Makanan ayam mutiara

Mengenal Ayam Mutiara Putih Berdasarkan Jenisnya

Ayam mutiara putih  memang bukan ayam yang berasal dari Indonesia dan dapat dikatakan bahwa ayam mutiara merupakan ayam pendatang. Karena ayam ini merupakan ayam yang berasal dari Afrika. Jenis ayam mutiara ini merupakan jenis unggas yang banyak dikembangbiakkan sebagai hewan hiasan. Karena ayam mutiara merupakan ayam unggulan yang memiliki bulu berwarna putih diseluruh tubuhnya yang indah juga cantik. Sehingga ayam mutiara putih sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena sudah banyak peternak yang memelihara ayam ini.

ayam mutiara putih
Ayam Mutiara Putih

Ayam mutiara adalah salah satu jenis unggas. Walaupun masuk dalam jenis unggas tetapi tidak menutup kemungkinan jika ayam mutiara bisa terbang seperti burung karena jenis ayam ini termasuk jenis burung (aves)

Ayam mutiara memiliki  jenis beraneka ragam yang dapat dibedakan menurut warna-warna bulunya. Jenis ayam mutiara yang terdapat di Indonesia selain ayam mutiara putih antara lain ayam mutiara silver, ayam mutiara hitam dan ayam mutiara plangkok. Keunikan ayam in terletak pada bulunya yang memiliki warna bintik-bintik putih seperti mutiara diseluruh tubuhnya. Selain itu ayam mutiara ini termasuk jenis ayam yang unik.

Berikut merupakan daftar harga ayam mutiara putih per ekornya :

1 Bulan   @ Rp200,000

2 Bulan   @ Rp250,000

3 Bulan   @ Rp350,000

4 Bulan   @ Rp400,000

5 Bulan   @ Rp450,000

Dewasa   @ Rp500,000

Berikut merupakan ciri-ciri ayam mutiara :

  • Terdapat bintik-bintik putih seperti mutiara pada bagian bulunya
  • Memiliki bentuk tubuh yang hampir menyerupai burung
  • Memiliki pial disamping kanan dan kiri pada bagian kepalanya

Ayam mutiara sebenarnya merupakan keluarga burung yang bukan ayam . Lalu dikenal dengan nama ayam mutiara yang habitat aslinya hidup bergerombol pada sabana juga semak-semak. Meski ayam ini termasuk dalam kelompok burung, jenis ayam ini cenderung tidak suka terbang tinggi dan lebih suka  mencari makan dipadang sabana.

Makanan ayam mutiara dapat ditemukan dengan mudah. Didalam budidaya ayam mutiara secara intensif pemberian pakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap harinya dan perlu dihitung secara detail. Ayam mutiara akan lebih baik jika diberikan pakan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan mampu membantu pertumbuhan pada ayam tersebut. Pakan yang dapat diberikan yaitu dedak, bekatul, jagung, gabah, kedelai, beras serta berbagai jenis kacang-kacangan lainnya. Untuk anakan ayam mutiara, akan lebih baik jika diberikan pakan voer yang dicampur dengan sayuran seperti bayam, kangkung yang mengandung protein yang tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut. Pada dasarnya ayam mutiara merupakan hewan omnivora yang dapat diberikan pakan apa saja sehingga dapat memudahkan kita dalam berternak ayam mutiara.

Dalam pemeliharaan kebersihan kandang merupakan hal yang penting, sebaiknya dapat dilakukan setiap hari. Yang dapat dilakukan dengan membersihkan tempat pakan maupun membersihkan kandang dari sisa-sisa pakan ayam maupun kotoran ayam tersebut. Hal itu berguna untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, keindahan pada bulu ayam tersebut.

Selain ayam mutiara putih terdapat berbagai macam ayam mutiara. Berikut merupakan berbagai jenis ayam mutiara :

  1. Ayam Mutiara Hitam

    ayam mutiara putih
    Mutiara Hitam

    Jenis ayam mutiara hitam ini pada umumnya memiliki warna bulu diseluruh tubuhnya berwarna hitam dan memiliki bintik-bintik putih seperti mutiara. Ayam ini termasuk dalam jenis ayam yang memiliki banyak peminat untuk membudidayakan ayam yang eksotik.

  2. Ayam Mutiara Plangkok

    ayam mutiara putih
    mutiara plangkok

    Jenis ayam mutiara plangkok ini pada umumnya memiliki perpaduan warna bulu hitam dengan bulu ayam mutiara putih. Pada bagian sayap dan perutnya yang berwarna putih, pada bagian kepala yang berwarna kuning, dan memiliki kaki dan paruh juga berwarna kuning. Jenis ayam mutiara plangkok ini termasuk kedalam salah satu ayam unggulan.

  3. Ayam Mutiara Silver

    ayam mutiara putih
    Mutiara Silver

    Ayam mutiara silver ini merupakan jenis ayam yang sering disebut sebagai ayam mutiara lavender. Pada ayam ini memiliki bulu yang berwarna abu-abu dengan perpaduan bintik-bintik yang berwarna putih seperti mutiara.

Budidaya ternak ayam mutiara putih merupakan salah satu kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan ternak untuk mendapatkan manfaat serta keuntungan. Sama seperti jenis Mutiara yang lainnya, jenis Ayam Mutiara Putih memiliki ciri khas bertelur saat musim hujan saja. Dalam sekali masa bertelur jumlah telur Ayam Mutiara Putih dapat menghasilkan 50-100 butir telur, karena Ayam ini tidak pandai dalam mengerami telurnya maka untuk telur mutiara sebaiknya ditetaskan dengan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas telur.

Bagi anda yang ingin memulai usaha beternak Ayam jenis Mutiara kami dari hobiternak.com menyediakan anakan ayam mutiara yang siap kami kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait:

harga ayam mutiara putih, ayam mutiara lavender, ayam mutiara hitam, makanan ayam mutiara, ayam mutiara jantan, jumlah telur ayam mutiara, jenis ayam mutiara

Hasti Nurchayati
Viky Ristiyarti

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Mutiara Putih
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.