Harga Jual DOC Joper di Wilayah Karawang

Karawang adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Arti Karawang dalam bahasa Sunda yaitu “penuh dengan lubang”. Bisa jadi pada zaman dahulu kemungkinan di wilayah Karawang banyak di temui lubang. Di wilayah Karawang ini terdapat objek wisata yaitu seperti Pantai Samudra Baru, Pantai Tanjung Pakis, Danau Cipule, Bendungan Walahar dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya. Penduduk di kabupaten Karawang mempunyai mata pencaharian yang beragam, namun ada sejumlah kecamatan yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani atau pembajak sawah. Kabupaten Karawang adalah daerah penghasi padi.

Harga Jual DOC Joper di wilayah Karawang
Harga Jual DOC Joper di wilayah Karawang

Berbicara mengenai perekonomian di wilayah Karawang, saat ini banyak masyarakat di wilayah Karawang yang berkeinginan untuk membuka usaha baru. Dengan membuka usaha baru, selain bisa mendapatkan keuntungan juga bisa membuka lapangan pekerjanaan baru dan mengurangi pengangguran. Salah satu usaha yang bisa di lakukan yaitu usaha ternak ayam pedaging.

Mengapa ayam pedaging?

Bertambahnya penduduk di wilayah Karawang maupun Indonesia membuat permintaan akan konsumsi daging ayam juga semakin meningkat. Banyaknya warung makan, restoran-restoran, warteg dan rumah makan lainnya juga menjadi alasan meningkatnya permintaan daging ayam. Dengan fenomena tersebut peternak mulai kewalahan dan akhirnya tidak bisa untuk memenuhi permintaan tersebut. Ayam pedaging memiliki banyak jenis contohnya ayam kampung asli, ayam broiler, ayam sekub, ayam pejantan dan yang tren saat ini yaitu ayam Joper atau ayam kampung super. Nahh, pada artikel saat ini kami akan membahas salah satu dari jenis ayam pedaging yang saat ini sedang viral, apalagi kalau bukan ayam JOPER.

Ayam Joper adalah salah satu ayam pedaging yang cocok untuk di ternakan
Ayam Joper adalah salah satu ayam pedaging yang cocok untuk di ternakan

Apa sih sebenarnya ayam Joper itu ?

Ayam Joper atau ayam kampung super adalah jenis ayam pedaging hasil dari persilangan ayam bangkok pejantan dengan petelur betina. Kepopuleran ayam Joper ini di sebabkan karena masa panenya yang cepat. Dahulu ayam pedaging yang digunakan oleh peternak yaitu ayam kampung asli. Karena masa panennya yang lama maka peternak mulai berinovasi dengan mengawinsilangkan ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina dengan harapan dapat menghasilkan ayam dengan masa panen yang cepat namun rasanya juga tak kalah dengan ayam kampung asli. Perkawinan silang ini ternyata membuahkan hasil yang saat ini masih populer di kalangan peternak yaitu JOPER.

Kelebihan-kelebihan ayam Joper

  1. Memiliki masa panen yang cepat yaitu 60 hari saja
  2. Dengan masa panen yang cepat maka peluang untuk terjangkit penyakit sangat kecil atau tahan terhadap penyakit
  3. Bobot yang di hasilkan dalam waktu kurun yang singkat bisa mencapati 0,8 ons – 1 kg.
  4. Daging ayam joper memiliki cita rasa yang enak dan lebih padat
  5. Pemeliharaan ayam Joper hampir sama seperti ayam kampung biasa

Dengan banyaknya kelebihan-kelebihan beternak ayam Joper, maka saat ini banyak peternak yang memelihara ayam Joper. Tidak disangka ternyata sebutan ayam Joper di berbagai wilayah tak terkecuali Karawang cukup banyak. Contohnya yaitu seperti ayam jawa super, ayam koper, kamper, kampung super, atau ayam kampung unggulan.

Harga DOC Joper untuk wilayah Karawang dan sekitarnya
Harga DOC Joper untuk wilayah Karawang dan sekitarnya

Lalu, berapa harga jual doc joper karawang?

Harga doc ayam joper di karawang cukup terjangkau yaitu sekitar 5.500 – 6.500 per ekor. Memang di tiap tempat harga berbeda-beda dan menyesuaikan dengan banyaknya peminat di wilayah tersebut. Berikut adalah harga doc ayam joper karawang di hobiternak.com

Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa :

DOC JOPER: Rp4.800/ekor
DOC KAMSI JOPER: Rp5.900/ekor

*1 Boks berisi 100 ekor
*Pembelian 1 atau 2 Boks tambah ongkos kirim 100rb bila di atas 3 Boks GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*
*Khusus untuk daerah Cilegon, Banten, Serang, dan Tangerang pengiriman hanya sampai di Jakarta

Cara mempersiapkan ayam yang baru tiba di kandang

  1. Mempersiapkan sarana dan prasarana
    Sarana dan prasarana kandang meliputi tempat pakan, minum, pemanasa buatan, termometer, drum plastik, timbangan dan lain-lain.Sarana dan prasarana tersebut lebih baik di persiapkan sebelum DOC tiba di kandang. 
  2. Tahapan selanjutnya yaitu :
    a. Hitung satu persatu jumlah DOC. Dan jika ada kekurangan maka bisa meminta pengganti dari pihak pengirim
    b. Timbang DOC secara acak untuk mengetahui berat rata-rata. Apabila ada DOC yang beratnya berbeda, maka perlu di pisahkan ke kandang lain agar bisa mendapatkan penanganan khusus. 
    c. Bibit yang baru masuk kandang perlu mendapatkan asupan air gula jawa atau gula merah dengan tujuan untuk menambah energi DOC setelah menempuh perjalanan jauh
    d. Setelah beristirahat sejenak, lalu DOC dapat di berikan pakan
  3. Pemberian Pakan dan minum
    Pakan DOC dapat berupa konsentrat yang terdiri dari butiran lembut. Untuk pemberian pakan bisa di berikana secukupnya yaitu setiap 2-3 jam. Jangan terlalu banyak di berikan pakan karena nanti akan berakibat pakan terbuang dengan sia-sia dan bisa terkena kotoran. Jadi lebih baik di berikan sedikit-sedikit namun sering.

Dan jika Anda tertarik untuk beternak ayam Joper, kami menyediakan usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk info lebih lengkap silahkan bisa langsung hubungi nomor layanan pelanggan kami di bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
doc ayam joper karawang, jual doc joper karawang, doc ayam joper di karawang, doc joper karawang, jual doc joper di karawang, penjual doc joper di karawang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: