5 Hal yang Menyebabkan Ketidakseragaman Pada Pertumbuhan Ayam Kampung Super

5 Hal yang Menyebabkan Ketidakseragaman Pada Pertumbuhan Ayam Kampung Super – Bagi setiap peternak unggas khususnya peternak Ayam Kampung Super sudah sewajarnya mendambakan peternakannya mendapatkan hasil yang maksimal akan tetapi, ada berbagai faktor yang dapat mendukungnya. Salah satu hal tersebut adalah pola pemeliharaan ayam dengan baik dan benar untuk mewujudkan hasil yang ingin dicapai.

Ayam Kampung Super yang terkenal sebagai ayam pedaging, pertumbuhan menjadi tujuan budidaya yang cukup penting untuk diperhatikan. Joper memiliki pertumbuhan yang cepat pada usia 60 hari dengan pencapaian berat mulai 8 ons sampai 1kg. Hasil dari persilangan ayam ras petelur dengan ayam bangkok jantan ini sebagai solusi dari peningkatan kualitas hewan, baik dari sisi pertumbuhan semakin cepat, kualitas daging dan lainnya.

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Beberapa kelebihan dari Ayam Kampung Super

1. Meski pertumbuhan yang cukup cepat, tidak kehilangan terkstur dan citarasa seperti ayam kampung

2. Daya tahan serta adaptasi yang cukup tinggi, jika dengan pemeliharaannya baik maka tingkat kematian ideal dibawah 5 %

3. Pemeliharaan cukup mudah

Dalam menghasilkan bobot maksimal ayam joper, pakan konsentrat menjadi pilihan utama yang mana dalam satu jenis pakan tersebut sudah mampu memenuhi nutrisi pakan harian yang membantu pertumbuhan dagingnya. Mulai dari usia satu hari pemeliharaan, untuk pakan dapat diberikan dengan cara ditebarkan pada alas kandang berupa sekam atau ditebarkan pada Feeder Tray. Dalam satu hari dapat diberikan sejumlah 4-5 kali pada pagi, siang, sore dan malam hari.

Berikut contoh dalam pemberian pakan harian DOC Ayam Kampung Super per ekor pada Masa Starter :

Usia DOC Jumlah Pakan/Ekor
Minggu ke -1 11 gram
Minggu ke – 2 19 gram
Minggu ke – 3 27 gram
Minggu ke – 4 35 gram

 

Tidak hanya dalam tahap starter, ada beberapa contoh dalam pemberian pakan masa finisher yaitu:

Usia DOC Jumlah Pakan/Ekor
Minggu ke -5 11 gram
Minggu ke – 6 19 gram
Minggu ke – 7 27 gram
Minggu ke – 8 35 gram

Pemberian pakan pada masa ini dapat dilakukan 3 atau 2 kali dalam sehari.

Meskipun demikian dalam setiap budidaya memang memiliki tantangan. Seperti halnya saat pemeliharaan Ayam Kampung Super ini yang mana memiliki pertumbuhan yang tidak seragam. Ketidakseragaman pertumbuhannya memang umum terjadi pada tahap pembesaran. Sebagai contoh di usia 55 hari bobot rata-rata 0.8 kg, namun sebagian dijumpai bobot 0.7 kg namun ada yang sudah mencapai 1kg. Hal ini masih dianggap normal karena jaraknya yang tidak begitu jauh. Akan tetapi bisa menjadi masalah apabila terjadi pada jumlah yang cukup banyak dan bobot tertinggal jauh dengan ayam yang lain. Seperti pada usia tersebut berat berada di 0.5 kg bahkan bisa dibawahnya. Maka dengan demikian perlu segera diketahui penyebab dan cara mengatasinya.

 

Baca lebih lajut :

5 Hal penyebab Ketidakseragaman Pertumbuhan Ayam Kampung Super

1. Kualitas DOC

Hal ini dapat dibandingkan dengan sesama peternak Joper dengan begitu dapat memngetahui doc yang kita pelihara.

2. Kesalahan Manajemen saat Brooding

Kesalahan Manajemen saat Brooding dapat menyebabkan pertumbuhan yang terhambat. Pemanas tidak memenuhi suhu ideal maka masa brooding tidak tercapai. Maka hal ini sejak awal pemeliharaan akan mengakibatkan DOC malas gerak dan malas makan.

3. Asupan Pakan

Pemberian pakan yang kurang memenuhi nutrisi akan menyebabkan pertumbuhan doc yang lambat sehingga tidak mencapai bobot yang maksimal. Maka dari itu untuk membuat pakan alternatif untuk ayam jawa super yang tepat sesuai dengan fase pertumbuhan perlu untuk diperhatikan jangan sampai pakan dari hasil racikan sendiri tidak memenuhi kebutuhan nutrisinya.

4. Kekurangan Pakan

Kekurangan pakan juga dapat menjadi penyebab ketidakseragaman pertumbuhan Ayam Kampung Super. Hal ini bisa dikarenakan jumlah pemberian pakan yang kurang atau mungkin jumlah tempat pakan pada kandang tersebut juga kurang sehingga ada ayam secara terus menerus tidak mendapatkan asupan pakan. Dengan demikian memang perlu untuk diperhatikan jumlah pemberian pakan begitu juga dengan tempatnya. Jika memang ditemukan ada yang nafsu makan berkurang atau malas makan, kita perlu untuk telaten mendekatkan atau mengarahkan ke tempat pakan.

5. Ayam terserang penyakit

Ayam yang terserang penyakit dapat mengakibatkan pertumbuhannya tidak seragam. Menurut beberapa sumber ayam yang sakit dapat lebih lambat pertumbuhannya sekitar 1-2 minggu untuk dapat mencapai bobot yang sesuai target dengan ayam yang sehat.

Melihat dari berbagai penyebab tersebut, pakan memang cukup berpengaruh dalam menghasilkan ayam kampung super dengan bobot yang sesuai target. Dengan begitu pemberian pakan ayam joper agar cepat besar seperti konsentrat adalah pilihan yang cukup tepat karena, dalam jenis pakan tersebut kurang lebih sudah dapat memenuhi asupan nutrisi ayam joper tersebut.

Harga DOC Ayam Joper hari ini kami tentukan berdasarkan harga wilayah tujuan pengiriman. Sebagai contoh untuk wilayah Jawa doc joper kami berikan harga 6500 per ekor dengan pengiriman via kereta pengambilan di kargo stasiun. Setiap hari pengiriman, pembeli akan kami konfirmasi nomor resi pengiriman yang berguna pada saat proses pengambilan paket DOC di kargo stasiun.

DOC Joper
DOC Joper

Bagi anda yang berminat untuk beternak Ayam Kampung Super, kami menyediakan Bibit atau DOC Ayam Kampung Super yang siap kami kirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan, untuk pemesanan silahkan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812 2028 8686
0822-2123-5378

AXIS:
0838-6918-5523

 

Kata Terkait :

ayam super kampung, kandang ayam jawa super, bobot maksimal ayam joper, membuat pakan alternatif untuk ayam jawa super yang tepat sesuai dengan fase pertumbuhan, harga doc ayam joper hari ini, pakan ayam joper agar cepat besar, analisa usaha ayam joper 100 ekor, ukuran kandang ayam joper 500 ekor.

*Hasti Nurchayati*

.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP