Harga ayam cemani walik sangat bervariasi. Ayam cemani walik merupakan jenis ayam hias yang memiliki bulu, paruh, dubur, ketiak, kaki, tenggorokan dan jengger berwarna hitam. Yang membedakan dengan ayam cemani biasa yaitu bulunya. Ayam cemani walik memiliki bulu yang menghadap ke atas seperti terbalik. Kata walik berasal dari bahasa Jawa yang berarti terbalik, merujuk pada bentuk bulu di seluruh tubuhnya yang terbalik. Ayam ini memiliki aura pesona dan keunikan tersendiri bagi sebagian kolektor ayam hias.

Ayam Cemani usia 4 bulan
Ayam Cemani usia 4 bulan

Sejarah

Ayam cemani berasal dari Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dan sejak zaman kerajaan Majapahit. Ayam ini pertama kali dimiliki oleh Ki Ageng Mangkuhan.
Namun, waktu itu ayam cemani memiliki paruh dengan warna putih dan digunakan untuk mengobati penyakit seorang anak pejabat didaerah Ki Ageng Mangkuhan, dan akhirnya anak tersebut bisa sembuh berkat ayam ini. Setelah berhasil terobati, ayam cemani dikawinkan dengan ayam lain yang sama memiliki warna hitam. Setelah dikawinkan, ayam yang menetas justru berwarna hitam legam, termasuk paruhnya juga berwarna hitam. Oleh sebab itu, ayam ini disebut ayam cemani. Nama tersebut diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya ayam hitam legam.

Mitos ayam walik

1. Sebagai tumbal
Dalam dunia mistis, ayam cemani sering digunakan untuk tumbal. Daging, tulang dan darah ayam cemani walik yang berwarna hitam dipercaya sebagai makanan kesukaan jin, dedemit, iblis dan berbagai jenis makhluk halus lainnya.
2. Untuk ritual
Ayam walik biasanya dimanfaatkan untuk ruwat atau syukuran bumi, laut, gunung dan lainnya. Ayam ini dipercaya juga untuk memikat lawan jenis bagi orang yang sulit mendapatkan jodoh.

Semakin berkembangnya zaman mitos-mitos tersebut mulai menghilang. Mitos-mitos yang beredar tentang ayam walik ini sebenarnya belum tentu benar adanya. Kita harus selalu selektif dalam melakukan segala hal jangan sampai kita jadi terjerumus dalam sifat syirik.




Ayam cemani adalah ayam lokal Indonesia yang unik dan eksotis

Kegunaan ayam walik

1. Menyembuhkan luka kesleo                                                                             
Pada lemak daging ayam cemani terdapat kandungan minyak. Minyak yang terkandung dalam ayam cemani mampu mengatasi luka dalam seperti terkilir dan kesleo. Caranya dengan mengukus daging ayam cemani.
2. Meningkatkan vitalitas pria
Menurut kepercayaan masyarakat, ayam cemani mampu meningkatkan vitalitas pria ketika berhubungan intim. Caranya dengan meminum darah ayam cemani atau dengan telurnya tetapi ditambah madu.
3. Menurunkan kolesterol
Pada daging ayam cemani terdapat kandungan niacin sehingga bisa menurunkan kolesterol. Caranya daging ayam cukup dikukus jangan digoreng agar minyak yang terkandung dalam ayam tidak bertambah.
4. Mencegah terjadinya radang sendi

Kandang Ayam

Jika ayam masih DOC maka letakkan didalam box saja agar suhu tetap hangat. Selain itu, bisa meminimalisir terjadinya kematian pada anak ayam.
Jika sudah beranjak dewasa sebaiknya model kandang dibuat umbaran, dengan tujuan agar ayam lebih terlatih untuk mencari makan.
Kandang adalah hal yang cukup penting bagi hewan ternak atau hewan peliharaan. Suasana kandang yang nyaman dapat membuat hewan ternak menjadi tumbuh dengan baik. 

Makanan ayam cemani walik

Untuk pemberian makanan yang khusus, cukup memberikan voer atau konsentrat untuk anakan ayam cemani atau DOC. Setelah ayam berumur lebih dari 3 minggu baru diberi makanan tambahan. Contohnya seperti jagung giling, nasi sisa yang belum basi, dan bekatul.

Harga Ayam Cemani Walik
Ayam Cemani Walik

Penularan penyakit

1. Penularan penyakit dapat melalui hewan perantara.
2.Penularan melalui kontak langsung
3. Melalui udara
5. Penularan melalui pakan
6. Penularan melalui air minum dan peralatan yang digunakan

Pencegahan penyakit

1. Rutin membersihkan kandang
2. Rutin melakukan imunisasi
3. Memberikan vaksin

Minat masyarakat dalam memelihara ayam cemani:

1. Ikut melestarikan ayam lokal Indonesia.
2. Tertarik dengan keunikan ayam cemani.
3. Mempunyai tujuan tertentu yang biasanya bersifat mistis.

Kami tidak menyediakan cemani untuk keperluan lain atau tujuan lain.

Sebenarnya tidak banyak orang yang budidaya ayam cemani walik ini. Maka dari itu wajar bila harga ayam ini mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan ayam cemani biasa, itu pun kalau ada ayamnya. Berikut adalah daftar harga ayam beserta telur hias :

Harga Ayam Hias Cemani Walik Per Ekor :

 1 Bulan  @ Rp175,000
   2 Bulan   @ Rp 250,000
3 Bulan   @ Rp350,000
4 Bulan   @ Rp500,000
5 Bulan   @ Rp600,000
Dewasa   @ Rp875,000

Melakukan jual beli ayam hias ini sangat menguntungkan karena harga ayam cemani walik memiliki harga yang relatif tinggi. Hal ini disebabkan oleh langka dan sulitnya ayam cemani walik ditemukan, selain itu binatang ini sering di cari pecinta ayam untuk dijadikan sebagai binatang hias.

Ayam Cemani Walik
Ayam Cemani Walik

Ciri-ciri ayam cemani walik :

Memiliki lidah abu-abu/putih, bulu, kulit, mohon maaf dubur sampai kaki berwarna hitam dan darahnya berwarna merah tua.

*Ayam cemani untuk tujuan lain atau keperluan lain selain ternak/ayam hias biasanya meminta syarat tertentu seperti lidah hitam atau darah hitam. Dan semenjak kami ternak dari tahun 1999 belum pernah menemukan ayam yang seperti itu.

Telur ayam cemani :

Banyak masyarakat yang bertanya apakah telur ayam cemani berwarna hitam? 

Meskipun di seluruh tubuh ayam cemani berwarna hitam namun telur ayam cemani tetap sama seperti telur ayam kampung biasa yaitu berwarna putih. Sebenarnya bisa di bilang aneh mengapa semua berwarna hitam namun telurnya tetap berwarna putih. Memang semua itu sudah kehendak Allah SWT 

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam cemani walik berkualitas. Kami siap mengirimkan ke seluruh Indonesia untuk semua daerah yang terjangkau kargo hewan. Untuk ke wilayah Jawa kami bisa mengirimkan via kereta atau bis dan ke Luar Pulau Jawa kami kirimkan via pesawat. Dan jika Anda menginginkan telur Ayam Cemani Walik  untuk di tetaskan sendiri kami juga menyediakannya. Kami hobiternak.com sudah cukup sering menirimkan baik ke Pulau Jawa maupun ke Luar Pulau Jawa dan alhamdulillah untuk resiko kematian cukup kecil  :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
budidaya ayam cemani walik, harga ayam hias, harga ayam mutiara, jual beli ayam hias, harga telur ayam hias, kegunaan ayam walik, mitos ayam walik,

Meilani Sawitri


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: