Berbicara mengenai Kabupaten Garut tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan khasnya yakni Dodol Garut. Dodol Garut ini memang menjadi salah satu ikon makanan yang banyak menarik perhatian masyarakat di Indonesia. Dodol ini dikenal memiliki rasa khas dan tekstur kelenturan yang bebeda dari produk jenis di daerah lain.

Kambing/ Domba Garut adalah satu ikon Kabupaten Garut yang tidak kalah terkenalnya dengan Dodol Garut

Tak hanya makananya saja yang terkenal hingga penjuru negeri. Ternyata Kabupaten Garut juga terkenal akan ketangkasan domba garut atau bisa disebut kambing garut yang biasanya digunakan sebagai hewan hias, aduan dan penghasil daging. Kedua ikon kota ini tentunya akan sulit terpisahkan. 

Mengenal Kambing/ Domba Garut lebih dekat

Kambing/ Domba Garut atau bisa disebut sebagai Priangan adalah salah satu domba yang berasal dari daerah Limbangan yang terdapat di Kabupaten Garut. Dalam bahasa latin Kambing atau Domba ini disebut sebagai Ovaris aries. Kambing ini ternyata berasal dari persilangan atau campuran dari perkawinana kambing lokal dengan dengan kambing jenis capastaad dari Afrika Selatan dan domba merino dari Australia.  

Jenis kambing garut ini merupakan hewan yang menjadi kebanggan nasional karena ciri khas kambing ini tidak dimiliki oleh kambing – kambing lain di dunia. Kebanyakan masyarakat mengenal kambing/ domba garut ini sebagai hewan aduan atau adu domba garut. 

Domba Merino jenis domba yang berasal dari Australia

Disebut sebagai hewan aduan karena bobot yang dihasilkan kambing ini dapat mencapai 60 – 80 kg per ekornya. Sedangkan untuk kambing betina bobotnya dapat mencapai 30 – 40 kg per ekor. Pada kambing jantan terdapat tanduk yang cukup panjang dan berbentuk melingkar, dan untuk kambing betina tidak memiliki tanduk. Tanduk inilah yang menjadi daya tarik masyarakat untuk mencoba memliharanya. 

Jika kita amati dengan seksama ternyata kambing garut ini memiliki daun telinga yang relatif kecil. Tubuh kambing ini pun juga cukup kokoh, keras, dan kuat serta memiliki kulit yang cukup bagus. 

Adapun point – point mengenai ciri Kambing Garut sebagai berikut :

  1. Berat badan domba jantan dapat mencapai 60 – 80 kg per ekor, sedangkan untuk betina 30 – 40 kg
  2. Daun telinga cenderung lebih kecil dan kokoh, bisa mencapai [anjang 4 – 8 cm. 
  3. Tidak terdapat tanduk pada kambing garut betina, jika ada biasanya berukuran sangat kecil. Sedangkan kambing jantan memiliki tanduk yang panjang dan melingkar
  4. Bentuk kepala cenderung pendek dan cembung, dahi lebar
  5. Memiliki ekor yang berbentuk segitiga terbalik dengan timbunan lemak
  6. Berbadan besar, lebar serta kuat 

Harga Jual Kambing Garut 

Kambing selaini dikenal dengan ketangkasannya, ternyata juga dikenal sebagai hewan eksotik. Disebut sebagai hewan eksotik karena memiliki pawakan yang tinggi, bertubuh kekar, bulunya yang terdiri dari berbagai corak dan bentuk tanduk yang besar serta panjang. Sehingga tidak aneh jika masyarakat yang jual kambing garut menawarkan harga hingga 10 jutaan keatas, bahkan malah bisa lebih dari ratusan juta. 

Kambing Garut yang selalu tampil gagah

Dengan harga yang tinggi tentunya tidak akan menyurtkan masyarakat pecinta Kambing atau Domba Garut ini. Malah untuk kedepannya bisa menjadikan bisnis yang cukup menjanjikan jika dikembangkan. Rata – rata harga yang ditawarkan oleh peternak bekisar sekitar 60 – 70 juta. Sedangkan untuk yang betina sekitar 25 – 30 juta. 

Beda halnya dengan kambing Garut yang memang dipelihara dengan perawatan yang instensif dengan tujuan dijadikan kambing aduan atau dijadikan kontes. Kambing – kambing yang dirawat dengan baik ini akan memberikan hasil yang maksimal ketikan diadu dan dikonteskan. Seperti halnya pemberian pakan yang berkualitas, pemberian vitamin agar stamina selalu terjaga, jadwal pembersihan tubuh kambing yang rutin, dan pembersihan kandang secara berkala guna menjaga kebersihan bulu kambing garut. 

Peluang Usaha Ternak Kambing Garut 

Dalam segi pemanfaatan Kambing Gaut banyak dipelihara oleh petani di daerah pedesaan. Banyak masyarakat pedesaan menjadikan Kambing ini untuk dijadikan sebagai usaha sampingan bahkan sebagai usaha ternak utama. 

Dikarenakan harga jual kambing ini cukup tinggi tentunya peluang usaha budidaya kambing garut cukup banyak dikembangkan. Baik diternakkan secara tradisional maupun modern. Kambing ini merupakan kambing tropis yang dapat menghasilkan anak lebih dari dua ekor dalam satu kali siklus keahiran. Dengan adanya hal tersebut tentunya akan memberikan keuntungan bagi peternak. Dan untuk keuntungan lainnya yakni dagingnya ternyata juga memiliki nilai gizi yang cukup baik dibandingkan daging kambing jenis lainnya. 

Untuk memulai budidaya Kambing/ Domba Garut ini bisa dimulai dari usia anakan maupn dewasa

Kulit kambing ini juga memiliki kualitas yang terbaik di dunia. Biasanya kulit kambing ini kan dibuat menjadi bahan baku pembuatan jaket. Bahkan untuk kotorannya pun juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk dunia pertanian. Untuk menghasilkan kotoran kambing yang dapat memberikan manfaat kesuburan bagi peternak maka kotoran kambing lebih dahulu digiling dan kemudian masuk ke proses fermentasi. 

Sehingga pemeliharaan kambing sebagai usaha usaha sampingan petani tentunya akan sangat menguntungkan.

Baca juga : 

Bagaimana, Anda tertarik kan untuk membudiayakan Kambing Garut ini. Bagi Anda yang ingin ternak kambing garut, kami dari hobiternak.com & jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis kambing ternak salah satunya kambing garut ini. 

Kami menyediakan kambing garut mulai dari usia anakan hingga dewasa. Untuk pengiriman akan kami kirimkan menggunakan mobil sampai alamat tujuan. Tunggu apalagi yuk seger order kambing ditempat kami. Untuk tata cara pemesanan, pengiriman dan konsultasi. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : domba garut termahal, domba garut super, harga domba garut 2019, adu domba garut, ciri domba garut, domba garut betina, harga domba 2019, domba indonesia,


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: