Cara Mudah Membuat Kandang Ayam Elba Petelur

Setelah mengetahui artikel mengenai apa itu ayam elba, selanjutnya kami akan membahas mengenai kandang ayam elba yang baik diterapkan oleh para peternak.

Ayam elba termasuk jenis ayam petelur yang diunggulkan karena produktivitas telurnya yang tinggi. Dengan produktifitas telur yang tinggi tersebut tentu ayam harus mempunyai tempat atau kandang yang nyaman agar bisa bertelur dengan baik.

Ayam elba jenis ayam petelur yang saat ini semakin banyak peminatnya | Image 1
Ayam elba jenis ayam petelur yang saat ini semakin banyak peminatnya | Image 1

Kandang merupakan tempat yang penting pagi hewan ternak untuk melindungi dari berbagai serangan hewan pemangsa dan juga teriknya sinar matahari maupun derasnya air hujan.

Selain itu ada juga peternak yang menerapkan sistem kandang ayam elba umbaran. Tetapi kami dari hobiternak.com menyarankan agar kandang ayam elba dibuat dengan sistem kandang baterai ayam elba. 

Hal ini dikarenakan kandang baterai ayam elba petelur memiliki kelebihan serta manfaat yang dapat menguntungkan peternak maupun ayam elba itu sendiri. 

Kandang Ayam Elba Petelur

Di Indonesia, kandang ayam ada berbagai jenis dan memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Untuk ayam elba sendiri kami merekomendasikan untuk menggunakan kandang sistem intensif yaitu kandang baterai.

1. Syarat Pembuatan Kandang

Agar kandang baterai dapat berfungsi secara optimal dan sesuai dengan standar managemen, maka kandang baterai harus dibuat dengan memperhatikan syarat-syarat sebagai berikut ini :

1. Pembuatan kandang tidak merugikan pihak lain
2. Lokasi pembuatan kandang dapat memberikan kemudahan bagi peternak dan transportasi
3. Kandang jauh dari kebisingan
4. Memberikan kenyamanan bagi ayam yang dipelihara serta lingkungan sekitar kandang

Kandang Baterai banyak digunakan oleh peternak ayam elba karena lebih efektif dan efisien | image 2
Kandang Baterai banyak digunakan oleh peternak ayam elba karena lebih efektif dan efisien | image 2

2. Ukuran Kandang Baterai 

Untuk tiang penyangga kandang baterai ini memiliki kaki-kaki degan tinggi 20 – 30 cm. Penggunaan tiang penyangga berfungsi sebagai pemisah antara lantai kandang dengan lantai agar tidak bersentuhan langsung dengan permukaan tanah.

Perlu diingat bahwa pada lantai kandang baterai tersebut peternak tidak perlu menambahkan litter sebagai alasnya. Hal ini dikarenakan lantai kandang baterai ayam elba terbuat dari bilah-bilah bambu.

Pembuatan bilah-bilah bambu ini bertujuan agar kotoran yang dihasilkan ayam elba petelur dapat langsung jatuh ke bawah. Sehingga alas kandang tetap bersih dari kotoran dan dapat menghindarkan ayam elba dari serangan penyakit.

Baca juga : 7 Poin Penting dalam Mengelola Alas Kandang/Liter yang Baik

Salah satu contoh bentuk kandang baterai ayam petelur yang dapat peternak terapkan | image 3
Salah satu contoh bentuk kandang baterai ayam petelur yang dapat peternak terapkan | image 3

Untuk penempatan kandang disusun dengan memanjang atau berderet. Peternak dapat menyusun kandang dengan bertingkat-tingkat dan menyesuaikan dengan kondisi kandang yang ada.

Ukuran kandang baterai memiliki panjang depan 20 cm, lebar samping 35 cm, tinggi depan 35 cm serta tinggi belakang 30. Jika digambarkan bentuk kandang baterai ayam elba ini berbentuk trapesium.

3. Bentuk dan Susunan Kandang Baterai 

Kandang baterai yaitu kandang yang berbentuk seperti kotak-kotak yang disusun secara bertingkat dengan kaki-kaki dibagian bawah sebagai penyangganya.

Usahakan dalam pembuatan lantai kandang dibuat dengan agak miring, agar telur ayam elba dapat mengelinding ke pinggir tempat berkumpulnya telur.

Dibuatnya lantai kandang dengan modifikasi tersbut agar telur tidak terinjak-injak oleh indukan ayam elba serta telur ayam elba juga bersih.

Manfaat Kandang Baterai Ayam Elba

Kandang baterai yang digunakan untuk terak ayam petelur elba ternyata memiliki banyak manfaat. Selain membatasi gerak ayam elba, ternyata dapat menurunkan resiko ayam saling mematuk atau bertarung.

Hal ini dikarenakan dalam satu kandang baterai ayam elba hanya diisi satu ekor.
Sehingga ayam elba menjadi tidak mudah terluka dan dapat meminimalisir tertularnya penyakit dengan ayam lainnya.

Ini adalah contoh kandang baterai yang dikhususkan untuk ayam petelur | Image 4
Ini adalah contoh kandang baterai yang dikhususkan untuk ayam petelur | Image 4

Tetapi ada juga peternak yang mengisi kandang baterai tersebut dengan jumlah 2-4 ekor ayam. Tentu peternak tetap harus memperhatikan ukuran kandang yang digunakan. Agar ruang gerak ayam tidak terlalu sempit dan dapat mengakibatan ayam menjadi stress.

Dengan menggunakan kandang baterai, pakan dan minum ayam elba menjadi lebih terjamin dan tidak berebut. Karena model tempat pakan dan minum ayam elba dibuat memanjang sehingga semua ayam mendapatkan porsi yang sama dan seimbang.

Ini juga dapat menguntungkan peternak karena pertumbuhan ayam elba menjadi seragam. Peternak pun juga dengan mudah mengontrol kesehatan ayam secara intesif.

Pemberian Pakan & Minum Ayam Elba

Pakan menjadi salah satu kunci sukses peternak dalam membudidayakan ayam elba. Pemberian pakan ayam elba harus diberikan dengan memperhatikan nilai gizi dan protein yang dibutuhkan ayam elba.

Voer/ Konsentrat khusus ayam petelur bisa diberikan untuk ayam elba pada usia anakan hingga masa panen | image 5
Voer/ Konsentrat khusus ayam petelur bisa diberikan untuk ayam elba pada usia anakan hingga masa panen | image 5

Jenis pakan ayam elba yang diberikan peternak biasanya berupa pakan konsentrat pabrikan khusus ayam petelur. Peternak dapat dengan mudah mendapatkan pakan ayam elba tersebut di toko-toko pakan hewan terdekat.

Adapun untuk daftar campuran pakan alternatif atau tambahan ayam elba sebagai berikut ini :

1. Konsentrat
2. Dedak Halus
3. Jagung
4. Vitamin
5. Mineral
6. Sayuran Hijau
7. Lisin dan Metionin
8. Probiotik

Selain memperhatikan pakan ayam elba yang bagus dan berkualitas tak lupa peternak juga harus memperhatikan air minum yang bersih. Usahakan agar air minum yang diberikan ayam elba dapat terjamin kebersihannya.

Baca juga : Mau Ternak Ayam Elba ? Perhatikan Dulu Pakan Ayam Elba Ini

Peternak juga dapat menganti air minum tersebut minimal 1-2 kali sehari. Karena dengan air minum yang bersih serta pemberian pakan yang berkualitas akan menunjang produktivitas telur ayam elba menjadi lebih tinggi.

Untuk vitamin ayam elba peternak dapat memberikan berupa vitachick. Vitamin ayam elba vitachick tersebut cukup mudah di dapatkan, peternak bisa membeli di toko obat hewan terdekat.

Selain itu peternak dapat juga memberikan vaksin ayam elba agar kesehatan ayam lebih terjaga. 

Dedak atau Bekatul bisa menjadi salah satu bahan tambahan pada ternak ayam elba | image 6
Dedak atau Bekatul bisa menjadi salah satu bahan tambahan pada ternak ayam elba | image 6

Berikut merupakan penjelasan tentang pembuatan kandang ayam elba bonus pemberian pakan ayam elba yaa.

Bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha ternak ayam elba alangkah baiknya jika membuat kandang yang baik dan sesuai. 

Seperti dengan membuat kandang baterai ayam petelur ini, peternak pun dapat membuat dengan bahan dasar bambu ataupun kawat besi. Anda pun juga dapat memiliki kandang ayam elba tanpa ribet dan tentunya mudah. 

Kami dari hobiternak.com menyediakan kandang baterai ayam elba dengan bahan dasar kawat galvanis dan bahan pp polymer.

Harganya pun cukup terjangkau dan tentunya lebih awet dan tahan lama dibanding bahan dasar kayu. 

Pengiriman ayam elba hobiternak.com ke pelanggan setia di  Jawa Barat | image 7
Pengiriman ayam elba hobiternak.com ke pelanggan setia di Jawa Barat | image 7

Selain itu bagi yang menginginkan budidaya ayam elba kami jual DOC Ayam Elba usia baru saja menetas dan usia indukan siap bertelur. Harga ayam elba di hobiternak.com pun terjangkau dan siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia. 

Informasi lebih lengkapnya silahkan dapat langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

Kata terkait : kandang ayam, kandang baterai, kandang baterai ayam elba, kelebihan dan kekurangan ayam elba, vaksin ayam elba, harga ayam elba, pakan ayam elba, budidaya ayam elba, vitamin ayam elba, ciri ciri ayam elba jantan, ayam elba umbaran

5/5 - (20 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • image 2: Owned by the author
  • image 2: facebook.com
  • image 6: Owned by the author
  • image 5: Lazada
  • image 6: hobiternak.com
  • image 7: Owned by the author
  • thumnail: hobiternak.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA