12 Cara Mengetahui Ciri Fisik dan 7 Sifat Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia yang terdapat banyak dibumi. Kelinci adalah sejenis hewan liar yang banyak ditemukan di Afrika hingga daratan Eropa. Asal kata kelinci yaitu berasal dari bahasa Belanda konijntje yang berarti anak kelinci. Ada 2 jenis kelinci berdasarkan tujuan pemeliharaannya. Yaitu kelinci pedaging dan kelinci hias. Kelinci pedaging yaitu kelinci yang di pelihara untuk di ambil dagingnya atau di konsumsi manusia. Sedangkan kelinci hias yaitu kelinci yang di pelihara hanya untuk sabagai hiasan, hobi ataupun pelepas penat. 

Pada saat itu masyarakat Indonesia mulai mengenal kelinci pada masa kolonial Belanda, pertama kali ditemukan kelinci sumatera spesies asli yang berasal dari Pulau Sumatera itu ditemukan pada tahun 1972.

Untuk kelinci yang paling besar didunia adalah jenis kelinci Continental Giant. Jenis kelinci ini adalah jenis kelinci pedaging.

12 Cara Mengetahui Ciri Fisik dan 7 Sifat Kelinci | Cover
12 Cara Mengetahui Ciri Fisik dan 7 Sifat Kelinci | gambar 1

Persebaran Kelinci di Indonesia

Di Indonesia banyak terdapat kelinci, yaitu jenis kelinci jawa dan kelinci sumatera. Kelinci jawa keberadaannya masih ada dan diyakini hidup di hutan-hutan sekitar wilayah Jawa Barat, warna bulu khasnya yaitu berwarna cokelat perunggu kehitaman. Ekor berwarna jingga dan ujungnya berwarna kehitaman, berat badan untuk dewasa bisa mencapai 4 kg. Sedangkan kelinci sumatera adalah kelinci asli Indonesia ini hidupnya di pegunungan-pegunungan di wilayah Sumatera, panjang badannya mencapai 40 cm, warna bulunya kelabu cokelat kekuningan, kelinci sumatera adalah jenis kelinci liar. 

Dari jenis bulunya terdapat dua jenis bulu panjang dan bulu pendek dengan warna yang agak kekuningan. Saat musim dingin tiba warna kekuningan tersebut berubah menjadi kelabu.

Baca juga !

Saat ini Kelinci menjadi salah satu jenis hewan yang mulai banyak diternakkan, baik sebagai penghasil daginng mupun sebagai hiasan | gambar 2
Saat ini Kelinci menjadi salah satu jenis hewan yang mulai banyak diternakkan, baik sebagai penghasil daginng mupun sebagai hiasan | gambar 2

Bukan hanya mengetahui awal kelinci ditemukan, akan tetapi kita juga perlu mengetahui ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh kelinci. Jika kita belum pernah melihatnya dengan mengetahui ciri-ciri fisiknya kita bisa membayangkan bentuk tubuh yang dimiliki oleh kelinci. Dengan pengetahuan tersebut kita bisa mengenalinya jika suatu saat kita bertemu dengan kelinci. Lalu apa saja ciri fisik yang di miliki oleh kelinci ?

Ciri – ciri Fisik yang dimiliki oleh Kelinci 

  1. Telinga berbentuk tegak dan bersih. Ada juga jenis kelinci yang telinganya mengarah ke bawah atau jatuh.
  2. Matanya bersinar dan berbentuk bulat
  3. Hidung kering dan bersih
  4. Mulut kuat dan kering
  5. Punggung memiliki bulu yang panjang dan bersih
  6. Terdapat bulu diseluruh tubuhnya
  7. Memiliki kelenjar susu di sekitar perutnya
  8. Ekor tegak ke atas dan kering
  9. Anus Kering (tidak lembab)
  10. Memiliki gigi yang tumbuh secara terus menerus. Dan pada bagian depan ukurannya lebih besar.
  11. Ukuran tubuh kelinci mirip seperti kucing, namun agak kecil sedikit
  12. Memiliki berbagai warna sesuai dengan jenisnya

Namun dari beberapa ciri fisik tersebut, ada beberapa jenis kelinci yang tidak memiliki ciri-ciri seperti diatas, ada beberapa kelinci memiliki telinga yang jatuh, bahkan ada yang jatuh dan panjang sampai menyentuh tanah.

Baca juga !

Namun secara umum kelinci memang memiliki ciri fisik seperti penjelasan diatas, seperti memiliki bulu diseluruh tubuhnya, mata bulat, memiliki kaki depan dan belakang, memiliki kelenjar susu, memiliki ekor yang tegak. Itulah hal umum yang dimiliki oleh kelinci. Selain itu karena hewan ini adalah hewan mamalia, jadi kelinci adalah hewan yang menyusui.

Kelinci adalah hewan yang sering di pelihara oleh manusia karena keunikan dan kelucuannya | gambar 3
Kelinci adalah hewan yang sering di pelihara oleh manusia karena keunikan dan kelucuannya | gambar 3

Nahh, setelah mengetahui ciri-ciri fisik kelinci. Mari kita bahas mengenai ciri-ciri kelinci berdasarkan sifatnya.

Ciri – ciri Kelinci berdasarkan sifatnya 

1. Kelinci senang dengan tempat yang sejuk dan juga tenang

Memang kelinci itu senang tempat yang tenang. Jika kelinci berada di tempat yang ramai atau berisik maka ia akan gelisah dan stress. Akibatnya nafsu makan akan menurun dan lebih parahnya bisa mati.

2. Makanan kelinci

Kelinci sangat suka dengan sayur-sayuran, biji-bijian atau rerumputan. Jadi, jika Anda pelihara kelinci berilah ke tiga jenis makanan tersebut. Pasti kelinci Anda akan suka dan lahap makan.

Kelini suka makanan jenis sayur-sayuran, rumput dan biji-bijian | gambar 4
Kelini suka makanan jenis sayur-sayuran, rumput dan biji-bijian | gambar 4

3. Hobi melompat/meloncat

Memang kelinci itu suka melompat, hal tersebut adalah cara mereka berjalan. Terlihat menggemaskan jika saat kelinci sedang melompat.

4. Menandai area kekuasaan

Jika kelinci sudah merasa nyaman dan senang berada di tempat yang sedang ia tinggali, maka ia akan membuat tanda bahwa tempat tersebut adalah area dia. Tanda yang di buat kelinci yaitu dengan air kencingnya dan kotorannya.

Kesehatan kelinci akan selalu tetap terjaga dengan memperhatikan kebersihan kandang dan lingkungan sekitar
Kesehatan kelinci akan selalu tetap terjaga dengan memperhatikan kebersihan kandang dan lingkungan sekitar

5. Menggerakkan telinga

Kelinci memang memiliki sifat sering menggerakkan telinga. Menggerakkan telinga ini bukan tidak ada tujuan namun ia sedang mengatur suhu tubuh baik saat cuaca dingin atau panas. Selain itu juga, ia sedang mendeteksi apakah ada bahaya atau tidak.

Baca juga !

6. Menggerakkan hidung

Cukup sering bukan kita melihat kelinci menggerak-gerakkan hidungnya. Dengan menggerakkan hidungnya itu ia sedang mencium bau sesuatu.

7. Senang menggali tanah

Kelinci suka membuat lubang atau terowongan di bawah tanah.

Itulah sedikit penjelasan mengenai ciri-ciri fisik maupun sifat yang dimiliki oleh kelinci. Ciri-ciri tersebut umum dimiliki oleh berbagai kelinci yang ada didunia. Baik kelinci pedaging atau pun kelinci hias.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat 🙂

Kata terkait : Kelinci Hias, Kelinci Liar, Kelinci Peliharaan, Kelinci Pedaging, Ternak Kelinci Hias, Ternak Kelinci Pedaging, Fisik Kelinci, Ciri Fisik Kelinci, Jual Kelinci, Harga Kelinci

Image Sources :

  • gambar 1: IG : pet_life_norway
  • gambar 2: IG : snugs.bunny
  • gambar 3: IG : anjas_garten_reich
  • gambar 4: delfi.lt
  • gambar 5: pinterest.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: