Kudus adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Kudus berbatasan dengan kabupaten Pati di timur, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak di selatan serta Kabupaten Jepara di barat. Kudus terkenal dengan sebutan kota santri. Kota ini merupakan pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan. Bukti dari hal tersebut yaitu terdapatnya 3 makam wali atau sunan di daerah Kudus. Wali atau sunan yang di makamkan di sana yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu. Kebanyakan wilayah di kabupaten Kudus yaitu dataran rendah.

Awalnya kota Kudus di namai dengan kota “Tajug”. Apa itu “Tajug”? Tajug adalah bentuk atap arsitektur tradisional kuno yang di pakai tujuan keramat. Dulu Tajug di gunakan untuk tempat sembahyang warga Hindu. Jadi tidak heran bila kota ini dianggap suci oleh warga setempat yang beragama Hindu. Kudus memiliki beberapa julukan di antaranya kota santri, kota kretek, kota semarak, jerusalem van java dan kota jambu bol.

Harga Jual DOC atau Bibit Ayam Kampung Super atau Joper di Kota Kudus
Harga Jual DOC atau Bibit Ayam Kampung Super atau Joper di Kota Kudus

Perekenomian di kota Kudus

Perekonomian warga di Kota Kudus yaitu kebanyakan pertanian dan industri. Banyak industri-industri yang sudah berdiri di kota ini. Beberapa industri yang sudah berdiri di Kudus yaitu Industri Sepatu & Sandal di Krandon, Industri Kopi di Kedungdowo, Industri Gula Tebu di Puyoh, Industri Batik kudus di Peganjaran dan masih banyak lagi industri lainnya. Sedangkan di bidang pertanian, yaitu pertanian rambutan di Rejosari, pertanian jambu bol di Pati, pertanian duku sumber di Hadipolo dan pertanian lainnya.

Banyaknya industri dan pertanian, membuat peternak di kota Kudus ini belum terlalu banyak. Sebenarnya membuka usaha peternakan di kota Kudus ini cukup menjanjikan. Karena seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa usaha peternakan di kota Kudus belum banyak. Ada berbagai bidang peternakan yang bisa di lakoni. Salah satu bidang peternakan yang bisa di lakoni yaitu peternakan ayam. 

Membuka usaha peternakan ayam selain bisa memberikan keuntungan, juga bisa memenuhi permintaan akan daging ayam yang cukup banyak. Peternakan ayam pedaging salah satu yang saat ini banyak di cari. 

Pertanian Jambu Bol di kota Kudus
Pertanian Jambu Bol di kota Kudus

Sebab kenapa beternak ayam pedaging

Dalam bahasa ekonomi, adanya permintaan yang tinggi menjadi faktor paling utama untuk mempengaruhi seseorang untuk mulai berinvestasi pada suatu bidang usaha ekonomi. Faktor yang mempengaruhi permintaan yaitu adanya pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan penduduk, urbanisasi dan arus globalisasi. Banyaknya faktor tersebut membuat meningkatnya konsumsi perkapita produk peternakan. Selain itu bertambahnya penduduk dapat menjadi faktor utama semakin pesatnya laju permintaan daging ayam. 

Banyaknya restoran dan rumah makan yang menyajikan aneka kuliner berbahan dasar daging ayam menjadi salah satu bukti adanya permintaan konsumen yang tinggi. 

Salah satu ayam pedaging yang cocok dan saat ini sedang terkenal yaitu ayam joper
Salah satu ayam pedaging yang cocok dan saat ini sedang terkenal yaitu ayam joper

Baca juga :

Ayam pedaging apa yang cocok untuk di ternak?

Saat ini banyak dari peternak yang memilih jenis ayam Joper dari pada ayam kampung asli. Ayam Joper memiliki masa panen yang cepat dan cita rasa pada daging ayam Joper tak kalah enak dengan ayam kampung asli. Hadirnya ayam Joper ini dapat menjadi salah satu alternatif ternak ayam pedaging. 

Ayam Joper adalah hasil dari persilangan ayam bangkok pejantan dengan petelur betina. Masa panen dari ayam Joper cukup singkat yaitu 60 hari. Dalam waktu 60 hari tersebut, biasanya bobot yang bisa di hasilkan yaitu 0,8 ons – 1 kg. 

Joper atau ayam jawa super atau ayam kampung super merupakan jenis ayam pedaging yang saat ini cukup populer. Kepopuleran ayam joper ini karena masa panennya yang cepat. 

Berikut adalah video beberapa keunggulan ayam joper

Harga doc joper kudus

Semakin banyaknya peminat ayam joper di wilayah kudus, maka semakin banyak pula yang jual doc joper kudus. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau. Di hobiternak.com harga doc joper yaitu : 

Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa : 
JOPER KAMSI JOPER
Rp 5.300 / ekor Rp 5.200 / ekor

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*

Ciri-ciri doc joper yang berkualitas
Ciri-ciri doc joper yang berkualitas

Ciri-ciri doc joper yang berkualitas

  • Berat badan minimal 38 gram per ekor
  • Mata bulan dan cerah
  • Ukuran badan seragam
  • Kaki terlihat kering dan mengkilap
  • Bulu ayam panjang dan mengembang
  • Tidak terdapat cacat di bagian anggota tubuhnya
  • Postur tubuh doc joper tegap
  • Doc joper bergerak aktif dan lincah

Analisa Joper

Untuk mencoba ternak ayam joper ini, Anda bisa beternak dengan kapasitas yang kecil contohnya 100 ekor. Dan sebelum beternak hendaknya lebih baik di analisa terlebih dahulu berapa modal yang di butuhkan dan apa saja yang di perlukan dalam proses beternak joper. 

Dan jika Anda berminat untuk beternak ayam joper, kami menyediakan doc atau bibit usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi nomor admin kami di bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
doc joper kudus, jual doc joper kudus, doc ayam joper kudus, doc ayam joper di kudus, doc joper kudus, jual doc joper di kudus, penjual doc joper di kudus, penjual doc joper kudus


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: