Keindahan Ayam Mutiara Plangkok Yang Ada Dihobiternak.com

Keindahan Ayam Mutiara Plangkok Yang Ada Dihobiternak.com

Keindahan Ayam Mutiara Plangkok Yang Ada Dihobiternak.com- Ayam Mutiara Plangkok adalah salah satu jenis ayam mutiara. Ayam ini terdiri dari beberapa macam yaitu mutiara hitam, plangkok, putih dan silver. Ayam mutiara termasuk keluarga burung (aves) yang berasal dari negara Afrika dan hanya dapat bertelur saat musim hujan saja.  Dalam satu periode dapat menghasilkan 45-50 butir. Ayam ini hanya dapat memproduksi telur apabila sudah berusia 6-7 bulan. Walaupun disebut ayam, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ayam ini bisa terbang.

Ayam mutiara plangkok memiliki keindahan bulu dan bentuk yang cukup unik. Sudah banyak masyarakat mengembangbiakan ayam ini dan lebih tepatnya menjadikan sebagai ayam hias. Ayam mutiara sebenarnya bisa dimakan, tetapi masyarakat sekarang memelihara ayam ini bukan untuk dimakan melainkan sebagai ayam hias. Karena ke eksotikannya membuat masyarakat tidak mau untuk mengonsumsi ayam mutiara plangkok ini.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa ayam mutiara memilki beberapa jenis. Berikut akan kami jelaskan lebih detail mengenai jenis-jenis ayam mutiara:

  1. Mutiara Hitam, yaitu warna bulunya berwarna hitam dengan bintik-bintik mutiara warna putih.

    ayam mutiara putih
    Ayam Mutiara Hitam
  2. Ayam Mutiara Putih, yaitu warna bulu seluruh tubuhnya berwarna putih.
    ayam mutiara silver
    Ayam Mutiara Putih

     

  3. Mutiara Plangkok, yaitu warna bulunya berwarna hitam (paruh, piah, kaki , leher) dan putih (untuk bagian sayap, perut, dan kepala)

    jual ayam mutiara plangkok
    Ayam mutiara plangkok
  4. Ayam Mutiara Silver, yaitu warna abu-abu dengan bintik-bintik mutiara berwarna putih.
jual ayam mutiara silver
Ayam Mutiara Silver

Pakan

Pemeliharaan ayam ini juga tergolong sangat mudah, karena ayam mutiara termasuk hewan omnivora atau pemakan segala. Contohnya seperti dedaunan, rumput, serangga dan cacing. Selain itu, Anda bisa memberikan makanan sisa nasi, konsentrat, BR, bekatul atau sayuran-sayuran yang dicampurkan dengan cara dipotong kecil-kecil. Pakan-pakan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko yang menjual pakan ayam. Harganya pun sangat terjangkau jadi tidak akan menguras kantong.

Pakan Ayam Brahma
Pakan Ayam Brahma

Kandang

Kandang merupakan tempat yang paling penting bagi berbagai jenis hewan untuk tempat berteduh, tempat berlindung dari musuh maupun panas dan hujan. Seperti halnya ayam mutiara plangkok, ayam ini juga membutuhkan kandang. Ukuran kandang ayam ini yaitu 1X2 untuk sepasang plangkok dewasa. Selain itu harus dilengkapi dengan tempat bertengger,karena ayam plangkok apabila malam hari suka tidur ditengger tersebut. Apabila siang hari sebaiknya ayam mutiara plangkok dilepas, tetapi jangan lupa untuk membuat pagar atau jaring paranet agar ayam ini tidak pergi jauh. Alasannya, karena apabila ayam mutiara plangkok lepas akan susah untuk ditangkap, dan apabila terlepas cara satu-satunya adalah jangan memberi makan pada siang hari supaya ayam ini bisa mendekat ke kita dan bisa langsung kita tangkap.

Jual Ayam Mutiara Putih
kandang ayam mutiara

Kandang juga harus selalu dibersihkan agar ayam ini tidak mudah untuk terserang penyakit. Tetapi sebenarnya ayam mutiara jarang terserang penyakit, hal tersebut hanya sebagai antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jantan dan Betina

Jelas semua hewan pasti memiliki jenis kelamin. Ayam mutiara juga memiliki jenis kelamin yaitu ada jantan dan betina. Apakah Anda bisa membedakan bagaimana bentuk ayam mutiara jantan dan ayam mutiara betina? Berikut adalah perbedaan ayam mutiara jantan dan betina:

Perbedaan Ayam Mutiara Jantan Dan Betina
Perbedaan Ayam Mutiara Jantan Dan Betina

Ayam mutiara jantan

  1. Pial dibawah berwarna merah terang dan lebar
  2. Dihidungnya seperti terdapat pembengkakan
  3. Tanduk yang di atas tegak, berisi, gelap dan tumpul

Ayam mutiara betina

  1. Pial dibawah berwarna merah pudar dan kecil
  2. Bengkakan di hidung tidak begitu jelas
  3. Tanduk yang di atas sorong kebelakang, agak runcing, kurang berisi

Harga Ayam Mutiara Plangkok Per Ekor :

 1 Bulan   @ Rp175,000
2 Bulan   @ Rp250,000
3 Bulan   @ Rp325,000
4 Bulan   @ Rp400,000
5 Bulan   @ Rp425,000
Dewasa   @ Rp475,000

Bagi Anda yang ingin memiliki jenis ayam mutiara plangkok ini, Anda bisa menghubungi kami hobiternak.com . Dan apabila Anda ingin tahu lebih detail lagi tentang ayam mutiara Anda bisa mengunjungi website kami yaitu hobiternak.com . Jika Anda ingin mencoba untuk menetaskan telurnya kami juga jual telur ayam mutiara  baik untuk ditetaskan dengan indukan maupun menggunakan mesin penetas, kami juga menyediakan bibit ayam mutiara baik usia anakan sampai dewasa siap produksi. Silahkan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait:
Ayam Hias, Ayam Mutiara, Ayam Mutiara Plangkok, Foto Ayam Mutiara Plangkok, Jual Telur Mutiara, Jual Ayam Mutiara Plangkok , Harga Ayam Mutiara Plangkok

Meilani Sawitri

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Mutiara Plangkok
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: