DOC Joper Wonosobo, Lihat Update Harga Terbarunya!

DOC Joper Wonosobo – Siapa yang belum mengenal kabupaten yang satu ini? Sebuah kabupaten yang terletak di kaki gunung Sumbing dan Sindoro ini adalah kabupaten yang subur. Ya, kabupaten itu adalah Kabupaten Wonosobo. Terletak di Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan dengan Kabupaten Temanggung. Kabupaten ini memiliki motto “Wonosobo ASRI” yang mana merepresentasikan kondisi di daerah Wonosobo yang memang aman, sehat, rapi, dan indah. 

Perekonomian di Kabupaten Wonosobo

Berbicara mengenai kegiatan perekonomian di Wonosobo yang memang daerah pegunungan dan dataran tinggi, kegiatan ekonominya banyak di sektor pertanian. Bagaimana tidak? Suburnya daerah ini sangat-sangat mendukung kegiatan pertanian, entah itu pertanian padi, sayur, ataupun buah. Jika Anda berkunjung ke Wonosobo, pasti disekeliling jalan terhampar tanaman padi dan pertanian sayur sayuran serta buah. Diantaranya adalah kentang, kubis, sawi, tomat, seledri dan berbagai macam sayuran lain. Untuk buahnya banyak ditemukan jenis stroberi, nanas, buah naga, anggur, dan tentunya carica, buah yang menjadi ikon di kabupaten ini. Buah carica sering dijadikan olahan manisan dan menjadi oleh oleh paling laris terutama dari daerah Dieng. 

Kegiatan ekonomi di Wonosobo
Perkebunan buah dan sayur banyak ditemukan di daerah Wonosobo, seperti kebun sayur kol.

Selain pada sektor pertanian, sektor peternakan juga sangat mendukung jika di jalankan di daerah Wonosobo ini. Baik itu peternakan unggas ataupun hewan ternak mamalia seperti kambing dan sapi. Jika ternak kambing atau sapi sudah umum, saatnya  mencoba jenis lain sehingga peluangnya tinggi dan daya saingnya yang tidak terlalu ketat. Salah satunya adalah dengan beternak ayam, yang mana merupakan salah satu kegiatan ternak yang hasilnya panennya dibutuhkan banyak orang. Seperti daging ayam, yang memang sebagian besar masyarakat menyukainya karena harganya yang terjangkau dan mudah diolah. 

Mengapa Harus Beternak Ayam ?

Salah satu alasannya adalah beternak ayam mudah dilakukan bahkan untuk pemula. Pemasaran hasil ternak pun mudah serta peluang terserapnya di masyarakat lebih tinggi. Terlebih di waktu-waktu tertentu seperti bulan Ramadhan, Idul Fitri, dan juga saat akhir tahun. Tak jarang di moment tersebut harga daging ayam bisa melonjak lebih tinggi yang mana bisa menguntungkan peternak. Untuk sehari-harinya, harga daging ayam juga cenderung stabil terutama untuk jenis ayam kampung yang harganya lebih tinggi dibandingkan harga daging ayam negeri. 

Ayam Jenis Apa yang Cocok Untuk Daerah Wonosobo

Seperti yang kita ketahui bahwasanya daerah Wonosobo merupakan daerah yang sebagian besar berada di pegunungan, kita harus pintar-pintar memilih jenis ayam yang bisa diternakkan. Yang mana jenis ayamnya harus ayam yang daya tahan tubuhnya tinggi dan tidak mudah sakit di cuaca dingin. Nah, bagi Anda yang belum tahu, ada salah satu jenis ayam yang memiliki daya tahan tubuh baik dan bisa dipeliharan di wilayah yang bersuhu dingin. Ayam tersebut adalah ayam kampung super atau ayam joper. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh ayam joper adalah memiliki daya tahan tubuh yang baik. 

doc ayam joper wonosobo
Beternak ayam adalah kegiatan yang cocok di lakukan di Wonosobo. 3. Salah satu jenis ayam yang memiliki daya tahan tubuh tinggi di suhu dingin adalah ayam joper.

Ayam Joper Bisa Dipelihara Dimana Saja

Bagi Anda yang ingin membudidayakan ayam joper tidak perlu khawatir karena ayam joper ini bisa dipelihara dimana saja. Bisa di daerah dataran rendah ataupun dataran tinggi. Untuk dataran tinggi seperti Wonosobo pun bisa. Ayam joper memiliki kemampuan bertahan hidup di cuaca dingin. Ditambah dengan perawatan yang benar dan sesuai maka ayam joper akan tumbuh dengan baik di Wonosobo. 

Perawatan Ayam Joper di Daerah Dataran Tinggi

Untuk perawatan sebenarnya hampir sama seperti pada pemeliharaan ayam joper di daerah dataran rendah. Hanya saja karena perbedaan suhu udara, jadi ada sedikit yang harus kami sampaikan. Secara garis besar, perawatan ayam joper yang dipelihara di dataran tinggi seperti Wonosobo adalah seperti berikut :

Pemilihan dan Kebersihan Kandang 

Untuk daerah dataran tinggi, kandang yang bisa digunakan adalah kandang panggung. Bisa juga menggunakan kandang postal jika lokasi tanah yang akan digunakan untuk beternak kondisinya rata. Namun kami sarankan untuk menggunakan kandang panggung saja. Untuk ukurannya sebagai berikut. Jarak antara tanah dan alas kandang bisa 1 atau 1,5 m lalu tinggi alas kandang hingga atap kandang 1,5 ata 1,6 m. Pada alas kandang bisa diberi sekam yang ketebalannya kurang lebih 5 sampai 10 cm. Sekam setiap hari harus dibolak balik agar jika ada sekam yang basah bisa segera teratasi dan tidak ada sekam yang menggumpal. Karena hal itu bisa menimbulkan bibit penyakit yang bersumber dari gas amonia dari kotoran ayam. 

harga doc joper wonosobo
Kandang panggung adalah kandang yang cocok untuk joper yang dipelihara di dataran tinggi. Dengan dinding yang diberi terpal untuk mengurangi suhu dingin di kandang.

Dinding kandang bisa terbuat dari bilah bambu atau kawat harmonika. Alas kandang bisa dengan semen atau bambu juga bisa. Ketika suhu udara menjadi lebih dingin, maka sekeliling kandang bisa ditutup dengan plastik atau terpal. Lampu penghangat di dalam kandang kandang juga bisa ditambah. Karena di daerah Wonosobo curah hujannya tinggi, jadi sebaiknya di sekeliling kandang dibuat saluran air atau parit sehingga ketika hujan turun air tidak menggenang di sekitar kandang. Sebelum kandang digunakan juga sebaiknya dilakukan fumigasi untuk membunuh kuman dan bakteri yang bisa membuat ayam menjadi sakit. 

Pemberian Pakan dan Minum yang Bernutrisi

Untuk pakannya Anda bisa memberikan jenis konsentrat yang mengandung banyak nutrisi. Lalu Anda juga bisa memberikan pakan alternatif berupa maggot bsf, bekatul, atau jagung. Anda juga bisa memberikan vitamin dan suplemen tambahan pada ayam-ayam Anda agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga. Biasanya vaksin ND IB, tetes mata, dan juga vitamin merek vitachicks. 

jual doc joper wonosobo
Maggot bsf sebagai solusi pakan alternatif ayam joper yang mengandung banyak nutrisi.

Harga DOC Ayam Joper Wonosobo

Bagaimana, apakah Anda berminat untuk mulai beternak joper? Pastinya iya, karena sangat potensial untuk daerah Wonosobo dan sekitarnya juga pemasarannya pun bisa dimana saja. Anda tak perlu khawatir mengenai dimana Anda akan mendapatkan bibit ayam joper berkualitas. Karena kami hobiternak.com sebagai supplier aneka macam bibit unggas menyediakan bibit ayam joper berkualitas. Kami jual doc joper Wonosobo dan siap mengirimkan ke daerah Anda dan seluruh Indonesia. Berikut untuk daftar harganya.

Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa : 
JOPER KAMSI JOPER
Rp 5.900 / ekor Rp 6.900 / ekor

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*

Untuk pemesanan dan juga konsultasi seputar peternakan unggas, silahkan menghubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
doc joper wonosobo, doc ayam joper wonosobo, jual doc joper wonosobo, jual doc ayam joper wonosobo, harga doc joper wonosobo, harga doc ayam joper wonosobo, penjual doc joper di wonosobo, 


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: