Berapa Harga Jual DOC Joper di Sragen dan Sekitarnya ?

Berapa Harga Jual DOC Joper di Sragen dan Sekitarnya ?

Berapa Harga Jual DOC Joper di Sragen dan Sekitarnya ? – Ayam kampung super atau joper memang ayam yang dimininati oleh masyarakat. Sama halnya dengan masyarakat Sragen yang mana memang budidaya ayam joper di wilayah ini sangat potensial. Potensial nya budidaya ayam joper di Sragen bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan mendukung yang membuat ternak ayam joper di Sragen ini. Sebelum membahas mengenai potensi beternak ayam joper di Sragen, kita ulas sejenak yuk mengenai Kabupaten yang satu ini.

Sekilas Tentang Kabupaten Sragen

Kabupaten Sragen merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan ibukotanya berada di Sragen. Posisinya terletak kurang lebih 30 km sebelah timur kota Surakarta. Kota ini berbatasan dengan Kabupaten Grobogan di sebelah utara, Kabupaten Karanganya di sebelah selatan, Kabupaten Ngawi di sebelah timur, dan Kabupaten Boyolali di sebelah barat.

Kabupaten Sragen terkenal dengan museum nya yaitu Museum Fosil Sangiran dan kabupaten ini juga dikenal dengan sebutan “Bumi Sukowati”. Makanan khas dari kabupaten ini adalah 

jual doc joper sragen
Museum Purbakala Sangiran merupakan salah satu ikon sekaligus menjadi tempat wisata edukasi kebanggaan kabupaten Sragen.

Alasan Apa yang Mendukung untuk Beternak Ayam Joper?

Kami dari hobiternak.com yang setiap harinya melayani konsultasi pelanggan, terdapat satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Pertanyaan itu adalah ayam apa yang paling mudah diternakkan untuk pemula dan masa panennya lebih cepat. Jawabannya adalah, ayam joper. Banyak sekali pelanggan kami yang berasal dari berbagai daerah termasuk juga daerah Sragen yang tertarik untuk beternak ayam joper.

Kami memberikan saran untuk beternak ayam joper pun bukan tanpa alasan. Karena memang sudah banyak terbukti ayam joper memang ayam yang potensial dan mudah untuk diternakkan. Untuk lebih jelasnya, akan kami paparkan mengenai keunggulan ayam joper.

Keunggulan Ayam Joper

Banyak keuntungan yang dimiliki oleh ayam joper yang membuat para peternak tertarik untuk membudidayakan ayam joper ini. Diantaranya adalah :

  1. Memiliki masa panen yang lebih cepat, yaitu hanya sekitar 55 sampai 60 hari dengan bobot 8 ons sampai 1 kg. 
  2. Daya tahan tubuhnya lebih tinggi karena masih memiliki darah keturunan ayam  kampung.
  3. Tingkat kematian rendah, dengan manajemen pemeliharaan yang mulai dari pakan hingga kandang baik.
  4. Meskipun masa panen cepat, tekstur daging ayam joper tetap padat, kenyal, dan tidak lembek. Cocok bagi para pecinta daging ayam kampung.

Nah banyak kan keunggulan dari ayam jopernya. Selain itu ada kemudahan yang lain yang akan Anda dapatkan ketika akan memulai beternak joper. 

doc joper di sragen
Ayam joper memiliki banyak keunggulan salah satunya adalah cepat panen, maka dari itu banyak peternak yang membudidayakannya termasuk warga Sragen.

Harga DOC Joper Sragen

Kami menyediakan doc joper Sragen  berkualitas dengan harga yang terjangkau. Kecepatan pengiriman menjadi tanggung jawab kami terhadap pelanggan. Berikut harga doc joper Sragen :

Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa :

DOC JOPER: 6.500/ekor
DOC KAMSI JOPER: 5.000/ekor

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*
*Khusus untuk daerah Cilegon, Banten, Serang dan Tangerang hanya sampai di Jakarta

Kemudahan dalam Beternak Joper

Tak jarang kami menangani konsultasi dari pelanggan kami, banyak dari mereka yang merupakan peternak pemula. Seperti yang kami sampaikan di atas bahwa kami merekomendasikan ayam joper untuk peternak pemula. Mengapa begitu? Karena ayam joper memang mudah untuk di ternakkan bahkan untuk pemula. Mulai dari persiapan kandang, pemeliharaan, pakan, hingga proses panen. 

Kandang Ayam Joper

Dalam hal kandang, merupakan salah satu hal yang penting untuk tetap dijaga dan dipantau. Untuk kandang sendiri, agar hasil ternak nya maksimal, antara kandang starter (0 – 14 hari) dan kandang grower (15 – panen) dipisah. Kandang starter bisa berbentuk box persegi panjang dengan ukuran 2 x 2 x 0,4 m dan kerangka bahannya bisa dari triplek atau kombinasi triplek dan kawat strimin. Untuk alasnya diberikan sekam lalu diatasnya dilapisi koran. Tujuan dari diberikannya lapisan koran adalah agar bibit ayam tidak memakan butir-butir sekam karena pencernaannya belum kuat. 

Ketika ayam sudah berusia 14 hari maka telah siap untuk dipindahkan ke kandang grower. Untuk kandang grower sendiri bisa dengan kandang tipe postal ataupun kandang panggung. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun jika boleh kami sarankan, untuk pemula lebih mudah menggunakan kandang tipe postal dengan lantai tanah atau semen karena pembuatannya serta pembersihannya lebih mudah.

kandang ayam joper
Pemilihan kandang bisa disesuaikan dengan lokasi peternak. Salah satu kandang yang sering digunakan adalah kandang tipe postal dengan alas dari campuran sekam dan pasir.

Pemeliharaan dan Pakan Joper

Pemeliharaan ayam joper tergolong mudah. Ketika ayam masih berada di kandang box atau kandang grower dan masih berbentuk doc ayam joper, alas harus di lapisi koran dan koran harus diganti setiap hari. Karena jika tidak diganti, maka koran akan lembab dan bisa menyebabkan penyakit. Ketika ayam berada di kandang grower, alasnya juga masih sekam namun dengan campuran pasir dan kapur mati sebagai desinfektan. Lalu kondisi sekam harus selalu di cek, jika ada yang basah atau menggumpal maka harus segera di bolak-bolak. Tujuan dari pembolak-balikan sekam adalah mencegah timbulnya bibit penyakit yang bersumber dari sekam yang basah dan menggumpal. 

Kemudian untuk pakannya, ketika ayam masih berusia dibawah 15 hari bisa diberikan pakan utama jenis pakan pabrikan konsentrat atau voer. Pilihannya bisa dari jenis BR-1, AKA-1, atau 511. Kemudian setelah berusia di atas 2 minggu, bisa diberikan pakan konsentrat jenis BR-2, AKA-2, atau 512. Namun pakan tersebut bisa diakali dengan pakan campuran atau pakan alternatif

Panen Ayam Joper

Ketika ayam joper sudah berusia 55 hari, maka bisa dilakukan penyortiran. Kumpulkan ayam yang sudah memiliki berat minimal 8 ons di tempat terpisah untuk menghemat pakan. Ayam tersebut bisa Anda berikan pakan campuran dari bahan jagung atau bekatul lalu sisanya baru diberi konsentrat.

Untuk pemasarannya, supaya memudahkan maka Anda bisa mengikuti komunitas peternak yang ada di daerah Anda misalnya komunitas peternak doc joper Sragen. Dengan mengikuti komunitas, sedikit banyak akan membantu dalam pemasaran dan juga bertukar informasi. Selain itu pemasarannya bisa Anda lakukan secara mandiri langsung kepada konsumen, melalui pengepul, dibuat karkas, atau dipasarkan di restoran-restoran.

Sebelum beternak, Anda bisa mencari referensi dahulu bisa dengan membaca buku ataupun membaca analisa tenak joper. Hal itu akan membantu Anda dalam memantapkan niat dan mengumpulkan informasi seputar peternakan yang akan bermanfaat nantinya.

jual doc joper di sragen
Salah satu alternatif pemasaran ayam kampung super adalah dengan mengolahnya menjadi karkas lalu dipasarkan ke restoran atau rumah makan.

Bagi Anda yang berminat untuk beternak joper, kami menyediakan doc joper untuk Sragen dan sekitarnya dengan kualitas baik. Area yang meliputi penjualan kami juga menjangkau sekitaran Sragen seperti Purwodadi, Blora dan sekitarnya. Selain pemesanan, kami juga melayani konsultasi gratis sebelum dan sesudah membeli di DOC ayam joper di tempat kami. Untuk pemesanan maupun konsultasi masalah peternakan, silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
doc joper di sragen, doc joper sragen, jual doc joper sragen, harga doc joper sragen, penjual doc joper di sragen, ayam joper sragen, jual ayam joper sragen,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP