9 Jenis Ikan Tuna yang Populer Di Dunia

Apa itu Ikan Tuna ? 

Ikan Tuna merupakan ikan laut pelagik. Jenis ikan ini termasuk ke dalam bangsa Thunni yang terdiri dari berbagai spesies dari keluarga skombridge, genus Thunnus. Dilihat dari bentuk tubuh dan siripnya, ikan ini juga termasuk perenang yang handal. Tarikan ikan tuna di lautan yang sangat kuat membuat para pemancing merasa tertantang untuk mencoba merasakan kekuatan sang ikan. Tidak hanya itu Ikan Tuna juga memiliki daging berwarna merah segar dan sangat berbeda dengan jenis ikan lainnya.

Daging ikan tuna yang berwarna merah segar ini disebabkan oleh ototnya yang banyak mengandung myglobin. Dengan ototnya yang mengandung myglobin inilah membuat ikan tuna dapat bertahan hidup di berbagai suhu air, seperti di air dingin dengan berbagai kondisi yang bermacam -macam. 

Promo JOPER NEW

Kebanyakan dari jenis ikan tuna ini memiliki tubuh yang berukuran besar. Tentu dengan ukuran demikian akan membuat ikan tuna memiliki harga ikan tuna yang tinggi dan berbeda dengan jenis ikan lainnya.

9 Jenis Ikan Tuna yang Populer di Dunia | cover
9 Jenis Ikan Tuna yang Populer di Dunia | cover

Diskripsi Ikan Tuna 

Ikan tuna hidup di air asin atau laut. Spesies ikan tuna ini memilki kemampuan mempertahankan suhu tubuh yang lebih tinggi di area sekitarnya. Ciri ikan tuna ini berbentuk cerutu, seta memiliki sirip punggung, sirip depan yang cenderung pendek dan sirip bagian dubur.  

Bagian sirip dada terletak sedikit ke atas, memiliki sirip perut yang kecil dan sirip bagian belakang ekor seperti gergaji. Tubuh ikan tuna hampir tertutup dengan sisik – sisik kecil. Untuk bagian tubuh atas berwarna biru tua gelap dan memiliki sirip tambahan berwarna kuning cerah bagian tepi berwarna agak pekat. Perlu diketahui bahwa ciri – ciri ikan tuna tersebut tidaklah semuanya sama. Hal ini dikarenakan ikan tuna terdiri dari bermacam – macam jenis. Tentunnya antara jenis ikan tuna satu dengan yang lainya berbeda pula. 

Jenis ikan tuna ini juga bermigrasi sepanjang hidupnya. Dengan kebiasaan inilah yang didukung oleh sistem metabolisme tubuh ikan tuna yang kuat. Sistem metabolisme ini dapat mengatur jumlah panas yang terdapat pada tubuh ikan untuk mencapai kondisi biologis yang efektif. 

Daging Ikan Tuna mengandung berbagai gizi & vitamin yang baik untuk kesehatan manusia | image 1
Daging Ikan Tuna mengandung berbagai gizi & vitamin yang baik untuk kesehatan manusia | image 1

Manfaat Ikan Tuna 

Perlu diketahui bahwa kandungan gizi dalam ikan tuna sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan gisinya juga tidak kalah dengan jenis ikan – ikan pada umumnya. Mulai dari kandungan protein hingga omega 3. 

Habitat ikan tuna memang berada di perairan air asin. Ikan tuna memiliki kandungan protein yang tinggi serta dikenal dengan dagingnya yang rendah lemak. Protein yang terkandung di dalam daging ikan tuna berkisar antara 22,6 – 26, 2 gram. Sedangkan untuk kandungan lemak antar 02 – 2,7 gram. 

Selain itu manfaat ikan tuna lainnya yakni mengandung mineral, kalsiun, fosfor, besi dan sodium. Untuk kandungan vitamin ada jenis vitamin A (retinol) dan vitamin B golongan thiamin, riboflavin dan niasin. 

Salah satu foto daging Ikan Tuna yang berwarna merah menandakan bahwa kandungan gizi yang ada di dalam nya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia | image 2
Salah satu foto daging Ikan Tuna yang berwarna merah menandakan bahwa kandungan gizi yang ada di dalam nya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia | image 2

Adapun manfaat Ikan Tuna untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut ini : 

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
2. Mentehatkan mata
3. Menjaga kesehatan organ reproduksi
4. Menyehatkan jantung
5. Sebagai tanbahan energi
6. Menjaga fungsi ginjal
7. Memperlancar sirkulasi darah
8. Mencegah penyakit kangker
9. Dapat menurunkan berat badan 
10. Mendukung pertumbuhan anak 

Jenis – jenis Ikan Tuna 

Ikan tuna ternyata tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Tetapi ada berbagai macam jenis ikan tuna yang sangat baik kita konsumsi sebagai kesehatan manusia. Ikan tuna pun dapat mencapai panjang dan bobot yang sangat fantastik. Tidak dipungkiri bahwa ikan tuna banyak dicari oleh nelayan untuk dijual karena memang harga jual dagingnya terbilang cukup tinggi. Ikan tuna banyak disukai masyarakat karena tekstur ikan tuna yang lembut, kenyal dan juga gurih. 

Untuk jenis – jenis ikan tuna yang terdapat di berbagai belahan dunia diantaranya adalah sebagai berikut ini : 

1. Ikan Tuna Ramping/ Slender Allothunnus Fallai

Ikan tuna slender atau ikan ramping ini masih spesies ikan dalam genus Allothunnus. Jenis ikan ramping ini banyak ditemukan di bagian garis lintang 20 derajat dan 50 derajat. Sesuai degan namanya ikan tuna ini memiliki tubuh yang ramping dan juga memanjang. Warnanya biru kehitaman, sedangkan bagian belakang memiliki sisi berwarna keabu – abuan perak. Panjang ikan tuna ini dapat mencapai 1 meter, dengan beratnya yang dapat mencapai 12 kg.

Ikan Tuna Ramping | image 3
Ikan Tuna Ramping | image 3

2. Ikan Togkol Abu – abu / Thunnus Tonggol

Ikan Tongkol ini juga termasuk ke dalam jenis ikan tuna loh. Berat yang dihasilkan ikan tongkol abu – abu dapat mencapai 35,9 kg dengan panjangnya yang mencapai 145 cm. Pertumbuhan ikan tongkol abu – abu ini cenderung lebih lambat di bandingkan dengan jenis lainnya.

Selain itu daya tahan hidupnya pun cenderung lebih lama sehingga menjadikan jenis ikan ini rentan terhadap penangkapan yang berlebihan. Warna ikan tuna bagian punggung ikan ini berwarna biru gelap, bagian sisi badan dan perut berwarna putih.

Ikan Tongkol Abu - abu | image 4
Ikan Tongkol Abu – abu | image 4

3. Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik / Thunnus Thynus

Salah satu jenis ikan tuna yang paling digemari masyarakat untuk dihidangkan sebagai masakan khas yakni ikan tuna sirip biru atlantik. Ikan ini banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan makanan, yakni sushi dan sashimi. Di Negara Jepang ikan tuna ini menjadi makanan yang lezat dan mahal karena kandungan gizi didalamnya sangat baik untuk kesehatan manusia. 

Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik | image 4
Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik | image 5

4. Ikan Tuna Sirip Kuning / Yellowfin Tuna / Madidihang

Ikan Madididhan merupakan ikan tuna yang masih satu keluarga dengan scombridae. Jenis ikan tuna ini juga termasuk ikan yang suka menjelajahi lautan tropika yang ada di dunia. Panjang dari ikan tuna ini sekitar 150 cm dan termasuk ikan terbesar ketiga setelah ikan tuna sirip biru. 

Ikan Tuna Sirip Kuning | image 5
Ikan Tuna Sirip Kuning | image 5

5. Ikan Tuna Albakor

Tuna alabakor memiliki panjang tubuh sekitar 1,4 m dengan berat 60 kg. Ikan tuna alabakor ini termasuk jenis ikan tuna yang paling kecil. Umur ikan tuna ini dapat mencapai 9 tahun, keberadaannya pun banyak tersebar di wilayah tropis. Keberadaan ikan ini banyak terdapat di kedalaman 600 m dan bergerombol dengan jumlah yang cukup besar. 

Ciri dari tubuh ikan tuna alabakor ini cenderung pendek dengan warna sisik perak memudar sampai ke arah perut. 

Ikan Tuna Albakora | image 6
Ikan Tuna Albakora | image 6

6. Ikan Tuna Mata Besar / Thunnus Obesus

Thunnus Obesus merupakan ikan tuna yang memiliki bobot hingga 210 kg, sedangkan panjangnya dapat mencapai 2,5 m. Ikan tuna mata besar memiliki panjang mencapai 2,5 m dan banyak di temukan Samudra Hindia, Lautan Atlantik, Pasifik dan di daerah tropis dan subtropis. Keberadaan ikan ini bisa ditemukan di kedalaman 250 m. Keaadaan musim juga mempengaruhi keberadaan si ikan mata besar ini. Karena ikan tuna mata besar hidup pada suhu 17 – 22 derajat. 

Ikan ini biasanya ditemukan dalam keadaan bergerombol dan berada di dekat obyek – obyek melayang seperti dain kelapa, sampah dll. 

Ikan Tuna Mata Besar | image 7
Ikan Tuna Mata Besar | image 7

7. Tuna Sirip Biru Selatan / Thunnus Maccoyyi

Ikan Tuna Sirip Biru Selatan atau yang mempunyai nama latin Thunnus Maccoyyi ini merupakan jenis ikan tuna yang memiliki panjang tubuh mencapai 245 cm dengan bobot yang dihasilkan 269. Keberadaan ikan ini ditemukan pada kedalaman 50 – 2.443 m dan tersebar di berbagai lautan seperti Lautan Atlantik, Pasifik dan Samudra Hindia. 

Tuna sirip biru ini mempunyai 2 jenis, ada jenis tuna sirip biru selatan dan tuna sirip biru utara. Ikan ini dapat menaikan temperatur suhu tubuhnya, sehingga ikan ini dapat bertahan hidup di suhu air antara 24 – 35 derajat celcius. Selain itu ikan ini juga dapat bertahan pada suhu 6 derajat celcius.

Bentuk tubuh dari ikan tuna ini cenderung oval, tinggi, tebal dan padat. Warna ikan tuna bagian punggung badannya berwarna biru tua sedangkan untuk bagian perut berwarna keperak – perakan. 

Tuna Sirip Biru Selatan | image 8
Tuna Sirip Biru Selatan | image 8

8. Tuna Sirip Biru Pasifik / Thunnus Orientails 

Ikan tuna sirip biru pasifik adalah salah satu jenis ikan tuna yang keberadaanya sudah hampir punah. Terkadang ikan tuna yang memiliki nama latin thunnus orientails ini juga dapat berimigrasi ke wilayah samudra selatan. Ikan tuna sirip biru pasifik juga menjadi hewan predator yang panjangnya bisa mencapai 3 m, sedangkan untuk bobotnya sekitar 450 kg. 

Tuna Sirip Biru Pasifik | image 9
Tuna Sirip Biru Pasifik | image 9

9. Tuna Sirip Hitam / Thunnus Atlanticus 

Jenis ikan tuna sirip hitam merupakan salah satu jenis ikan terbesar ketiga di dunia. Ukuran paling kecil dari jenis ikan tuna sirip hitam ini yakni hanya 1 meter saja. Ketika sudah mecapai dewasa bobot ikan tuna sirip hitam dapat mencapai 21 kg. Untuk masa hidup ikan tuna berlangsung selama 5 tahun. 

Tuna Sirip Hitam | image 10
Tuna Sirip Hitam | image 10
Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Ikan tuna memang dikenal sebagai ikan yang memiliki rasa yang gurih serta daging yang lembut dan kenyal. Berbagai macam ikan tuna resep pun sudah banyak beredar di google pencarian. Sehingga bagi Anda yang ini tau cara masak ikan tuna dapat dengan mudah mencari resep ikan tuna tersebut dan dipraktekkan dirumah untuk masakan keluarga. Resep tuna yang banyak menjadi favorit yakni resep ikan tuna balado karena rata – rata masyarakat Indonesia menyukai masakan pedas. 

Ayam Kampung Super JOPER-

Kata terkait : ikan tuna hidup di air apa, ciri ikan tuna, manfaat ikan tuna, pengertian ikan tuna, habitat ikan tuna, ikan tuna resep, warna ikan tuna, tekstur ikan tuna, ikan tuna , ikan cakalang, cakalang, resep ikan tuna, harga ikan tuna, resep tuna, cara masak ikan tuna, cara memasak ikan tuna

Image Sources :

  • cover: nature.org
  • image 1: blibli.com
  • image 2: japantrips.co
  • image 3: fishesofaustralia.net.au
  • image 4: fishesofaustralia.net.au
  • image 5: umpan.com.my
  • image 5: kajianpustaka.com
  • image 6: monkeyfacenews.com
  • image 7: wikipedia.org
  • image 8: tribunnews.com
  • image 9: dictio.id
  • image 10: wikipedia.org
Ayam Kampung Super JOPER-

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: