Jual Ayam Cochin atau Shanghai Chickens Dari Anakan Sampai Dewasa

Jual Ayam Chocin atau Shanghai Chickens Berbagai Usia – Saat ini banyak masyarakat yang menggemari jenis ayam hias. Apakah Anda tahu apa itu ayam hias? Ayam hias adalah jenis ayam yang memiliki keindahan pada bulu atau salah satu anggota tubuhnya, serta membuat orang yang melihatnya tertarik dan terkesan.  Di Indonesia sudah banyak populasi ayam hias. Contohnya seperti ayam ketawa, phoenix, onagadori, cochin, kapas, cemani, poland, batik itali, batik kanada dan masih banyak lagi. Ayam hias saat ini memang menjadi primadona bagi para pecinta ayam. Mereka tertarik dengan keindahan dan keunikan pada ayam tersebut. Berikut adalah penjelasan tentang salah satu jenis ayam hias yaitu ayam cochin. Ayam besar yang bertubuh bulat ini masih tergolong langka. Apa saja keunikannnya? Mari kita simak bersama. Apa itu ayam cochin? Berapa harga ayam cochin?

Jual Ayam cochin
Dengan bentuk tubuhnya yang bulat lagi gempal, membuat ayam ini lucu ketika dilihat. Apalagi ketika berjalan pasti terlihat gagah dengan tubuh besarnya.

Ayam cochin atau biasa disebut dengan cochin chickens adalah jenis ayam hias yang berasal dari negeri tirai bambu China. Pada zaman dahulu ayam ini bernama shanghai chickens tetapi setelah banyak dikembangbiakkan di Eropa khusunya di Inggris sebutan ayam ini menjadi cochin chickens. Di lihat dari postur tubuh dan bulunya, ayam cochin mirip dengan jenis ayam hias brahma. Kedua ayam terserbut memiliki perbedaan. Perbedaan ayam cochin dan ayam brahma yaitu terletak pada jenggernya. Untuk ayam cochin jengger berbentuk sisir sedangkan ayam brahma berbentuk seperti telon.

Cochin terbagi menjadi dua jenis yaitu:

1. Bantam Cochin

Jenis bantam cochin mempunyai postur tubuh yang sedang mirip seperti jenis ayam kate. Karena memiliki keindahan dan keunikan tersendiri jadi ayam ini sering digunakan sebagai ayam hias oleh masyarakat.

Jual ayam cochin
Salah satu jenis dari ayam cochin ialah Bantam Cochin. Warna bulunya ada yang hitam, coklat, atau kombinasi.
2. Giant Cochin

Jenis giant cochin mempunyai postur tubuh yang besar dan lumayan tinggi. Postur tubuh jenis ayam giant cochin mirip dengan ayam brahma. Ayam ini sering digunakan  sebagai ayam pedaging dan ada juga yang untuk diambil bulunya.

Jual ayam cochin
Hampir sama dengan bantam cochin, namun untuk giant cochin ukurannya bisa lebih besar dan harganya juga bisa lebih mahal,

Ciri-Ciri Ayam Cochin

Jenis ayam cochin memiliki postur tubuh bulat dan bulu yang tebal sampai menutup kaki. Ayam ini memiliki sifat yang tenang dan jinak. Ciri-ciri ayam cochin untuk yang jantan memiliki bobot 4,5-5 kg sedangkan cochin betina memiliki bobot 3,4-4 kg. Banyak masyarakat menyukai jenis ayam. Di Indoenesia ayam cochin masih cukup langka. Selain itu bobot ayam cochin di Indonesia hanya mencapai 2-3 kg saja. Jadi lebih besar di luar negeri dibandingkan di Indonesia.

jual ayam cochin
Berikut adalah contoh foto ayam cochin yang masih berusia 1 bulan. Lihatlah pada kakinya, bulu ayam cochin bisa tumbuh hingga di kaki.

Ayam cochin memiliki berbagai jenis warna ada yang putih, merah dan hitam. Selain warna-warna tersebut ada juga variasi warna lain. Variasi tersebut ada karena para peternak mencoba untuk mengawin silangkan dengan jenis ayam hias lain. Contoh ayam yang dikawin silangkan degan ayam cochin yaitu ayam kapas, poland, walik, cemani dan masih banyak lagi.

Pakan Ayam Cochin

Pakan ayam cochin cukup mudah. Untuk usia 0-1 bulan bisa berikan pakan pabrikan atau pour. Usia 1 bulan keatas bisa ditambah dengan beras merah, jagung, bekatul. Anda bisa mendapatkan pakan-pakan tersebut di toko pakan ternak disekitar rumah Anda. Harganya pun terbilang murah. Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

Jual ayam cochin
Bekatul bisa menjadi alternatif pakan bagi ayam cochin peliharaan Anda. Namun ayam cochin juga bisa diberikan pakan berupa biji-bijian seperti jagung.

Kandang Ayam Cochin

Untuk kandang ayam cochin juga cukup mudah. Ukuran kandang bisa dibuat 2×1 dan sudah bisa menampung 1 pasang ayam cochin. Agar kandang terlihat indah Anda bisa berikan rerumputan supaya ayam tetap merasa nyaman. Kandang juga harus selalu dibersihkan, Anda bisa bersihkan 2 hari sekali atau saat ada waktu luang. Tujuannya agar ayam terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Harga ayam cochin cukup mahal. Jadi apabila Anda berkeinginan untuk mencoba membudidayakan jenis ayam ini, akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar juga. Harga ayam cochin lumayan mahal karena masyarakat di Indonesia belum banyak yang memiliki dan memelihara. Meskipun harga ayam cochin mahal Anda tidak akan menyesal bila membeli ayam ini. Karena ayam cochin sangat unik dan indah. Bulunya yang tebal sampai menutupi kaki membuat para pecinta ayam terpesona.

Berikut adalah daftar harga Ayam Cochin di tempat kami :

Harga Cochin / Bantam Cochin

1 Bulan                 @ Rp400,000
2 Bulan                 @ Rp500,000
3 Bulan                 @ Rp600,000
4 Bulan                 @ Rp800,000
5 Bulan                 @ Rp1000,000
Jantan 5 Bulan   @ Rp1.100,000
Indukan                @ Rp1.500.000
Indukan Jantan   @ Rp1.600.000

Selain ayam cochin, di hobiternak.com dan jualayamhias.com kami menyediakan berbagai macam jenis ayam hias dengan keunikannya masing-masing. Berikut merupakan contoh ayam-ayam hias yang banyak diminati. 

Berikut adalah daftar harga ayam hias di tempat kami:

Harga Ayam Kapas Per Ekor

1 Bulan   @ Rp100,000
2 Bulan   @ Rp125,000
3 Bulan   @ Rp150,000
4 Bulan   @ Rp200,000
5 Bulan   @ Rp250,000
Dewasa   @ Rp300,000 

Harga Ayam Mutiara Lavender / Silver Per Ekor

1 Bulan   @ Rp200.000
2 Bulan   @ Rp250.000
3 Bulan   @ Rp350.000
4 Bulan   @ Rp400.000
5 Bulan   @ Rp450.000
Dewasa   @ Rp500.000

Harga Ayam Poland Per Ekor

1 Bulan   @ Rp125,000
2 Bulan   @ Rp150,000
3 Bulan   @ Rp175,000
4 Bulan   @ Rp225,000
5 Bulan   @ Rp350,000
Dewasa   @ Rp500,000

Selain men-jual ayam chocin, kami pun menyediakan berbagai macam ayam hias. Tidak hanya ayam-ayam yang kami disebut diatas saja, kami pun menyediakan banyak macam ayam hias seperti ayam cemani, ayam ketawa, ayam kate, ayam serama, burung merak, ayam pheasant, ayam brahma, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang berminat dengan ayam cochin dan ayam-ayam lainnya, kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi kami di nomor layanan pelanggan :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK jual ayam chocin word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata Terkait :
harga giant cochin, bibit ayam brahma, daftar harga ayam chocin, harga ayam cochin, harga ayam kapas, harga ayam poland, harga ayam mutiara lavender, jual macam macam ayam hias,

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

_Meilani Sawitri_

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 5: Pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA