11 Cara Mengetahui Ciri-Ciri Fisik Kelinci

11 Cara Mengetahui Ciri-Ciri Fisik Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia yang terdapat banyak dibumi. Kelinci adalah sejenis hewan liar yang banyak ditemukan di Afrika hingga daratan Eropa. Asal kata kelinci yaitu berasal dari bahasa Belanda konijntje yang berarti anak kelinci.

Pada saat itu masyarakat Indonesia mulai mengenal kelinci pada masa kolonial Belanda, pertama kali ditemukan kelinci sumatera spesies asli yang berasal dari Pulau Sumatera itu ditemukan pada tahun 1972.

Hingga saat ini dari berbagai jenis kelinci, dipelihara sebagai kelinci liar dan kelinci peliharaan, kelinci yang paling besar didunia adalah jenis kelinci Continental Giant. Jenis keinci ini adalah jenis kelinci pedaging.

Continental Giant
Continental Giant

Di Indonesia banyak terdapat kelinci, yaitu jenis kelinci jawa dan kelinci sumatera. Kelinci jawa keberadaannya masih ada dan diyakini hidup hutan-hutan sekitar wilayah Jawa Barat, warna bulu khasnya yaitu berwarna cokelat perunggu kehitaman. Ekor berwarna jingga dan ujungnya berwarna kehitaman, berat badan untuk dewasa bisa mencapai 4 kg. Sedangkan kelinci sumatera adalah kelinci asli Indonesia ini hidupnya di pegunungan-pegunungan di wilayah Sumatera, panjang badannya mencapai 40 cm, warna bulunya kelabu cokelat kekuningan, kelinci sumatera adalah jenis kelinci liar.

Dari jenis bulunya terdapat dua jenis bulu panjang dan bulu pendek dengan warna yang agak kekuningan. Saat musim dingin tiba warna kekuningan tersebut berubah menjadi kelabu.

Kelinci Rex Jantan
Kelinci Rex Jantan

Bukan hanya mengetahui awal kelinci ditemukan, akan tetapi kita juga perlu mengetahui ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh kelinci. Jika kita belum pernah melihatnya dengan mengetahui ciri-ciri fisiknya kita bisa membayangkan bentuk tubuh yang dimiliki oleh kelinci. Dengan pengetahuan tersebut kita bisa mengenalinya jika suatu saat kita bertemu dengan kelinci.

Lalu apa saja ciri fisik yang dimiliki oleh kelinci?

Berikut beberapa ciri fisik yang dimiliki oleh kelinci

  1. Telinga berbentuk tegak dan bersih
  2. Mata bersinar dan bulat
  3. Hidung kering dan bersih
  4. Mulut kuat dan kering
  5. Punggung memiliki bulu yang panjang dan bersih
  6. Terdapat bulu diseluruh tubuhnya
  7. Memiliki kelenjar susu
  8. Ekor tegak dan kering
  9. Anus Kering
  10. Memiliki gigi yang tumbuh secara terus menerus
  11. Memiliki berbagai warna sesuai dengan jenisnya
Kelinci Rex
Kelinci Rex

Namun dari beberapa ciri fisik tersebut, ada beberapa jenis kelinci yang tidak memiiki ciri-ciri seperti diatas, ada beberapa kelinci memiliki telinga yang jatuh, bahkan ada yang jatuh dan panjang sampai menyentuh. Namun secara umum kelinci memang memiliki ciri fisik seperti penjelasan diatas, seperti memiliki bulu diseluruh tubuhnya, mata bulat, memiliki kaki depan dan belakang, memiliki kelenjar susu, memiliki ekor yang tegak. Itulah hal umum yang dimiliki oleh kelinci. Selain itu karena hewan ini adalah hewan mamalia, jadi kelinci adalah hewan yang menyusui.

Kelinci Rex Betina
Kelinci Rex Betina

Itulah sedikit penjelasan mengenai ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh, ciri-ciri tersebut umum dimiliki oleh berbagai kelinci yang ada didunia.

Jika anda menginginkan berbagai jenis kelinci, di jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis kelinci untuk pemesanan silahkan hubungi kami segera di :

SMS/CALL

0812 2028 8686 

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata Terkait :

Kelinci Hias, Kelinci Liar, Kelinci Peliharaan, Kelinci Pedaging, Ternak Kelinci Hias, Ternak Kelinci Pedaging, Fisik Kelinci, Ciri Fisik Kelinci, Jual Kelinci, Harga Kelinci

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: