6 Jenis Ayam Brahma Si Ayam Raksasa yang Keren

Mengenal Jenis-jenis Ayam Brahma Berdasarkan Warna Bulunya


Jenis-Jenis Ayam Brahma – Ayam Brahma merupakan salah satu jenis ayam hias yang ada di Indonesia. Jenis ayam ini memiliki bulu yang tumbuh dari kepala hingga ujung kakinya. Di Indonesia jenis ayam ini cukup populer dikalangan penghobi ayam hias. Ada yang hanya dijadikan sebagai hiasan maupun diternakkan.

Karakteristik Ayam Brahma

Jenis ayam yang memiliki postur tubuh besar ini berasal dari India. Nama brahma sendiri diambil dari nama tempat yang ada di India yakni Brahmaputra. Keunikan ayam ini terdapat pada bulunya yang tebal hingga dapat menutupi kaki dan memiliki bentuk tubuh seperti huruf V. Disamping itu ayam brahma juga tinggi dan memiliki ukuran jumbo, bahkan bobotnya bisa melebihi berat ayam kampung pada umumnya.

Ayam Brahma atau Ayam Monster dengan Tubuh Besar

Namun di wilayah aslinya, ayam brahma banyak di manfaatkan sebagai ayam pedaging, karena memiliki kandungan daging atau lemak yang tinggi. Serta terkenal dengan aroma dan kelezatannya. Di Indonesia sendiri peternak ayam brahma dapat dibilang masih jarang, dan kebanyakan masih dijadikan sebagai ayam hias. Walaupun harga ayam brahma terbilang masih tinggi, namun tidak menyurutkan penghobi untuk memelihara ayam brahma ini. 

Jenis-jenis Ayam Brahma

Ayam brahma dapat dibedakan dalam beberapa jenis berdasarkan warna bulunya. Berikut penjelasannya : 

1. Colombian Light

Jenis ayam brahma ini merupakan jenis ayam klasik. Mengapa? Karena ayam ini memiliki perpaduan warna bulu dasar putih dengan bintik-bintik hitam.

Brahma chicken
Ayam Brahma dengan tuhun yang besar dan bongsor.

2. Light Brahma

Pada dasarnya memang hampir sama dengan jenis ayam columbian. Namun yang menjadi perbedaan ada pada warna bulunya yang cerah dan terang. 

Light Brahma memiliki bulu yang cerah dan terang
Light Brahma memiliki bulu yang cerah dan terang

3. Dark Brahma

Warna yang dihasilkan dari ayam brahma satu ini memiliki perpaduan warna bulu dasaran hitam dan putih pada bagian leher. Karena ayam ini dominan berwarna hitam, maka jenis ayam ini sering dijuluki sebagai ayam dark atau gelap.

Dark Brahma ´╗┐memiliki bulu dominan berwarna hitam.
Dark Brahma ´╗┐memiliki bulu dominan berwarna hitam.

4. Isabel

Umumnya ayam brahma ini memang masih terbilang sangat langka di Indonesia. Ayam ini memiliki bulu yang berwarna abu-abu cerah dengan perpaduan warna kuning.

Isabel´╗┐ brahma memiliki bulu cerah perpaduan kuning dan abu-abu cerah
Isabel´╗┐ brahma memiliki bulu cerah perpaduan kuning dan abu-abu cerah

5. Salmon

Ayam brahma salmon memiliki perpaduan warna bulu hitam yang berpadu dengan merah. Di Indonesia ayam brahma salmon mudah ditemukan dikalangan peternak. 

Jenis ayam brahma yang unik ini namya "Salmon Brahma" memiliki bulu perpaduan hitam dan merah
Salmon´╗┐ brahma memiliki bulu perpaduan hitam dan merah

6.Blue Brahma

Mungkin pertama kali kita mendengar blue pasti sangat identik dengan warna biru. Namun sangat berbeda dalam dunia jenis ayam hias. Karena dalam dunia ayam hias, warna blue sering disebut sebagai ayam hias yang memiliki warna bulu abu-abu.

Blue Brahma´╗┐ memiliki bulu berwarna abu-abu
Blue Brahma´╗┐ memiliki bulu berwarna abu-abu

Berikut merupakan Daftar Harga Ayam Brahma

Brahma 1 Bulan Rp 800.000/pasang
Brahma 2 Bulan Rp. 1.200.000/pasang
Brahma 3 Bulan Rp 2.000.000/pasang
Brahma 4 Bulan Rp. 2.400.000/pasang
Brahma 5 Bulan Rp. 2.800.000/pasang
Brahma Indukan Rp. 4.000.000/pasang

cara ternak ayam brahma
Warna kombinasi pada Ayam Brahma

Ayam brahma termasuk jenis ayam yang jinak dan dapat  bersahabat dengan pemiliknya, bahkan dapat brtahan pada cuaca yang dingin. Pada saat cuaca dingin pertumbuhan bulu pada kakinya akan semakin lebat. Maka tak mengherankan, jika ayam brahma yang hidup disuhu yang dingin akan memiliki bulu lebih tebal.

Dalam pemeliharaannya ayam brahma mampu dipelihara di dalam kandang maupun dilepaskan di alam terbuka. Namun tips dari kita yaitu akan lebih baik jika ayam brahma dikandangkan, kandang ayam brahma  yang disediakan harus lebih luas, supaya ayam brahma lebih leluasa bergerak. 

Pemberian Pakan Ayam Brahma

Pakan merupakan komponen utama dalam dunia peternakan. Dengan tersediannya pakan yang berkualitas, maka pertumbuhan ayam pun akan menjadi optimal. Pemberian pakan pada ayam brahma juga harus memperhatikan kandungan gizi serta vitamin. Hal tersebut bertujuan agar ayam tetap dalam keadaan sehat dan tumbuh berkembang dengan baik.

Jenis – jenis pakan ayam brahma dapat ditemukan dengan mudah, seperti halnya berternak jenis ayam lainnya. Pola pemberian pakannya pun juga  berbeda-beda dalam setiap usianya. Adapun jenis pakan ayam brahma sebagai berikut :

  • Dedak
  • Bekatul
  • Beras Merah
  • Voer/BR
  • Jagung Giling
  • Kacang – kacangan

Selain dapat diberikan pakan berupa biji – bijian, ayam brahma juga dapat diberikan pakan berupa sayuran – sayuran seperti :

  • Sawi
  • Kobis
  • Kembang Kol
  • Enceng Gondok

Pemberian pakan berupa sayuran – sayuran tersebut bertujuan agar ayam brahma selalu dalam keadaan sehat serta terhindar dari serangan penyakit. Kandungan protein yang tinggi dalam sayuran juga dibutuhan untuk pertumbuhan ayam brahma agar mencapai berat yang maksimal.

Cara ternak ayam brahma terutama dalam pemberian pakan pada anakan akan lebih baik jika diberikan voer yang dicampur dengan irisan sayuran seperti bayam, kangkung, dan jenis sayuran lainnya.

Produktifitas Telur Ayam Brahma

Keunggulan dari ayam brahma jika dilihat dari perkembangannya bisa dibilang sangat baik, bahkan daya tetas telur ayam brahma pun juga baik.Ayam brahma mampu memproduksi telur sebanyak 15 – 18 butir per satu periode. Pemeliharaan ayam brahma dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Semakin banyak permintaan tentu akan semakin bertambah pula orang yang memelihara ayam ini.

Apakah ayam brahma bisa mengerami telurnya?

Ayam brahma bisa mengerami telur nya sendiri. Namun memang peternak jenis ayam hias ini biasanya menggunakan mesin penetas untuk proses penetasan nya. Hal ini agar ayam brahma bisa lebih produktif lagi untuk bertelur lagi karena tidak terhalang waktu untuk proses pengeraman.

Apakah ayam brahma bisa dimakan?

Di negara asalnya di India, Brahma banyak dipelihara untuk di ambil dagingnya. Atau dalam hal ini di ternakan dalam rangka di ambil dagingnya. Namun memang kalau di Indonesia bisa di bilang tidak umum mengingat harganya yang masih cukup tinggi jadi sayang rasanya bila ingin mengonsumsi ayam ini.

Kenapa ayam brahma mahal?

Ayam jenis brahma ini memang belum banyak pemilik di Indonesia hukum ketersedian barang dan permintaan ini lah yang membuat jenis ayam ini terbilang lebih mahal. Namun harga nya termasuk cukup terjangkau bila di lihat dari bentuk dan warna ayam brahma ini yang sangat unik.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ayam brahma maupun menetaskan telur ayam Brahma. Kami dari hobiternak.com & jualayamhias.com menyediakan bibit ayam brahma dan telur ayam brahma. Untuk harga bibit ayam brahma yang kami sediakan bervariasi, bergantung pada usia ayam tersebut. Kami siap mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah Indonesia dengan harga terjangkau dan tentunya menggunakan kargo hewan terpecaya.Untuk pemesnaan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

 

Viky Ristiyarti


Image Sources :

  • Tanaman air: pinterest.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: