Menentukan Model Kandang Bebek Pedaging yang Baik dan Ideal – Harga bebek pedaging saat ini cukup tinggi di pasaran. Cita rasa daging bebek yang lezat, sangat disukai oleh semua kalangan terlebih daging bebek bukan afkir. Salah satu jenis bebek yang cukup diminati untuk bebek pedaging yaitu bebek peking. Masa panen yang lebih cepat dan daya tahan tubuh yang baik, menjadikannya populer dikalangan peternak. Jenis bebek pedaging lain yang juga cukup diminati yaitu bebek hibrida. Bebek hibrida merupakan bebek hasil perkawinan silang 2 jenis bebek yang berbeda untuk menghasilkan keturunan yang mewarisi sifat baik kedua induknya.

Cara beternak bebek pedaging untuk pemula mungkin terlihat rumit. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk mencapai kesuksesan. Apabila bisnis bebek pedaging ditekuni, maka keuntungan yang didapat akan semakin meningkat.

Mencoba-coba untuk menemukan cara praktis agar bebek cepat gemuk dan lebih cepat panen memang tidak salah, namun alangkah baiknya apabila sebagai peternak pemula mengikuti atau bertanya kepada peternak yang berpengalaman mengenai cara ternak bebek potong agar cepat besar. Atau apabila Anda tertarik beternak bebek hibrida, Anda bisa menanyakan cara ternak bebek pedaging hibrida.

Sistem Tanpa Angon
Sistem Tanpa Angon

Pada umumnya bebek dipelihara dalam satu kandang. Namun, bebek membutuhkan ruang yang cukup untuk bebas bergerak. Ukuran kandang bebek pedaging 100 ekordibedakan berdasarkan umurnya. Untuk ukuran kandang bebek 200 ekor dan ukuran kandang bebek untuk 1000 ekor hanya mengkalikan berdasarkan perhitungan 100 ekor.

Tata letak kandang yang baik harus memenuhi persyaratan diantaranya

  • Pisahkan kandang untuk DOD atau anakan dengan bebek dewasa
  • Diupayakan arah aliran angin, mengalir dari ternak yang lebih muda ke ternak yang lebih tua
  • Jarak antar kandang sebaiknya sama dengan lebar kandang

Ada beberapa tipe kandang bebek yang dipakai oleh peternak. Yang harus diperhatikan yaitu kandang harus nyaman, karena akan memberikan dampak positif terhadap hewan ternak, sehingga bebek menjadi senang dan tidak stres. Selain itu, pertumbuhannya pun tidak terganggu.

Ada beberapa tipe kandang untuk Bebek, yaitu sebagai berikut :

  • Kandang Ranch
  • Kandang Postal
  • Kandang Baterai

1. Kandang Ranch

Kandang ranch merupakan tipe kandang yang banyak diterapkan oleh peternak bebek, bentuk kandang ini berbentuk luas dan mempunyai tempat umbaran bebek untuk bermain. Kandag ini biasa disebut sebagai kandang umbaran. Kandang ranch ini dilengkapi dengan saluran air untuk sumber air minum dan tempat bebek untuk membersihkan diri dan mendinginkan diri dikala terik matahari menyengat.

2. Kandang Postal 

Kandang postal merupakan kandang dengan sistem koloni, kandang ini sesuai untuk jenis bebek strater dan grower. Untuk tempat makan dan minum tersedia di dalam kandang. Seluruh ruangan yang ada di dalam kandang diberi naungan atap sehingga seluruh kegiatan itik dimulai dari makan, minum, bertelur dan istirahat hingga tidur dilakukan di dalam kandang.

3. Kandang Baterai 

Kandang baterai merupakan kandang yang digunakan untuk bebek usia dewasa yang siap bertelur. Ukuran kandang baterai ini 50 x 50 x 45 cm. Kandang ini dapat dibuat dengan menggunakan bilah – bilah bambu atau rangka yang berasal dari kawat. Untuk pilihan material kandang tergantung pada ketersediaan dana yang ada pada peternak. Tetapi untuk tipe kandangbaterai ini membutuhkan biaya yang relatif tinggi sehingga biaya investasi untuk kandang baterai lebih tinggi dibanding tipe kandang yang lain.

Pada kandang baterai bebek tidak dapat bergerak bebas dan bermain, bebek hanya bisa makan dan minum di dalam kandang. Tujuan dari pemeliharaan menggunakan sistem kandang agar bebek tidakmenge,uarkan banyak energi sehingga produktifitas telur menjadi lebih banyak.

Keuntungan penggunaan kandang baterai adalah telur yang dihasilkan menjadi lebih bersih, kesehatan bbek dapat terkontrol dengan baik, konsumsi pakan bebek menjadi lebih merata sehingga pertumbuhan bebek menjadi seragam.

usaha ternak bebek
Kandang bebek model lantai

Salah satu jenis kandang yang banyak digunakan yaitu kandang bebek pedaging sistem kering. Kandang ini sangat digemari karena bau kotoran ternak bebek sedikit terkurangi.

Pakan Alternatif Ternak Bebek 

Saat ini peternak bebek dihadapkan pada masalah tingginya harga pakan dan ketersediaan yang tidak pasti. Dengan adanya permasalahan ini, peternak dapat mengakali dengan mencari bahan pakan alternatif sebagai bahan penyusun pakannnya.

Bahan pakan alternatif ini adalah bahan pakan yang jarang digunakan, terutama digunakan dengan skala yang besar. Padahal bahan pakan ini sering kita jumpai di berbagai tempat. Kandungan nutrie/nuutrisi yang terkandung dalam pakan ternak alternatif ini sangat baik bagi pertumbuhan bebek petelur.

Meskipun belum banyak yang mengetahui tentang pakan ternak ini, kita mesti menggali potensi sumber daya alam ini agar pertenak dapat mengetahui kegunaan bahan alternatif ini dengan baik. Berikut ini adalah bahan alternatif yang mulai digunakan oleh peternak di Indonesia :

1. Ampas Tahu

Ampas tahu adalah limbah yang berasal dari proses pembuatan tahu yang sudah tidak dipergunakan lagi. Kandungan yang terdapat dalam ampas tahu ini ternyata memiliki protein yang tinggi,disamping itu juga memiliki kelemahan berupa serat yang kasar, memiliki lemak yang tinggi serta mudan ditumbuhi jamur.

Dalam pemakain amapas tahu ini hanya dapat diberikan dalam bentuk tambahan pada pakan ternak dan tempat pakan ini harus segera dibersihkan agar tidak ditumbuhi jamur.Sebelum dicampurkan ke dalam pakan bebek, sebaiknya ampas tahu dikeringan terlebih dahulu sampai kadar air yang terkandung kurang dari 13%.

2. Ampas Tempe

Ampas tempe berasal dari pembuatan tempe berupa kulit ari kedelai. Ampas tempe ini mudah dijumpai dimana saja, karena ketersediannya yang cukup melimpah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pabrik tempe yang berada di Indonesia. Namun, penggunaannya dalam pakan itik ini terbatas karena kandungan serat kasarnya yang tinggi.

3. Nasi Kering

Nasi aking/nasi kering merupakan pakan alternatif yang mudah sekali dijumpai. Nasi aking ini merupakan sumber energi bagi bebek . Untuk penggunaanya lebih baik menggunakan nasi aking/nasi kering yang tidak berjamur karena bebek mudah terserang penyakit oleh jamur mikroskopik.

4. Limbah Tauge

Limbah tauge yang dimaksud adalah kulit tauge berwarna hijau yang sering kita jumpai di pasaran. Limbah ini berpotensi sebagai bahan pakan bebek karena mengandung protein yang cukup tinggi.

5. Tepung hijauan

Tepung hijauan ini berasal dari tumbuh – tubuhan yang tumbuh disekitar lingkungan kita. Kandungan nutrien yang terkandung dalam tumbuh – tumbuhan hijau ini sangat baik bagi kelangsungan pertumbuhan bebek.Beberapa pakan alternatif yang dapat kita gunakan sebahai bahan tambahan pakan bebek ini diantaranya :

  • Tepung daun singkong
  • Tepung daun lamtoro
  • Tepung enceng gondok
  • Tempung kayambang
  • Tepung kulit pisang
  • Tepung daun pisang
  • Tepung daun katuk
  • Tepung daun beluntas

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor, kandang bebek pedaging sistem kering, ukuran kandang bebek 200 ekor, cara ternak bebek potong agar cepat besar, cara ternak bebek pedaging hibrida, cara beternak bebek pedaging untuk pemula, ukuran kandang bebek untuk 1000 ekor, harga bebek pedaging,

*.


3 Comments

Panduan Cara Beternak Bebek Pedaging Hingga Panen Untuk Pemula · March 27, 2019 at 6:14 am

[…] memulai beternak, hal pertama yang dilakukan yaitu menyiapkan kandang. Kandang bebek pedaging merupakan faktor utama yang menentukan keberlangsungan usaha beternak bebek. […]

6 Macam Kandang Bebek Petelur Modern · November 29, 2018 at 1:48 am

[…] Menentukan Model Kandang Bebek Pedaging yang Baik Ideal Serta Konsumsi Pakan Alternatif untuk Bebek  […]

Berapa Ukuran Kandang Bebek Pedaging 100 Ekor? · November 19, 2018 at 8:44 am

[…] Mentukan Model Kandang Bebek Pedaging yang Baik dan Ideal Serta Konsumsi Pakan Alternatif untuk Bebe… […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: