Kelinci Rex

Mengetahui 2 Sistem Kandang untuk Kelinci

Mengetahui 2 Sistem Kandang untuk Kelinci

Perlu kita sadari bahwa keberadaan kandang sangatlah dibutuhkan bagi kehidupan hewan, bagaimana tidak dengan adanya kandang hewan akan merasa lebih nyaman, merasa terlindungi saat bahaya sedang mengancam selain itu kandang juga berfungsi sebagai pengatur suhu tubuhnya baik saat cuaca panas maupun dingin. Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan bagi hewan peliharaan kita.

Disamping menguntungkan bagi hewannya keberadaan kandang juga sangat menguntungkan peternak, mereka tanpa perlu merasa khawatir akan keamanan hewannya dengan adanya kandang hewan akan lebih terjaga dan tidak akan berkeliaran. Akan Lebih menguntungkan jika bisa membuatnya sendiri, pembuatan kandang bisa menjadi peluang usaha bagi pembuatnya.

Kelinci Rex

Kelinci Rex

Kandang kelinci juga memiliki beberapa jenis sesuai dengan sistem dan kebutuhan serta jumlah kelinci yang akan dipelihara.

Ada berapa saja sistem kandang untuk kelinci?

Berikut 2 sistem kandang kelinci

  1. Sistem Umbaran

Kandang dengan sistem umbaran adalah jenis kandang yang terbuka agar kelinci dapat bergerak dengan bebas. Dalam umbarannya akan diberi batas berupa pagar bambu yang tinggi supaya kelinci tidak bisa keluar dari batas umbaran tersebut. Pada sebagian tempat umbaranya diberi tempat yang berguna untuk tempat istirahat dan berteduh saat hujan. Dengan kandang umbaran kelinci juga bisa mendapat makanan tambahan.

Kandang Sistem Umbaran

Kandang Sistem Umbaran

  1. Sistem Tertutup

Kandang sistem tertutup termasuk kandang dengan sistem intensif. Sistem kandang tertutup ini biasa diterapkan bagi peternak yang memang mengarahkan budidayanya tersebut sebagai tujuan usaha. Kandang ini akan lebih melindunginya dari gangguan manusia maupun binatang lainnya yang dapat masuk ke kandang umbaran. Kandang sistem tertutup memiliki dua jenis yaitu :

a. Kandang Postal

Kandang postal adalah kandang yang dibuat untuk mengawinkan antara kelinci betina dan kelinci jantan. Dalam satu kandang diisi kelinci sepasang dengan tujuan untuk dikawinkan agar dapat memperbanyak jumlahnya. Kandang ini berbentuk persegi panjang, dengan atap terbuat dari kayu, dinding sebelah kiri, kanan dan belakang, kandang dibuat dari kayu, pada bagian depan dibuat dari kawat strimin, alas dibuat dari kayu dan disetiap sudutnya diberi kaki yang terbuat dari kayu dengan panjang 50 cm.

Kandang Kelinci Tipe Postal

Kandang Kelinci Tipe Postal

 b. Kandang Baterai

Kandang baterai merupakan kandang yang sifatnya bertingkat atau bersusun. Dalam satu tempat hanya diisi oleh satu ekor kelinci saja. biasanya tipe kandang ini digunakan untuk pembesaran. Pada bagian alas-alasnya biasanya terbuat dari triplek atau kayu yang tipis, bagian kanan, kiri dan belakang juga terbuat dari triplek atau kayu, atap terbuat dari kayu dan pada bagian dinding dibuat dari bahan kawat strimin. Tipe kandang baterai bisa diletakkan didalam ruangan maupun diluar ruangan. Sebaiknya bila diluar ruangan pilihlah atap dan dinding yang lebih tebal agar saat cuaca kurang baik kondisi tubuhnya tetap terjaga.

Kandang Kelinci Tipe Baterai

Kandang Kelinci Tipe Baterai

Itulah sedikit penjelasan tentang sistem kandang untuk memelihara kelinci. Sebelum memeliharanya kita harus mengetahui jenis kandang yang sesuai dengan jumlah kelinci yang akan dipelihara.

Jika anda menginginkan kelinci, di jualayamhias.com menyediakan kelinci dengan berbagai jenisnya. Silahkan hubungi kami segera di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888 

Kata Terkait :

Kandang Kelinci, Sistem Kandang Kelinci, Usaha Ternak Kelinci Hias, Usaha Ternak Kelinci Pedaging, Tipe Kandang Kelinci, Jual Kelinci, Ternak Kelinci Hias, Ternak Kelinci Pedaging, Peternak Kelinci, Harga Kelinci

 

Leave a Reply