Cek Keunggulan Ayam Arab yang Menguntungkan Bagi Peternak

Ternak ayam arab petelur semakin populer di Indonesia karena mampu memberikan keuntungan yang cukup besar bagi peternak.

Ayam arab petelur memiliki keunggulan dalam produktivitasnya, dimana ayam ini mampu bertelur dalam jumlah yang cukup banyak yakni sebesar 250-260 butir/ekor/tahun untuk yang jenis ayam arab silver.

Untuk menghasilkan ayam arab petelur yang sehat dan produktif, diperlukan perawatan yang baik dan benar. Kualitas pakan yang diberikan harus dijaga agar dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi ayam.

Ayam arab jenis ayam buras penghasil telur yang tinggi | image 1
Ayam arab jenis ayam buras penghasil telur yang tinggi | image 1

Selain itu, lingkungan yang bersih dan sehat juga harus dijaga, agar ayam tetap sehat dan produktif. Dalam hal pemilihan bibit, peternak juga perlu memilih bibit yang berkualitas dan bebas dari penyakit agar dapat menghasilkan ayam arab petelur yang sehat dan produktif.

Dengan perawatan yang baik dan benar, ayam arab petelur dapat menjadi investasi yang menguntungkan bagi peternak.

Namun sebelum Anda terjun langsung untuk beternak ayam arab, alangkah lebih baiknya mengetahui beberapa keunggulan ayam arab ini. Berikut akan kami informasikan mengenai keunggulan ayam arab :

Keunggulan Ayam Arab

1. Kemampuan Produksi Telur yang Tinggi

Ayam Arab menjadi salah satu jenis ayam yang diminati oleh peternak di Indonesia karena memiliki keunggulan dalam kemampuan produksi telurnya yang tinggi.

Ayam Arab termasuk jenis ayam buras yang mampu menghasilkan telur dalam jumlah mencapai 250-260 butir per tahun, yang menjadi nilai tambah bagi para peternak.

Selain itu, telur yang dihasilkan oleh ayam Arab memiliki kualitas yang baik dengan warna kerabang putih hampir mirip seperti telur ayam kampung.

Dengan kemampuan produksi telur yang tinggi, ayam Arab dapat menjadi pilihan tepat bagi peternak yang ingin menghasilkan telur dengan jumlah yang besar dan berkualitas tinggi.

Telur ayam arab memiliki kerabang berwarna putih | image 2
Telur ayam arab memiliki kerabang berwarna putih | image 2

2. Efisiensi Pakan

Ayam arab memiliki keunggulan dalam efisiensi pakan, yang juga menjadi nilai tambah bagi para peternak.

Baca Juga!  Harga DOC Ayam Petelur Layer & Keunggulan dalam Beternak Ayam Petelur

Ayam Arab mampu memanfaatkan pakan dengan lebih efisien, sehingga dapat menghasilkan daging atau telur dengan konsumsi pakan yang lebih sedikit dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

Dengan efisiensi pakan yang tinggi, peternak dapat menghemat biaya pakan dan meningkatkan keuntungan dalam usaha peternakan ayam Arab.

Namun, meskipun ayam Arab memiliki keunggulan dalam efisiensi pakan, tetap diperlukan perawatan yang baik dan benar untuk menjaga kesehatan dan produktivitas ayam.

Selain itu, pakan yang diberikan juga harus mengandung nutrisi yang cukup bagi ayam Arab, agar dapat memaksimalkan efisiensi pakan yang dimilikinya.

Kebutuhan konsumsi pakan ayam arab sedikit | image 3
Kebutuhan konsumsi pakan ayam arab sedikit | image 3

3. Memiliki Daya Seksual yang Tinggi

Pejantan ayam arab terkenal dengan memiliki daya seksual yang tinggi. Ayam Arab jantan memiliki kemampuan untuk mengawini beberapa ayam Arab betina.

Hal ini membuat ayam Arab jantan menjadi pilihan tepat bagi peternak yang ingin menghasilkan anak ayam dengan jumlah yang lebih banyak.

Ayam Arab jantan yang sehat dan kuat dapat memenuhi kebutuhan reproduksi beberapa ayam Arab betina, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan dalam usaha peternakan.

Namun, perlu diingat bahwa dalam memilih ayam Arab jantan sebagai ayam jantan pemimpin, peternak harus memperhatikan aspek kesehatan dan kekuatan fisik ayam Arab jantan tersebut.

Ayam Arab yang sehat dan kuat akan memiliki daya tahan tubuh yang baik, sehingga dapat menghasilkan keturunan yang sehat dan kuat pula.

Dalam hal ini, peran peternak sangat penting dalam memilih ayam Arab jantan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam usaha peternakan.

Ayam arab jantan bisa mengawini beberapa ekor ayam arab betina karena ia memiliki daya seksual yang tinggi | image 4
Ayam arab jantan bisa mengawini beberapa ekor ayam arab betina karena ia memiliki daya seksual yang tinggi | image 4

4. Memiliki Daya Tahan Tubuh yang Bagus

Ayam Arab adalah salah satu jenis ayam yang memiliki daya tahan tubuh yang baik. Ayam Arab memiliki daya tahan tubuh yang baik karena memiliki ketahanan terhadap beberapa jenis penyakit yang sering menyerang ayam lain.

Baca Juga!  Ternyata Penting, Proses Potong Paruh pada Ayam Petelur

Selain itu, ayam Arab juga memiliki daya tahan terhadap perubahan suhu dan kondisi lingkungan yang tidak stabil.

Hal ini membuat ayam Arab lebih tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrem, seperti suhu yang sangat panas atau sangat dingin.

Daya tahan ayam arab bisa dikatakan lumayan bagus ketimbang jenis ayam lain | image 5
Daya tahan ayam arab bisa dikatakan lumayan bagus ketimbang jenis ayam lain | image 5

Secara keseluruhan, ayam Arab merupakan salah satu jenis ayam yang memiliki berbagai keunggulan, seperti kemampuan produksi telur yang tinggi, efisiensi pakan yang baik, daya tahan tubuh yang kuat, dan kemampuan reproduksi yang baik.

Hal ini membuat ayam Arab menjadi pilihan yang tepat bagi peternak yang ingin memulai usaha peternakan ayam dengan risiko yang lebih rendah dan hasil yang lebih maksimal.

Namun, dalam menjalankan usaha peternakan ayam Arab, perlu diperhatikan faktor-faktor seperti nutrisi dan perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan ayam Arab dan meningkatkan produktivitasnya.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, peternak dapat memaksimalkan potensi keunggulan ayam Arab dan meningkatkan kesuksesan usaha peternakan ayam Arab.

 

Apa Saja Keunggulan Ayam Arab | image 6
Apa Saja Keunggulan Ayam Arab | image 6

Mengapa disebut ayam arab?

Disebut ayam arab karena bentuk fisiknya yang memiliki bulu putih dibagian leher sampai kepala mirip seperti orang yang sedang memakai sorban mirip seperti orang arab. Dan juga dibawa oleh seseorang yang sedang menunaikan ibadah haji di Mekah.

Bisakah ayam arab mengeram?

Ayam arab tidak memiliki sifat mengeram sehingga bisa fokus untuk memperoduksi telur setiap waktu.

Berapa bulan panen ayam arab?

Untuk masa panen ayam arab petelur yaitu pada usia 5 bulan. Biasanya pada usia 5 bulan tersebut ayam arab sudah bisa menghasilkan telur.

Bagaimana tertarik untuk memelihara ayam arab si penghasil petelur yang tinggi ini? Apabila tertarik silahkan bisa langsung order di hobiternak.com 

Hobiternak.com sedia DOC atau bibit ayam arab dan ayam arab usia remaja sampai dewasa. Pengiriman siap menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Ada GARANSI pengiriman sampai diterima peternak

Hubungi nomor dibawah ini untuk pemesanan ataupun konsultasi : 

WHATSAPP/TELPON/SMS

0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (11 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA