6 Langkah Mudah Mempersiapkan Kandang Ayam  

Kandang merupakan rumah atau tempat tinggal bagi hewan untuk melindungi diri, bertahan dari serangan predator, terik matahari, hawa dingin maupun hujan. 

Dengan adanya kandang tersebut akan membuat hewan merasa aman dan nyaman. Selain itu dengan adanya kandang ayam tersebut juga dapat memberikan kemudahan bagi peternak dalam mengontrol pemeliharaan ayam yang diternakkan.

Pentingnya mempersiapkan kandang ayam sebelum beternak | image 1
Pentingnya mempersiapkan kandang ayam sebelum beternak | image 1

Mengingat peran kandang menjadi salah satu faktor terpenting dalam bidang peternakan. Maka, peternak perlu mengetahui bagaimana cara membuat kandang yang baik hingga kandang tersebut benar – benar siap dihuni oleh ayam. 

Kandang yang baik dapat membuat ayam tumbuh dengan optimal, sehat dan menghasilkan telur dengan maksimal. 

Langkah – langkah Membangun Kandang Ayam Sederhana

Sebelum peternak benar-benar memutuskan untuk membuat kandang, maka langkah pertama yang dilakukan yakni perencanaan.

Perencanaan ini berfungsi untuk menentukan perhitungan bahan pembuatan kandang, tipe atau jenis kandang, luas kandang dan lain sebagainya.

Adapun hal penting yang harus diperhatikan lainnya sebagai berikut ini : 

1. Pembangunan kandang tidak merugikan pihak lain

2. Dapat memberikan kemudahan bagi peternak dalam proses pemeliharaan dan penyelenggaraan usaha. 

3. Memberikan kenyamanan dan keamanan bagi ayam yang dipelihara 

Jika peternak menginginkan membuat kandang tanpa menguras biaya yang banyak, peternak dapat membuat kandang dengan skala kecil seperti membuat kandang ayam dari kayu.

Pembuatan kandang ayam yang nyaman bagi ayam, memiliki akses jalan yang mudah dan tidak merugikan pihak lain menjadi salah satu faktor utama dalam usaha beternak ayam | image 2
Pembuatan kandang ayam yang nyaman bagi ayam, memiliki akses jalan yang mudah dan tidak merugikan pihak lain menjadi salah satu faktor utama dalam usaha beternak ayam | image 2

Adapun jika peternak menginginkan pemeliharaan dengan skala besar maka peternak juga perlu membuat kandang dengan ukuran yang luas serta kelengkapan fasilitas ternak ayam. 

Kandang ayam sederhana pun dibagi menjadi berbagai macam, seperti kandang ayam umbaran, kandang ayam modern, kandang ayam tradisional dan lain sebagainya.

Untuk langkah-langkah yang dapat peternak terapkan saat akan membuat kandang ayam yang baik adalah sebagai berikut ini : 

1. Memilih lokasi pembuatan kandang yang bagus untuk ayam

Langkah pertama yang harus peternak tentukan yakni lokasi pembuatan kandang. Usahakan peternak dapat memlilih lokasi atau tempat yang tidak bising dan bebas dari polusi udara. Alangkah lebih baiknya jika lokasi pembuatan kandang ayam jauh dari tempat pemukiman penduduk. 

Mengapa peternak harus memilih lokasi pembuatan kandang yang jauh dari kandang ? Hal ini bertujuan agar ayam dapat merasakan kenyamanan dan ketenangan, sehingga pertumbuhan daging maupun telur akan maksimal. 

Persiapan lokasi sebelum mendirikan kandang ayam sangatlah penting. Karena dari hal tersebut peternak dapat memperhatikan kenyaman dan keamanan saat beternak ayam | image 3
Persiapan lokasi sebelum mendirikan kandang ayam sangatlah penting. Karena dari hal tersebut peternak dapat memperhatikan kenyaman dan keamanan saat beternak ayam | image 3

Selain itu kenyaman warga pun juga tetap terjaga, karena biasanya peternakan ayam akan menghasilkan bau kotoran yang menyengat. 

Tetapi jika peternak hanya ingin memelihara ayam dengan skala yang kecil atau memelihara beberapa ekor pembuatan kandang dapat dibangun di sekitar lingkungan atau sudut rumah. 

Peternak perlu memastikan tempat tersebut dapat memberikan ketenangan dan aman dari serangan predator yang mengintai. 

2. Menentukan jenis atau tipe kandang yang akan dibuat

Sebelum memutuskan untuk membuat kandang ternak ayam biasanya peternak akan memilih jenis atau tipe kandang seperti apa yang ingin dibuat. Biasanya jenis kandang ini menyesuaikan dengan ayam yang akan dipelihara baik ayam pedaging maupun ayam petelur. 

Salah satu contoh kandang ayam yang dapat peternak terapkan untuk beternak ayam dalam skala kecil | image 4
Salah satu contoh kandang ayam yang dapat peternak terapkan untuk beternak ayam dalam skala kecil | image 4

Peternak juga perlu membuat design kandang yang dinginkan agar dapat memperkirakan berapa banyak bahan yang akan dibeli serta biaya yang diperlukan. 

3. Melengkapi fasilitas yang diperlukan di kandang 

Persiapan selanjutnya yakni dengan melengkapi fasilitas kandang yang diperlukan. Seperti kelengkapan obat – obatan saat ayam sakit, vitamin, lampu pencahayaan, sapu, ember dan lain sebagainya. 

Pastikan bahwa semua fasilitas tersebut dapat tersedia dengan lengkap agar peternakan ayam dapat berhasil dengan maksimal. Tidak lupa bahwa pengaturan ventilasi kandang juga sangat dipelukan. 

Berikut merupakan salah satu peralatan kandang seperti tempat makan dan tempat minum | image 5
Berikut merupakan salah satu peralatan kandang seperti tempat makan dan tempat minum | image 5

Dengan adanya ventilasi kandang yang baik akan membuat aliran udara dan sinar matahari dapat cukup masuk ke dalam kandang. Sinar matahari yang masuk ke dalam kandang dapat membunuh kuman penyakit pada kandang ayam. 

4. Luas kandang yang diperlukan

Sebelum bangunan kandang ayam didirikan, alangkah baiknya jika peternak memperhitugkan luas kandang yang diperlukan. 

Karena pada setiap jenis ayam pedaging maupun petelur memiliki luas kandang yang berbeda-beda. Jika ayam pedaging membutuhkan luas sekitar 2m persegi, maka ayam petelur membutuhkan luas 4-5m persegi. 

Saat akan membuat kandang, peternak perlu mempersiapkan luas kandang yang sesuai dengan jumlah ayam yang diternakan. | image 6
Saat akan membuat kandang, peternak perlu mempersiapkan luas kandang yang sesuai dengan jumlah ayam yang diternakan. | image 6

Selain mempersiapkan luas kandang yang akan dibangun, pastika juga peternak membuat jarak antara tempat & wadah pakan yang lainnya. 

Hal ini dilakukan agar jumlah kebutuhan air minum maupun pakan ayam menjadi teratur dan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.  

5. Menyediakan tempat pakan dan minum bagi ayam 

Hal tak kalah penting lainnya yakni persiapan tempat pakan dan minum. Persiapan tempat pakan dan minum pada peternakan ayam harus dipersiapakan dengan baik. 

Selain itu peternak juga harus menentukan jumlah wadah pakan & minum yang dibutuhkan dalam proses peternakan. Hal ini dilakukan agar kebutuhan pakan maupun minum ternak ayam dapat tercukupi dengan maksimal. 

6. Pengaturan pencahayaan yang sesuai 

Keberhasilan dalam peternakan ayam memang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain pakan, ternyata lampu menjadi peranan penting dalam dunia peternakan.

Lampu bukan hanya dijadikan penerang dalam kandang saja. Tetapi dapat bermanfaat sebagai pengahangat suhu dan membantu proses kematangan organ reptoduksi ayam yang diternakkan. 

Ini adalah contoh indikator apakah pemasangan lampu pemanas di dalam kandang sudah benar atau belum I image 7
Ini adalah contoh indikator apakah pemasangan lampu pemanas di dalam kandang sudah benar atau belum I image 7

Usakan agar peternak dapat memberikan lampu pada kandang dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan ayam yang diternakkan. 

Beternak ayam memang menjadi usaha yang banyak diminati oleh peternak di Indonesia. Namun, sebelum memulai usaha ternak ayam alangkah baiknya jika peternak mempersiapkan kelengkapan – kelengkapan fasilitas lengkap.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi peternak – peternak muda di Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam. Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis bibit unggas seperti ayam kampung pedaging dan petelur, ayam petelur negeri, ayam peterlu ras, ayam pedaging negeri, bebek dan aneka bibit ayam hias lainnya.

Untuk pengiriman tetap dapat kami jangkau hingga keseluruh wilayah Indonesia via pesawat, kereta, bis, travel dan truck.

Informasi lebih lengkapnya silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : kandang ayam sederhana, kandang ayam umbaran, kandang ayam modern, kandang ayam bambu, kandang ayam dari kayu, kandang ayam bangkok, kandang ayam petelur, kandang ayam tingkat 2

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: facebook.com
  • image 2: propertyinside.id
  • image 3: propertyinside.id
  • Image 3: tomschickencoopplans.com
  • image 5: chickin.id
  • image 6: Owned by the author
  • Image 3: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA