Bebek Hibrida

Mengenal Bebek Hibrida Ratu Raja Sebagai Bebek Petelur yang Potensial

Mengenal Bebek Hibrida Ratu Raja Sebagai Bebek Petelur yang Potensial

Bebek Hibrida Ratu Raja merupakan bebek hasil persilangan antara Bebek Mojosari dengan Bebek Alabio. Sehingga banyak yang menyebut Bebek Hibrida ini dengan sebutan bebek MA atau Bebek Mojosari-Alabio. Bebek Hibrida sendiri merupakan hasil dari penelitian Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ciawi kota Bogor.

Bebek Hibrida

Bebek Hibrida

Bebek Mojosari dikenal sebagai bebek petelur yang unggul dari daerah Mojokerto Jawa Timur yang mampu memproduksi telur berkisar 200-220 butir/ ekor/ tahun. Berat telur bebek sekitar 65-70 gram per butir. Untuk berat Bebek Mojosari dewasa sekitar 1,7 kg per ekor. Sedangkan Bebek Alabio merupakan bebek yang berasal dari Kalimantan Selatan. Produktivitas telur yang cukup tinggu sekitar 220-250 butir/ ekor/ tahun. Bebek Alabio mempunyai berat berkisar 1,8-2 kg untuk pejantan, sedangkan betina berkisar 1,6-1,8 kg.

Bebek hibrida mempunyai beberapa keunggulan diantaranya:

  1. Mempunyai kekebalan tubuh terhadap penyakit.

  2. Lebih tahan stress dari perubahan cuaca dan suara yang bising.

  3. Mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat.

  4. Mempunyai daging yang lebih tebal dan aromanya tidak terlalu amis.

Ciri khas Bebek Hibrida MA Raja pada saat masih DOD adalah berwarna hitam. Setelah Bebek Hibrida dewasa maka warna bulunya menjadi cokelat kehitaman. Sedangkan Bebek Hibrida MA Ratu saat masih DOD berwarna cokelat, namun setelah dewasa berwarna cokelat kemerahan. Untuk ciri umum Bebek Hibrida Ratu Raja adalah dapat dipanen saat berumur 6 minggu dengan berat sekitar 1,3 kg per ekornya. Produktivitas telur Bebek Hibrida termasuk tinggi sekitar 250 butir/ ekor/ tahun dengan berat hampir 80 gram/ butir.

Telur DOD Bebek

Telur Bebek

Dengan beberapa keunggulan yang dimiliki, maka tidak heran jika masyarakat mulai berpaling memelihara Bebek jenis ini. Salah satu faktor keberhasilan dalam memelihara bebek salah satunya dari faktor bibit atau anakan bebek yang berkualitas. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka diperlukan pemeliharaan dengan sistem intensif. Dengan cara tersebut peternak dapat mengontrol pakan dan minum, pencegahan terhadap penyakit, perlakuan terhadap bebek yang sedang sakit, pemberian multivitamin dan vaksinasi.

Vaksin Bebek

Vaksin Bebek

Telur Bebek Hibrida dapat dijadikan telur tetas apabila dalam pemeliharaannya ada pejantan. Untuk komposisi 1 pejantan untuk 15-20 betina. Dengan produksi telur yang cukup banyak, maka akan menunjang produksi DOD. Sedangkan apabila telur tersebut kurang memenuhi syarat dapat dijadikan telur konsumsi. Telur bebek pada umumnya dapat dijadikan telur asin yang dapat dijadikan sebagai makanan sumber gizi keluarga.

Telur bebek yang dikonsumsi dapat dijadikan telur asin yang mempunyai banyak penggemar. Saat ini telur asin banyak mendapat pesanan dari berbagai rumah makan dan restoran di berbagai penjuru. Telur asin sendiri mempunyai kandungan gizi yang lebih baik jika dibandingkan telur ayam. Dalam 100 gram telur mengandung kalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, vitamin A, B, C, zat besi dan air.

Kami menyediakan DOD bebek dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812 2028 8686
0822-2123-5378

AXIS:
0838-6918-5523

Kata terkait:

Ternak bebek intensif, budidaya bebek lokal, beternak bebek peking, harga jual bebek mojosari, bebek petelur, bebek yang potensial sebagai pedaging dan petelur, pakan bebek, bebek hibrida, bebek petelur dan pedaging

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit Bebek
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply