Jual Ayam Cochin – Ayam Cochin merupakan jenis ayam hias yang berasal dari Negeri Tirai Bambu, Cina. Awal mulanya ayam ini yang diberi nama shanghai chickens yang telah banyak dikembangbiakkan di Eropa dan Inggris yang dipopulerkan dengan sebutan cochin chickens. Jenis ayam ini merupakan jenis ayam hias yang memiliki keunikan dengan bentuk  badannya yang bulat berbulu tebal serta ekornya yang cenderung lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Kelebihan pada jenis ayam ini dengan bulu lebatnya pada tubuhnya hingga ke bagian kakinya dengan postur tubuhnya yang besar dan sering dijadikan sebagai ayam pedaging dan petelur. Namun seiring dengan berjalannya waktu untuk saat ini jenis ayam Cochin yang sudah jarang ditemui dan termasuk dalam jenis ayam langka maka banyak yang menjadikan jenis ayam ini sebagai ayam hias yang dinikmati keindahannya.

Jual ayam cochin
Sebutan lain dari ayam cochin ialah ayam monster karena tubuhnya yang besar.

Jika dilihat secara sepintas, memang jenis ayam cochin cukup mirip dengan ayam Orpington, namun jika kita lihat dengan teliti bulu ayam cochin tumbuh hingga ke bagian ceker kakinya. Berdasarkan ukuran tubuh ayam cochin, terdapat  dua jenis ayam cochin. Jenis ayam yang sering dimanfaatkan sebagai ayam pedaging dan memanfaatkan keindahan bulunya.

Jenis-Jenis Ayam Cochin

  • Bantam Cochin
    Berdasarkan ukuran tubuhnya jenis ayam ini sering dipelihara dan dibudidayakan sebagai ayam hias. Postur tubuhnya yang sedang memiliki kemiripan dengan ayam kate. Jenis ayam bantam cochin juga merupakan kerabat dari ayam brahma. Keunikan khas yang dimilikinya terletak pada bentuk badannya serta bentuk tubuhnya yang bulat. Untuk harga bantam cochin sendiri juga masih terbilang tinggi.

    Berikut merupakan daftar harga ayam Bantam Cochin :

    1 Bulan                       : Rp. 400.000
    2 Bulan                       : Rp. 500.000
    3 Bulan                       : Rp. 600.000
    4 Bulan                       : Rp. 800.000
    5 Bulan                       : Rp. 1.000.000
    Indukan                      : Rp. 1.500.000
    Jantan 5 Bulan            : Rp. 1.100.000
    Indukan Jantan           : Rp. 1.600.000

  • Giant Cochin
    Sesuai dengan namanya , jenis ayam ini memiliki ukuran tubuh besar dan sering disebut dengan ukuran tubuh raksasa. Jenis ayam giant cochin bentuk tubuhnya yang memiliki kemiripan postur tubuhnya dengan ayam brahma. Untuk perbedaan ayam brahma dan giant cochin yang terletak pada jengger dari kedua jenis ayam tersebut. Untuk ayam giant cochin yang terlihat pada jenggernya yang berbentuk seperti sisir sedangkan untuk jenis ayam brahma yang memiliki jengger bilah tiga.

    Berikut merupakan daftar harga Giant Cochin :

    1 Bulan                       : Rp. 400.000
    2 Bulan                       : Rp. 500.000
    3 Bulan                       : Rp. 600.000
    4 Bulan                       : Rp. 800.000
    5 Bulan                       : Rp. 1.000.000
    Indukan                      : Rp. 1.500.000
    Jantan 5 Bulan            : Rp. 1.100.000
    Indukan Jantan           : Rp. 1.600.000

Terdapat beberapa ciri yang dimiliki oleh ayam cochin yang dapat digunakan unutk membedakan jenis ayam ini dengan jenis ayam hias lainnya yang perlu kita ketahui.

Jual ayam cochin
Dengan tubuh bulatnya, ayam cochin dikenal unik juga karena bulunya lebat dan tumbuh hingga ke kaki.

Ciri-ciri ayam cochin yaitu sebagai berikut :

  • Memiliki bulu tubuh yang lebat
  • Bentuk tubuhnya cenderung bulat
  • Produktifitas telurnya kurang lebih sama seperti jenis ayam kampung biasa dan unutk jenis ayam cochin sendiri memiliki kemampuan untuk mengeramitelurnya setelah ayam ini bertelur
  • Memiliki berbagai varian warna bulu tubuh yakni hitam, putih, kuning serta beberapa jenis ayam yang memiliki warna bulu dari perpaduan warna bulu tersebut.

Berat badan ayam cochin jantan dewasa di negara asalnya yang bisa mencapai 4,5 kg – 5 kg per ekor, sedangkan untuk berat badan ayam cochin betina yang hanya 3,5 kg – 4 kg per ekornya. Namun untuk wilayah Indonesia sendiri berat badan ayam cochin hanya sekitar 2 kg – 3 kg saja. Ayam cochindapat dikatakan sebagai salah satu jenis ayam hias yang mampu mengerami sendiri telur yang telah diproduksinya. Dengan begitu tidak perlu memerlukan bantuan darai indukan jenis ayam lain untuk mengerami telurnya.

Apakah jenis pakan yang dapat diberikan pada ayam cochin ?

Makanan untuk ayam cochin
Pakan pada ayam cochin sebetulnya hampir sama dengan ayam-ayam pada umumnya. Ayam cochin bisa diberikan konsentrat, jagung, atau biji-bijian lainnya.

Dalam pemeliharaan ayam cochin perlunya pemberian pakan dengan kandungan gizi yang bagus yang nantinya akan menjadikan jenis ayam cochin yang gemuk dan sehat. Jenis ayam cochin yang gemuk pastinya akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, walaupun jenis ayam cochin biasa sudah memiliki postur tubuhnya yang besar. Namun, untuk pola pemberian pakan ayam cochin dalam setiap usianya yang berbeda-beda.  Pada anakan ayam dapat diberikan Voer atau BR yang kaya akan protein tinggi yang berguna untuk membantu pertumbuhan. Berbeda dengan ayam pada usia pertumbuhan yang dapat diberikan pakan dengan kandungan konsentrat serta dapat diberikan juga dedak, bekatul, jagung yang dapat memicu pada telur serta keindahan pada bulu ayam tersebut.

Banyak orang yang menginginkan untuk menjalankan bisnis peternakan ayam. Dan banyak pula orang yang kebingungan menentukan jenis kandang. Jenis kandang yang tepat bagi ayam cochin ialah jenis kandang yang memiliki ukuran 2×1 yang dapat menampung sepasang jenis ayam cochin. Kandang yang terbuat dari bambu  bisa menjadi salah satu alternatif dalam pembuatan kandang yang mudah didapatkan dan tentunya murah bukan? Dengan begitu udara segar dapat leluasa masuk dalam kandang dan ayam dapat bebas menghirup udara segar. Untuk mengantisipasi udara dingin dapat disediakan terpal pada sekeliling kandang yang berguna untuk mengantisipasi udara dingin yang masuk dalam kandang ayam tersebut. Perlunya juga kita harus memperhatikan beberapa hal yakni teknik pemuatan kandang, bentuk kandang serta bahan-bahan yang digunakan, sanitasi kandang, serta kapasitas ayam yang akan dipelihara.

Ayam cochin
Dalam urusan kandang pun tergolong mudah. Ayam cochin bisa dibuatkan kandang dari bahan bambu dengan ukuran kandang kurang lebih 2×1 m.

Untuk saat ini harga ayam cochin sendiri relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya dengan populasinya yang semakin terbatas. Berikut merupakan daftar harga ayam Cochin :

Berikut merupakan daftar harga ayam Cochin :

1 Bulan                       : Rp. 400.000
2 Bulan                       : Rp. 500.000
3 Bulan                       : Rp. 600.000
4 Bulan                       : Rp. 800.000
5 Bulan                       : Rp. 1.000.000
Indukan                      : Rp. 1.500.000
Jantan 5 Bulan            : Rp. 1.100.000
Indukan Jantan           : Rp. 1.600.000

Mengingat harga ayam cochin yang relatif tinggi, dalam perkembangbiakannya masih dibudidayakan untuk ditetaskan yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah ayam. Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam cochin, kami menyediakan telur cochin yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Hobiternak.com juga menjual ayam giant cochin, jual ayam brahma murah, serta berbagai jenis ayam hias lainnya. 

Bagi anda yang lebih memilih bibit ayam chocin,  bibit ayam brahma , ayam holand dan berbagai jenis ayam hias lainnya atau anakan cochin kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk cochin dewasa juga bisa  Anda pesan di hobiternak.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di :

Kata Terkait :
jual ayam giant cochin, harga ayam bantam cochin, ciri ciri ayam cochin, jual ayam brahma murah, perbedaan ayam brahma dan giant cochin, harga ayam chocin, harga bantam cochin, jenis ayam cochin,

*Viky Ristiyarti*


2 Comments

Danny · September 10, 2018 at 6:36 am

WArna apa aja yg ready? kalo telurnya dijual gak bos? thanks

    Meilani Sawitri · September 10, 2018 at 8:07 am

    Silahkan bisa langsung hubungi nomor 0812 2028 8686 untuk kami berikan informasi lebih jelasnya ya Pak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: