Bisakah Ayam Arab Mengerami Telurnya Sendiri?

Ayam adalah hewan ternak yang sangat populer di seluruh dunia. Selain menjadi sumber protein yang baik, ayam juga dikenal karena kemampuan alaminya untuk mengerami telurnya sendiri.

Mengerami adalah proses di mana ayam betina mempertahankan suhu telur di bawah tubuhnya selama periode waktu tertentu hingga telur menetas menjadi anak ayam.

Sifat mengeram pada ayam adalah insting alami yang dimiliki oleh ayam betina untuk mempertahankan suhu dan kelembaban yang optimal bagi telur agar dapat menetas.

Selama periode mengerami, ayam betina akan mengurangi aktivitasnya dan lebih banyak tidur di atas telur untuk mempertahankan suhu tubuh yang tepat.

Hal ini memungkinkan telur untuk menetas dan anak ayam dapat berkembang di bawah perlindungan ayam betina.

Ayam arab memiliki ciri bulu putih dibagian leher sampai kepala seperti sedang memakai kerudung putih I image 1
Ayam arab memiliki ciri bulu putih dibagian leher sampai kepala seperti sedang memakai kerudung putih I image 1

Namun, ternyata tidak semua ayam betina bisa mengerami telurnya sendiri. Ada beberapa jenis ayam yang tidak memiliki sifat mengeram atau persentase sifat mengerami telurnya sangat rendah. Salah satu ayam yang tidak mau mengerami telurnya sendiri yaitu ayam arab.

Ayam arab adalah termasuk jenis ayam yang dipelihara guna untuk diambil telurnya. Meskipun masuk dalam golongan ayam buras (bukan ras) namun produktivitas telur ayam arab bisa dibilang cukup tinggi. Dalam satu tahun ayam arab bisa memproduksi telur sekitar 200-260 butir/tahun/ekor. 

Ayam arab memiliki sifat mengeram yang cukup rendah I image 2
Ayam arab memiliki sifat mengeram yang cukup rendah I image 2

Rendahnya sifat mengeram pada ayam arab ini menjadikan peternak biasanya menggunakan alternatif lain agar telur yang dihasilkan ayam arab bisa ditetaskan sehingga menghasilkan anakan ayam arab kembali.

Peternak bisa menggunakan mesin penetas telur untuk menetaskan telur ayam arab.

Penggunaan mesin penetas untuk menetaskan telur bisa dibilang cukup bagus karena persentase telur menetas lebih besar dibandingkan menggunakan indukan ayam betina.

Semoga bermanfaat…

Bisakah Ayam Arab Mengerami Telurnya Sendiri | image 3
Bisakah Ayam Arab Mengerami Telurnya Sendiri | image 3

Dan jika Anda tertarik untuk memelihara ayam arab baik dari bibit atau dewasa bisa order di tempat kami. Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan.

Baca Juga!  Jual Ayam Arab Usia Baru Saja Menetas sampai Dewasa

Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor dibawah ini :

WHATSAPP/TELPON/SMS

0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (10 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA