkan produktivitias ayam petelur yang sudah afkir akan menurun, jadi peternak tidak bisa mendapatkan keuntungan dari hasil telur tersebut.

Mengganti Ayam Afkir Petelur, sebelum pengeluaran membengkak | infografis
Mengganti Ayam Afkir Petelur, sebelum pengeluaran membengkak | infografis

Peluang usaha ternak ayam petelur saat ini cukup bagus. Telur ayam menjadi salah satu makanan yang sering di olah dan dikonsumasi oleh masyarakat. 

Baca Juga!  PENTING!!! Pencahayaan Ayam Bagi Pertumbuhan

Bagaimana tertarik untuk memelihara ayam petelur? Yukk order sekarang juga..

Kami dari hobiternak.com menjual DOC atau bibit ayam petelur dan pullet ayam petelur ( ayam petelur siap produksi). Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor dibawah ini : 

WHATSAPP/TELPON/SMS

0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (10 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA