Ayam Kampung Super

Mengenal Bekicot dan Tepung Ikan Sebagai Salah Satu Bahan Pakan Tambahan Untuk Ayam Kampung Super

Mengenal Bekicot dan Tepung Ikan Sebagai Salah Satu Bahan Pakan Tambahan Untuk Ayam Kampung Super

Pada saat kita memelihara Ayam Kampung Super, kita perlu mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan masalah kandang, pakan, minum, peralatan yang diperlukan dan bibit ayam kampung yang akan kita jadikan sebagai ayam pedaging atau petelur.

Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super

Sebagai bahan pakan utama untuk Ayam Kampung Super berupa konsentrat atau voer yang tersedia di berbagai toko ternak terdekat. Bila ayam yang akan kita pelihara dalam jumlah yang sedikit kemungkinan tidak akan membutuhkan modal yang banyak untuk pengeluaran pakan. Namun jika kita memelihara ayam kampung di atas 500 ekor maka akan terasa bahwa pakan ayam membuat pengeluaran peternak bertambah banyak.

Nah untuk mengatasi mahalnya bahan pakan ternak tersebut, kita bisa mencari bahan pakan tambahan yang ada agar memperkecil pengeluaran pakan. Diantara bahan pakan tambahan yang cukup mudah kita dapatkan disekitar kita adalah bekicot dan tepung ikan.

Kandungan gizi yang terdapat dalam bekicot

Bekicot

Bekicot

Bekicot merupakan salah satu hewan melata yang banyak terdapat di daerah dengan kelembapan rendah. Dibalik penampilannya yang cukup menjijikan bagi sebagian orang ternyata bekicot mengandung banyak zat penting yang dibutuhkan oleh ayam kampung super.

Dalam daging bekicot mengandung protein yang tinggi. Kadar protein dalam bekicot berbeda-beda tergantung dari bentuknya. Jika dalam keadaan basah atau segar, bekicot mengandung 54,3%. Sedangkan bila dalam bentuk kering maka kadar protein akan bertambah menjadi 64,13%. Kadar protein yang paling rendah bila dalam bentuk tepung yaitu 24,8%. Selain daging bekicot, yang bisa kita ambil manfaat dari bekicot yaitu cangkangnya yang dapat digunakan sebagai tepung kapur.

Cara mengolah agar daging bekicot dapat digunakan sebagai berikut:

  1. Daging bekicot dipisahkan dari cangkangnya. Kemudian dicuci yang bersih.

  2. Siapkan 1 liter air dan 75 gram garam. Bekicot yang telah dicuci bersih direndam selama 15 menit.

  3. Setelah mengalami proses perendaman maka daging bekicot dicuci hingga bersih dan rebus selama 20 menit.

  4. Daging bekicot dapat digunakan sebagai bahan pakan tambahan. Untuk penggunaannya tidak melebihi 10% dari total pakan ayam.

Sedangkan bahan pakan tambahan lainnya yang bisa Anda berikan untuk Ayam Kampung Super adalah tepung ikan. Tepung ini berasal dari ikan yang telah diproses terlebih dahulu sehingga bentuknya menjadi tepung. Proses untuk mengubah ikan menjadi tepung dengan menjemur di bawah sinar matahari, pengepresan, pengeringan dan penggilingan dengan menggunakan mesin giling.

Tepung ikan

Tepung ikan

Tepung ikan sendiri banyak mengandung protein tinggi. Pada limbah sisa industri atau sisa limbah rumah tangga setelah dijemur dan dijadikan tepung maka akan menghasilkan protein kasar sekitar 50%. Selain sumber protein yang tinggi, tepung ikan mengandung asam amino yang baik, juga mengandung sumber mineral dan vitamin. Untuk kadar atau kandungan protein tepung ikan dipengaruhi dari jenis ikan. Penggunaan tepung ikan perlu dibatasi tidak melebihi 10% dari total pakan ayam.

Bahan pakan tambahan yang berasal dari bekicot dan tepung ikan akan mengurangi pengeluaran peternak. Dengan demikian maka bisa menekan pengeluaran dan melakukan efisiensi pakan ternak. Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan yang tidak berlebihan dengan tujuan menjaga komposisi sumber gizi tetap seimbang.

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:
Ternak ayam kampung super pedaging, produksi telur ayam kampung super, budidaya ayam kampung super, beternak secara intensif, jenis kandang untuk ayam kampung, pakan untuk ayam kampung super, jadwal vaksinasi untuk ayam kampung super, cara mengatasi berbagai penyakit pada ayam, ayam kampung super petelur, harga jual ayam kampung pedaging, harga ayam potong, harga telur ayam kampung, pengolahan bekicot menjadi pakan ternak, tepung cangkang bekicot, harga tepung bekicot, kandungan cangkang bekicot

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply