Manfaat Jerami

Serba – Serbi Manfaat Jerami yang Patut Kita Ketahui

Bagi masyarakat yang berprofesi sebagai petani, jerami tentu bukan sesuatu yang asing lagi. Namun tahukah anda, ternyata jerami menyimpan manfaat yang banyak sekali khususnya didunia peternakan. Para peternak banyak menggunakan jerami atau damen sebagai makanan sapi dan bisa difermentasi sebagai pakan utama sapi pada proses penggemukan sapi.

Manfaat Jerami

Bagi petani yang tidak mempunyai hewan ternak, kebanyakan hanya ditumpuk dipinggir sawah, setelah kondisi jerami telah kering barulah dibakar. Mereka meyakini bahwa jerami bisa sebagai pupuk kompos.

Dalam bidang peternakan, jerami mengandung banyak manfaat dalam menunjang usaha peternakan. Jerami bukan sebagai limbah pertanian dan pemanfaatnnya kurang maksimal. Untuk itu marilah pada kesempatan kali ini kita akan membahas serba-serbi jerami yang patut kita ketahui.

Sebagai penghangat kandang

Kondisi kandang ternyata ada pengaruhnya terhadap produktivitas bebek petelur. Kandang yang hangat akan merangsang bebek untuk bertelur. Untuk itu bagi peternak bebek petelur, untuk saat ini sebaiknya rajin mengontrol kondisi sekam karena bisa jadi salah satu faktor bebek anda malas bertelur karena alas kandangnya cukup dingin. Jadi jika alas kandang sudah lembab sebaiknya diganti dengan yang baru atau ditambah pada bagian atasnya atau dibolak-balik agar tidak lembab. Salah satu bahan yang cukup murah meriah sebagai alas kandang adalah jerami.

Bahan alas kandang (litter)

Selain sekam, bahan yang bisa dijadikan sebagai alas kandang (litter) adalah jerami. Jerami mempunyai harga yang sangat murah bahkan di pelosok desa. Saat musim panen bisa mengambil di sawah tanpa dikenai biaya. Ketersediaan sepanjang tahun kecuali musim kemarau berkepanjangan sedang melanda. Dengan begitu sangat tepat bila kita menggunakan alas kandang yang terbuat dari jerami.

Mencegah debu bertebaran

Letak kandang berada di wilayah tanah berpasir dan berdebu maka untuk meminimalkan agar debu tidak beterbangan adalah dengan menggunakan jerami sebagai penghambat debu beterbangan. Debu cukup berbahaya karena akan mengakibatkan infeksi saluran nafas (Ispa).

Bahan untuk membuat sarang bebek atau ayam

Para peternak tentu sudah terbiasa menggunakan jerami sebagai bahan untuk membuat sarang. Sarang digunakan sebagai tempat mengerami telur bagi ayam. Bisa juga sebagai alas untuk meletakkan telur bagi bebek. Bebek sendiri termasuk unggas yang penetasannya menggunakan indukan ayam atau mesin penetas telur namun keberadaan jerami cukup penting sebagai tempat untuk meletakkan telur. Boks sarang yang diberi jerami memberikan hasil yang bagus untuk penetasan secara alami apalagi jika bentuknya kerucut.

Bahan untuk amoniasi

Amoniasi adalah proses perlakuan terhadap bahan pakan limbah pertanian (salah satunya jerami) dengan cara menambahkan bahan kimia seperti kaustik soda (NaOH), sodium hidroksida (KOH), Urea CO (NH2)2. hasil amoniasi dapat dimanfaatkan 7 hari dari pembuatan. Proses amoniasi bertujuan untuk mengingkatkan mutu pakan agar berlimpoah dan dapat dimanfaatkan di lain waktu.

Manfaat Jerami
Amoniasi Jerami

Demikian manfaat jerami dalam menjunjang usaha peternakan. Selain manfaat yang telah kami sebutkan sebenarnya masih ada manfaat lainnya.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOD bebek dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
manfaat jerami untuk kesehatan, manfaat jerami padi bisnis, manfaat jerami padi untuk rambut, manfaat jerami bakar, manfaat jerami untuk tanaman, pemanfaatan jerami padi untuk kerajinan, manfaat abu jerami padi, jerami padi adalah,

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: