Kebutuhan konsumsi di Indonesia semakin bertambah. Hal ini di karenakan semakin bertambahnya penduduk di Indonesia dari hari ke hari. Bukti yang bisa Anda lihat yaitu banyaknya warung makan, restoran atau rumah makan di hampir semua lokasi yang berpenduduk. Di Boyolali, Jawa Tengah juga pertumbuhan penduduknya cukup banyak.

Boyolali

Boyolali terkenal dengan produksi susunya. Salah satu sentra terbesar penghasil susu sapi segar yaitu di Jawa Tengah. Umumnya peternakan sapi perah berada di daerah selatan dan dataran tinggi yang berudara dingin, namun karena di Boyolali Jawa Tengah menggunakan sapi yang berasal dari sub-stropis Australia dan Selandia Baru maka tak heran jika sapi tersebut dapat dikembangkan dan bisa menghasilkan susu. 

Boyolali terkenal dengan produksi susunya

Boyolali terkenal dengan produksi susunya

Selain banyak peternak susu di Boyolali juga ada industri yang cukup banyak dan bisa menampung tenaga kerja potensial. Bidang industri yang cukup banyak di Boyolali yaitu di bidang tekstil. 

Contoh pabrik tekstil yang ada di Boyolali yaitu PT. Safaritex, PT. Sari Warna Asli, PT Jesi Jason Surja Wibowo dan lain sebagainya.

Peluang Usaha di Boyolali

Banyak saat ini orang-orang lebih senang membuka usaha sendiri untuk memenuhi kebuhan hidup. Orang-orang lebih suka menjadi bos atau pimpinan sendiri di usahanya meski usaha yang di dirikan masih dalam ruang lingkup kecil. Salah satu usaha yang banyak beredar yaitu usaha ternak ayam. 

Karena di Boyolali sudah banyak ternak sapi, maka ternak ayam bisa menjadi salah satu usaha yang bisa Anda coba. Jenis ayam ada dua jenis, ada ayam pedaging dan ada ayam petelur. 

Ayam Pedaging Potensial 

Naahhh, kali ini kita akan membahas mengenai ternak ayam pedaging. Ayam pedaging yaitu jenis ayam yang diternakan dan pada saat panen di manfaatkan dagingnya. Jenis-jenis ayam pedaging cukup banyak diantaranya ayam pejantan, ayam broiler, ayam kampung asli, ayam kampung super dan lain sebagainya. 

Agar dapat menghasilkan panenan bagus dan sesuai dengan target maka yang harus dilakukan peternak adalah dalam hal pemeliharaan dan pemberian pakan ayam joper. Untuk pakan ayam joper tersebut peternak juga harus memperhatikan jadwal pemberian pakan ayam joper yang sesuai.

Ayam Kampung Super (JOPER)

Salah satu ayam pedaging yang sedang populer saat ini yaitu ayam kampung super atau Joper. Joper adalah ayam hasil persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina. Sebutan lain dari ayam ini yaitu ayam kamper, jawa super, kampung super atau koper. Kepopuleran ayam ini karena masa panennya yang cepat. 

Selain masa panennya yang cepat yaitu 60 hari, daging ayam joper juga memiliki cita rasa yang lezat dan bertekstur padat lebih padat daripada ayam ras. Karena memiliki masa panen yang cepat maka peluang ayam terkena gangguan penyakit sangat kecil. 

JOPER adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina.
JOPER adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina.

Warna dari bulu ayam Joper yaitu ada yang berwarna hitam, putih, coklat serta campuran dari warna tersebut. Biasanya peternak beternak ayam joper menggunakan sistem intensif.  Meskipun ayam joper ini pemeliharaannya bisa menggunakan sistem umbaran. Namun, kami dari hobiternak.com lebih menyarankan menggunakan sistem intensif karena ayam lebih terawat dan manajemen pakannya lebih tertata. 

Harga DOC Joper Boyolali

Harga doc joper di wilayah Jawa biasanya lebih terjangkau daripada di luar pulau Jawa.Untuk harga ayam joper di boyolali yaitu sebagai berikut : 

Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa : 
JOPER KAMSI JOPER
Rp 5.300 / ekor Rp 5.200 / ekor

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*

DOC Joper usia baru saja menetas
DOC Joper usia baru saja menetas

Ciri-ciri DOC JOPER berkualitas

  • DOC jober berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Berat badan ayam minimal 38 gram per ekornya
  • DOC bergerak aktif dan lincah
  • Memiliki mata yang cerah dan bulat
  • Kaki tidak kering namun terlihat mengkilat
  • Postur tubuh DOC tegap
  • Semua doc memiliki postur tubuh yang seragam
  • Tidak terdapat cacat di bagian tubuhnya
  • Penetasan selama 21 hari (tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat)

Pentingnya analisa sebelum beternak Joper

Sebelum Anda memulai ternak Joper, hal yang harus Anda lakukan yaitu menganalisa ternak Joper dengan kapasitas contohnya 100 ekor , 200 ekor atau sesuai dengan berapa yang akan Anda ternakan. 

Banyak peternak-peternak menggunakan langkah tersebut dengan tujuan untuk mengetahui berapa perkiraan biaya yang harus di keluarkan selama proses beternak dari anakan sampai panen. 

Analisa sangat penting sebelum beternak ayam Joper
Analisa sangat penting sebelum beternak ayam Joper

Peralatan beternak ayam Joper 

Setelah menganalisa Anda bisa mempersiapkan peralatan dan bahan apa saja yang harus di gunakan. Yang pertama yaitu kandang ayam joper, usahakan sebelum Anda membeli doc joper di hobiternak.com, Anda harus membuat kandang terlebih dahulu.

Memang saat kita beternak ayam kampung super, hal utama yang tidak boleh di lupakan atau kesampingkan yaitu kandang dan peralatannya. Peralatan kandang berfungsi untuk mempermudah dalam proses pembesaran ayam Joper.

Peralatan ternak ayam joper salah satunya tempat pakan
Peralatan ternak ayam joper salah satunya tempat pakan

Yang termasuk dalam peralatan kandang yaitu tempat pakan, minum, pemanas, terpal, pakan, termometer, ember, drum, kawat atau tali dan peralatan tambahan lainnya jika di butuhkan. 

Dan jika Anda berminat untuk ternak ayam Joper silahkan bisa hubungi kami. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewant. Untuk respon cepat  bisa hubungi nomor WA atau telepon di bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
doc joper boyolali, doc ayam joper boyolali, harga doc joper boyolali, jual doc joper di boyolali, penjual doc joper boyolali, doc joper di boyolali


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: