Membuat Kandang Ayam Arab Menggunakan Sistem Baterai (Part 3)

Melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas tentang “Mengembangkan Usaha Ternak Ayam Arab: Panduan untuk Pemula (Part 2)”, kali ini kami akan membahas info selanjutnya tentang kandang ayam arab. 

Simak informasi dibawah ini ya….

Anda pernah merasa tertarik untuk memulai bisnis beternak ayam Arab? Beternak ayam Arab bisa menjadi langkah yang cerdas mengingat tingginya permintaan akan telur berkualitas tinggi yang dihasilkan oleh ayam jenis ini.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas cara-cara praktis dalam pembuatan kandang ayam Arab tipe baterai dengan bahan utama yang sederhana, yaitu bambu.

Seiring dengan itu, kita akan menjelajahi berbagai faktor dan pertimbangan penting untuk membangun kandang yang ideal bagi ayam Arab Anda.

Contoh kandang ayam arab sistem baterai dengan bahan dasar bambu | image 1
Contoh kandang ayam arab sistem baterai dengan bahan dasar bambu | image 1

Pentingnya Persiapan Awal

Sebelum memulai proses pembuatan kandang, ada beberapa faktor kunci yang perlu Anda pertimbangkan. Pertama-tama, orientasi kandang sangat penting. Pastikan bahwa kandang menghadap ke arah timur dan barat atau membujur dari utara ke selatan.

Hal ini tidak hanya memungkinkan cahaya matahari yang cukup masuk ke dalam kandang, tetapi juga mengatur suhu yang ideal.

Selain itu, suhu di dalam kandang harus selalu dijaga agar berkisar antara 32-35 derajat Celsius dengan tingkat kelembaban antara 60-70 persen.

Bambu sebagai Bahan Utama

Proses pembuatan kandang ayam Arab tipe baterai dimulai dengan penggunaan bahan utama, yaitu bambu. Bambu yang ideal memiliki panjang minimal 4 meter.

Dua opsi utama yang dapat dipilih adalah kandang tipe baterai dengan 8 pintu atau 10 pintu. Setiap pintu memiliki ukuran sekitar 25×25 cm dengan ketinggian sekitar 35 cm yang cukup untuk tempat bersarang ayam Arab.

Baca Juga!  Apakah Ayam Arab Jantan Bisa Bertelur ?

Desain Alas Miring

Salah satu elemen penting dalam pembuatan kandang adalah alas yang dibuat miring. Alas yang miring ini memiliki fungsi khusus, yaitu memudahkan telur yang dihasilkan oleh ayam Arab untuk menggelinding secara alami menuju tempat penampungan telur.

Selain itu, kandang harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti tempat makan, minum, tempat berteduh, dan lainnya, yang dapat mendukung kesejahteraan ayam Arab.

Manfaat Kandang Tipe Baterai

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa memilih kandang tipe baterai. Kandang ini memiliki peran vital dalam melindungi ayam dari berbagai bahaya, termasuk serangan hewan liar, cuaca ekstrem, dan faktor risiko lainnya.

Selain itu, kandang yang bersih, aman, dan nyaman dapat membantu mengurangi stres pada ayam dan mencegah munculnya penyakit, yang pada gilirannya akan meningkatkan produksi telur yang berkualitas.

Komponen Penting dalam Beternak Ayam Arab

Menurut pengalaman peternak, ada tiga komponen utama yang perlu Anda persiapkan saat memulai beternak ayam Arab. Pertama, Anda harus memiliki lahan yang dekat dengan tempat pembuangan yang efisien.

Kedua, Anda akan memerlukan kandang induk yang cukup besar untuk menampung ayam petelur. Dan ketiga, tentu saja, adalah kandang tipe baterai yang dapat disesuaikan dengan jumlah ayam yang Anda rencanakan untuk dipelihara.

Sterilisasi dan Kebersihan

Proses pembuatan kandang tipe baterai juga melibatkan langkah penting dalam menjaga kebersihan dan sterilisasi kandang. Penggunaan antiseptik adalah bagian dari proses ini, membantu membersihkan dan menjaga kandang tetap steril.

Tindakan ini sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan ayam Arab Anda.

Desain yang Efisien

Kandang tipe baterai yang dirancang dengan baik akan memudahkan pengambilan telur dan menjaga kandang tetap bersih. Dengan desain yang tepat, Anda dapat memastikan ayam tetap sehat dan produktif.

Baca Juga!  Buku “Meraup Untung Budidaya Ayam Arab”

Demikianlah gambaran menyeluruh tentang cara membuat kandang ayam Arab tipe baterai yang efisien dan praktis. Dengan pemahaman yang mendalam tentang proses ini, Anda dapat memulai bisnis beternak ayam Arab yang sukses.

Pastikan untuk terus mencari informasi lebih lanjut tentang beternak ayam Arab dan berbagai aspek perternakan lainnya.

Ayam arab masuk dalam golongan jenis ayam buras dengan kelebihannya yaitu mampu memproduksi telur yang cukup banyak | image 2
Ayam arab masuk dalam golongan jenis ayam buras dengan kelebihannya yaitu mampu memproduksi telur yang cukup banyak | image 2

Namun jika Anda tidak ingin ribet-ribet untuk mendesain atau membuat kandang ayam arab menggunakan bambu, maka bisa juga memakai kandang baterai yang sudah jadi seperti kandang baterai galvanis. 

Anda bisa order dihobiternak.com kandang baterai tipe galvanis : 

*Bahan Galvanis*
Harga Kandang Baterai Pintu 4 Rp 170.000
Harga Kandang Baterai Pintu 6 Rp 195.000

*Pintu 6 isi 6 ekor (Per pintu 1 ekor)
*Pintu 4 isi 8 ekor (Per pintu 2 ekor)
*Pengiriman Via Indah Kargo

Kandang galvanis pintu 4 | image 3
Kandang galvanis pintu 4 | image 3
Kandang galvanis pintu 6 | image 5
Kandang galvanis pintu 6 | image 5

Untuk info pemesanan kandang baterai maupun ayam arab bisa langsung hubungi nomor dibawah ini, siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia. 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0895-6124-93491

CS 2
0812-2028-8686

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (12 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA