Musim Pancaroba

Mengatasi Penyakit Coryza Pada Ayam Kampung Super

Mengatasi Penyakit Coryza Pada Ayam Kampung Super

Dari beberapa jenis penyakit yang menyerang pada Ayam Kampung Super, penyakit coryza merupakan penyakit yang mudah menular dan dapat menjangkit pada ayam yang masih anakan hingga yang sudah dewasa namun cenderung menyerang ayam yang berumur lebih dari 15 minggu. Penyakit yang menyerang pada musim pancaroba dan musim hujan ini disebabkan bakteri Haemophilus gallinarum.

Musim Pancaroba

Musim Pancaroba

Beberapa gejala yang menyertai penyakit coryza

Beberapa gejala yang menyertai penyakit ini adalah keluarnya lendir dari hidungnya seperti pilek. Gejala lainnya adalah ayam keluar suara seperti ngorok. Lendir yang keluar dari hidung lama kelamaan kental dan suara yang keluar juga bertambah keras. Selain itu ayam nampak lesu, pembengkakan pada muka. Sehingga ayam terlihat gemuk pada mukanya saja.

Media penularan penyakit coryza

Penularan penyakit ini dapat melalui kontak langsung dengan ayam yang sakit, media tempat pakan dan minum yang telah digunakan oleh ayam yang sakit. Bisa jadi tertular dari orang yang datang ke kandang yang sebelumnya telah ada kontak dengan ayam yang sakit. Untuk mengurangi resiko tertularnya penyakit coryza maka setiap orang yang datang ke kandang tidak boleh bersentuhan langsung dengan ayam.

Penularan penyakit ini tergolong sangat cepat. Biasanya dari masa bertelur hingga ayam terlihat sakit sekitar 1-3 hari. Ayam petelur yang sedang dalam masa produksi, akan mempengaruhi produktivitas karena daya produksi ayam akan turun menjadi 30-40%. Untuk kondisi normal, tingkat produktivitas ayam petelur sekitar 80%. Sehingga bila tidak segera mendapat penanganan dan pengobatan menyebabkan kerugian peternak semakin besar.

Pencegahan penyakit coryza

Cara pencegahan penyakit coryza ini salah satunya dengan melaksanakan manajemen kandang yang baik. Sebagaimana kita ketahui, manajemen kandang diantaranya melaksanakan sanitasi dan ventilasi yang baik, pemberian pakan dan minuman yang bervitamin, pemberian suplemen untuk stamina ayam. Selain itu upaya pencegahan penyakit dengan pemberian vaksinasi coryza. Vaksinasi bertujuan untuk mencegah penyakit menyerang pada Ayam Kampung Super.

Penyakit Coryza

Penyakit Coryza

Pengobatan penyakit coryza

Penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Haemophilus gallinarum ini pengobatannya dengan menggunakan antibiotik. Berbagai jenis obat yang tersedia seperti antisnot kapsul/ powder, coryvit powder, agribon powder dan tetrastrep powder/ kapsul.

Selain itu ayam yang sakit perlu di beri tindakan dengan memindahkan ke kandang karantina. Perlakuan tersebut dimaksudkan agar ayam yang lain tidak tertular penyakit tersebut.

Kata terkait:

Budidaya ayam kampung super dengan metode intensif, peluang usaha pada bisnis pembesaran ayam kampung super, bahan pakan tambahan pada pembesaran ayam kampung super fase grower, perbedaan bobot ayam pada pemeliharaan secara tradisional dan metode intensif, cara penanggulangan penyakit gumboro pada pemeliharaan ayam kampung super, harga bibit atau anakan ayam kampung super, penyakit pada unggas yang disebabkan oleh parasit, penyakit unggas dan pengobatannya pdf, penyakit pada unggas yang disebabkan oleh virus, penyakit pada unggas dan pencegahannya, penyakit pada unggas yang disebabkan oleh bakteri

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply