Si Ayam Monster Berbadan Kekar dan Berbulu Lebat, Ayam Cochin Semakin Diminati – Cochin merupakan salah satu jenis ayam hias yang banyak dipelihara karena keindahan bulu dan bentuk tubuhnya. Berbagai macam jenis ayam hias lain yang banyak diburu atau untuk dipelihara dalam kandang karena kecantikannya maupun suaranya. Tak terkecuali Cochin ini yang sudah mulai banyak dibudidayakan. Seperti apa ciri-ciri Cochin dan jenis-jenis dari Cochin? Simak jawabannya disini!

Cochin Si Ayam Monster

Mungkin bagi sebagian orang sudah mengenal Ayam Cochin.  Ayam Cochin atau Cochin Chickens merupakan jenis ayam langka berasal dari negeri tirai bambu (Shanghai Tiongkok,China). Dalam perkembangannya jenis ayam ini mulai di ekspor ke Inggris dan Amerika pada abad ke-19. Cochin telah banyak dikembangbiakkan di berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia yang  seakan tidak mau ketinggalan. Untuk wilayah Indonesia sendiri dapat dikatakan salah satu ayam hias langka karena keberadaannya serta populasinya yang terbilang masih terbatas. Banyak yang menyebut ayam ini dengan sebutan Ayam Chocin, terkadang juga ada yang menyebutnya dengan cochin. Namun sebenarnya yang dimaksud adalah jenis ayam yang sama yaitu chocin maupun cochin si ayam bertubuh besar dan bulat.

Ayam cochin
Tubuh uniknya yang terkesan bulat dan bulunya yang lebat membuat cochin banyak diminati oleh pecinta ayam hias.

Jenis-Jenis Ayam Cochin

Keunikan yang dimiliki ayam Cochin sangat khas dengan bentuk tubuhnya yang bulat berbulu tebal dengan ekornya yang cenderung lebih pendek. Memang jika kita perhatikan jenis ayam ini dibandingkan dengan jenis ayam lainnya memiliki postur tubuh yang lebih besar. Jika dilihat dari ukuran tubuhnya, terdapat dua jenis dari Cochin ini yaitu Bantam Cochin dan Giant Cochin.

  • Bantam Cochin
    Ayam ini merupakan salah satu jenis Cochin lebih banyak dipelihara, karena harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan ayam giant Cochin. Selain itu Bantam Cochin juga terkenal dengan postur tubuhnya yang  sedang dan mirip dengan ayam kate.
  • Giant Cochin
    Sesuai dengan namanya jenis ayam ini merupakan jenis ayam yang memiliki postur tubuh tinggi dan besar. Untuk jenis ayam ini memiliki kemiripan dengan ayam brahma.

Ciri-Ciri Ayam Cochin

Untuk membedakan  antara jenis Cochin dengan jenis ayam lainnya, terdapat beberapa ciri untuk kita ketahui, Berikut merupakan ciri-ciri yang perlu Anda ketahui :

  • Memiliki bulu tubuh yang tebal berwarna putih, hitam dan berbagai warna variasi lainnya
  • Produktifitas telurnya cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya
  • Pada bagian kakinya yang tertutup oleh bulu
  • Untuk ayam Cochin jantan dengan bobot 4,5 kg- 5 kg dan untuk Cochin betina cenderung lebih sedikit yakni 3,5 kg – 4 kg saja.
  • Sifat lain yang dimiliki Cochin yakni termasuk jenis ayam yang dapat mengerami telurnya sendiri dan produktifitas telurnya yang relatif sedikit
Ayam Cochin Si Ayam Monster
Cochin memiliki warna bulu hitam, putih, atau kombinasi warna-warna lain. Bulu pada Cochin bisa tumbuh hingga di kakinya.

Sering kita jumpai warna bulu Cochin  yang cantik seperti warna putih, hitam, dan juga merah serta perpaduan dari warna-warna tersebut. Bulu lebat yang dimiliki ayam cochin menjadi suatu keindahan dan daya tarik tersendiri bagi penghobinya. Saat ini banyak peternak yang ingin menciptakan keberagaman varietas baru dengan mengawin silangkan jenis ayam chocin dengan beberapa jenis ayam hias lainnya seperti ayam kapas, ayam poland, ayam cemani, ayam walik, ayam kate dan masih  banyak lagi.

Keberadaan ayam Cochin dengan karakternya yang unik dan memiliki berbagai macam warna pada bulunya. Penampilan fisik inilah yang menjadikan popularitas ayam cochin di kalangan penghobi jenis ayam hias. Walaupun ayam cochin ini masih terbilang jenis ayam langka dengan harganya yang cukup tinggi, namun tidak menyurutkan jumlah penghobi untuk membudidayakan ayam cochin.

Daftar Harga Ayam Cochin

1 Bulan                       : Rp. 400.000
2 Bulan                       : Rp. 500.000
3 Bulan                       : Rp. 600.000
4 Bulan                       : Rp. 800.000
5 Bulan                       : Rp. 1.000.000
Indukan                      : Rp. 1.500.000
Jantan 5 Bulan          : Rp. 1.100.000
Indukan Jantan         : Rp. 1.600.000

Daftar Harga Bantam Cochin

1 Bulan                       : Rp. 400.000
2 Bulan                       : Rp. 500.000
3 Bulan                       : Rp. 600.000
4 Bulan                       : Rp. 800.000
5 Bulan                       : Rp. 1.000.000
Indukan                      : Rp. 1.500.000
Jantan 5 Bulan          : Rp. 1.100.000
Indukan Jantan         : Rp. 1.600.000

Pakan Ayam Cochin

Dalam pemberian pakan merupakan salah satu faktor utama yang perlu dipehatikan dalam beternak ayam. Pemberian pakan harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi pada ayam setiap harinya. Sama halnya beternak jenis ayam lainnya, dalam beternak ayam cochin pola pemberian pakan berbeda-beda dalam setiap usianya. Pada anakan ayam cochin lebih banyak diberikan pakan dengan kandungan protein tinggi seperti Voer atau BR yang berguna untuk membantu pertumbuhan pada ayam. Dan berbeda pada usia perkembangan pemberian pakan dapat diberikan dengan kandungan konsentrat seperti dedak, bekatul, jagung, padi serta berbagai jenis pakan lainnya yang dapat dicampurkan dengan irisan sayuran seperti bayam, kangkung sawi yang dapat memicu pada telur dan keindahan bulu dan tubuh ayam tersebut.

Ayam Cochin Si Ayam Monster
Pakan Cochin sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ayam jenis lainnya. Untuk cochin yang masih anakan bisa diberikan voer seperti pada gambar diatas.

Mengingat harga ayam cochin yang relatif tinggi, dalam perkembangbiakannya masih dibudidayakan untuk ditetaskan yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah ayam. Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam cochin, kami menyediakan telur cochin yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit ayam chocin,  bibit ayam brahma, ayam poland, dan berbagai jenis ayam hias lainnya atau anakan  cochin kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk cochin dewasa juga bisa  Anda pesan di hobiternak.com . Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:

daftar harga ayam Cochin, bibit ayam brahma, harga giant cochin, harga ayam cochin, ayam holand,

Viky Ristiyarti


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: