Makanan Burung Puyuh yang Sering di Berikan Peternak

Sebelum memutuskan untuk memelihara burung puyuh, tentu Anda perlu mengetahui seluk beluk burung puyuh dahulu terkhusus dalam hal pemberian makanan atau pakannya. Makanan burung puyuh adalah salah satu hal yang penting bagi kelangsungan hidup burung puyuh, baik itu untuk mempertahankan hidup, produktivitas serta pertumbuhannya. Pada dasarnya, burung puyuh dipelihara untuk diambil telurnya, maka dari itu makanan atau pakan harus mempunyai kandungan protein, karbohidrat, air, mineral, vitamin dan lemak. Jika salah satu dari kandungan tersebut kurang atau hilang maka akan mengganggu kesehatan dan menurunkan produktivitas telur pada burung puyuh. 

Burung puyuh terkenal akan produktivitas telurnya yang tinggi | popbela.com
Burung puyuh terkenal akan produktivitas telurnya yang tinggi | popbela.com

Berikut kandungan yang harus ada pada makanan burung puyuh :

1. Protein

Protein ini ditujukan sebagai materi penyusun pada jaringan tubuh yang dibentuk seperti otot, kuku, tulang dan sel darah. Pada usia anakan, protein sangat penting untuk mempercepat pertumbuhan, sedangkan saat dewasa protein berpengaruh pada produktivitas telur. Jika kadar protein yang dikonsumsi burung puyuh kurang, dan hal tersebut terus-terusan terjadi maka akan menyebabkan kematian.

2. Karbohidrat

Karbohidrat penting ada pada makanan yang akan di berikan ke burung puyuh karena sebagai sumber energi.

3. Air

Air merupakan unsur anorganik penting yang harus ada di dalam tubuh burung puyuh. Zat yang terkandung pada air digunakan untuk proses metabolisme, pengangkutan zat gizi dan zat khusus, serta dapat mengeluarkan panas tubuh.

4. Mineral

Mineral juga penting ada pada kandungan makanan yang diberikan karena untuk memperkuat tulang pada burung puyuh serta memperkuat cangkang telur.

5. Vitamin

Supaya burung puyuh tetap dalam keadaan sehat dan tetap bergerak aktif, vitamin bisa diberikan kepada burung puyuh. Vitamin adalah senyawa organik yang harus diberikan untuk mebatolisme pada tubuh si puyuh.

6. Lemak

Lemak dapat membantu penyerapan vitamin, menambah efisiensi penggunaan energi, menyediakan asam-asam lemak esensial dan lain sebagainya.

Lalu apa saja jenis pakan atau makanan burung puyuh yang bisa diberikan. Berikut akan kami jelaskan beberapa makanan burung puyuh yang sering diberikan oleh peternak.

Simak informasi dibawah ini !!!

1. Dedak padi

Dedak padi | flickr
Dedak padi | flickr

Dedak padi tentu sudah tidak asing kita dengar. Meskipun hanya limbah, namun didalam bekatul memiliki kandungan protein yang melimpah. Jenis pakan ini yaitu hasil dari penggilingan padi sebelum menjadi beras. Kandungan di dalam dedak padi terdapat sumber energi yang melimpah. Sehingga puyuh akan lebih sehat.

2. Jagung

Jagung | pinterest.it
Jagung | pinterest.it

Kandungan karbohidrat yang ada di biji jagung, membuat para peternak puyuh sering memberikannya. Biasanya tidak hanya jagung saja, namun diberi tambahan lainnya. Karena dari sisi harga, jagung memiliki harga jual yang tinggi.

3. Pelet puyuh

Pelet burung puyuh | bukalapak
Pelet burung puyuh | bukalapak

Saat ini sudah banyak produk pakan burung puyuh kemasan. Di kios atau pakan ternak pasti ada pakan burung puyuh. Kandungan yang terdapat pada pelet puyuh tersebut pasti sudah diatur dan di timbang sehingga kandungan gizinya lengkap.

4. Bungkil kedelai

Bungkil kedelai | bukalapak
Bungkil kedelai | bukalapak

Bungkil kedelai bagus diberikan untuk pakan ternak sebagai campuran pakan. Kandungan nutrisi bungkil kedelai yang banyak membuat burung puyuh menjadi sehat.

5. Bungkil Kelapa

Bungkil kelapa | sikumis.com
Bungkil kelapa | sikumis.com

Untuk menekan biaya pakan yang tinggi, bungkil kelapa sering digunakan sebagai pakan pendampin gtepung jagung dan ikan.

Kata terkait :

6. Tepung Ikan

Tepung ikan | solusiternak.id
Tepung ikan | solusiternak.id

Kandungan yang terdapat pada tepung ikan yaitu asam-asam amino esensial tinggi yang bagus untuk hewan ternak. Karena kandungan minyak yang terdapat dalam tepung ikan 10%, maka jumlah yang dapat dicampur ke ransum tidak boleh melebih batas 10%. 

7. Tepung Cangkang Udang

Tepung cangkang udang | amwksupplier.blogspot.com
Tepung cangkang udang | amwksupplier.blogspot.com

Cangkang udang ini terdiri dari kepala dan kulit, biasayan limbah ini sering ditemui di daerah yang memiliki pabrik krupuk udang atau di daerah pantai. Pemberian cangkang udang akan dapat saling melengkapi kebutuhan protein jika diberikan bersamaan dengan ikan rucah.

8. Minyak Nabati

Minyak nabati | orami.co.id
Minyak nabati | orami.co.id

Minyak nabati adalah sumber energi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan energi dan menambah selera makan hewan ternak. Minyak nabati ini biasanya hanya diberikan sekitar 2-6% dalam ransum. Kompisisi ini cukup untuk membantu jagung dan bungkil kedelai dalam penyedia energi.

9. Pakan komplit butiran ayam pedaging

Makanan burung puyuh anakan sering diberikan jenis pakan ini. Peternak biasanya memberikan pakan komplit butiran ayam pedaging dari usia 1 hari sampai usia 30 hari. Pemberiannya sesuai dengan atura pabrik. 

Bahan makanan atau pakan untuk burung puyuh bisa dipilih dari bahan yang menurut Anda mudah didapat disekitar wilayah Anda. Selain mudah didapat, harga juga perlu di pertimbangkan. Supaya tidak rugi dan tetap mendapatkan keutungan yang banyak, pilihlah bahan pakan yang murah atau terjangkau. Ransum atau campuran beberapa jenis bahan dengan perbandingan yang benar dapat membuat burung puyuh terpenuhi semua gizinya.

Memiliki postur tubuh yang kecil, maka konsumsi pakannya juga tidak akan terlalu banyak. Peternak di Indonesia masih belum begitu banyak yang membuka usaha ternak burung puyuh. Paling banyak didominasi oleh peternak ayam atau bebek. Padahal jika dipikir-pikir, ternak burung puyuh keuntungannya lumayan tinggi. Harga jual telur puyuh dipasaran tergolong masih mahal. Adanya restoran yang menyediakan daging burung puyuh juga menjadikan daging burung puyuh dapat bermanfaat dan tetap dapat dijual dipasaran, sehingga keuntungan akan bertambah.

Memulai bisnis burung puyuh juga tidak membutuhkan modal yang tinggi. Untuk pemula, bisa dimulai 100 atau 200 ekor terlebih dahulu. Luas lahan atau kandang yang dibutuhkan juga tidak terlalu lebar, biasanya bentuk kandang burung puyuh bertingkat (kandang baterai). Perputaran modal relatif cepat karena pada usia 40 hari burung puyuh sudah dapat bertelur. 

Nahh, itu dia beberapa informasi mengenai jenis makanan puyuh agar cepat bertelur dan beberapa informasi tambahan lainnnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Jika Anda berminat ternak burung puyuh, kami dari hobiternak.com menyediakan DOQ puyuh usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan kargo hewan terpercaya. Silahkan hubungi kami segera di nomor bawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : 
makanan burung puyuh anakan, makanan puyuh agar cepat bertelur, makanan burung puyuh beras, makanan burung puyuh alami, minuman burung puyuh, makanan burung puyuh liar, anakan pelet burung puyuh, harga pakan burung puyuh

Image Sources :

  • Dedak padi | flickr: eworldtrade.com
  • Jagung | pinterest.it: pixabay.com
  • image 5: wowkeretn.com
  • image 6: solusiternak.id

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP