5 Alasan, Kenapa Anak Ayam Bangkok Perlu Dipisah dari Induknya ?

Ada beberapa alasan peternak ayam bangkok memisahkan anak ayam dari induknya saat baru saja menetas. Salah satu alasanya yakni agar induk nya segera segar kembali yang kemudian produksi telur lagi.

Sehingga waktunya lebih efisien tidak terpotong untuk membesarkan anak ayamnya.

Tingginya minat penghobi ayam hias saat ini menjadi salah satu faktor banyaknya pecinta ayam bangkok yang mulai berbondong-bondong mengembangkan usaha ternak ayam tersebut. | image 1
Tingginya minat penghobi ayam hias saat ini menjadi salah satu faktor banyaknya pecinta ayam bangkok yang mulai berbondong-bondong mengembangkan usaha ternak ayam tersebut. | image 1

Teknik ini tentu saja cocok untuk digunakan selain ternak ayam bangkok. Kita bisa memisah atau menyapih anak ayam dari induknya untuk ternak ayam kampung, ayam kalkun maupun aneka ayam hias lainya.

Kenapa Anak Ayam Bangkok perlu dipisah dari Induknya ? Ini alasannya..

1. Pertumbuhan lebih merata

Bila anak ayam dibesarkan dengan sang indukan, biasanya anak ayam akan mencari makan di lahan mana saja yang bisa ditemukan.

Terkadang hal ini terjadi jika anak ayam yang ukuran nya lebih besar akan mendapat jatah makan lebih banyak dari induknya sehingga ayam yang kecil akan terhambat pertumbuhan nya.

Salah satu anak ayam bangkok yang sengaja di umbar di luar kandang, tentu jika diumbar harus tetasp dalam pengawasan ya | image 2
Salah satu anak ayam bangkok yang sengaja di umbar di luar kandang, tentu jika diumbar harus tetasp dalam pengawasan ya | image 2

2. Ayam akan lebih banyak bertelur

Ayam betina atau babon akan lebih banyak menghasilkan telur karena waktu membesarkan anak nya hampir tidak ada.

Setelah telur menetas dan anak ayam dipisahkan dengan induknya maka tidak lama lagi induk tersebut akan bertelur kembali dan mengeram kembali.

Kalau berbicara produktivitas memang Anda bisa menggunakan mesin penetas sebagai pengganti betina yang mengeram. Dan ini produktivitas akan jauh lebih banyak.

Salah satu jenis ayam kampung yang sedang mengasuh anak - anaknya | image 3
Salah satu jenis ayam kampung yang sedang mengasuh anak – anaknya | image 3

Apabila Anda membutuhkan mesin penetas untuk membantu menetaskan telur-telur ayam lebih banyak, Anda bisa mendapatkanya ditempat kami.

Hubungi layanan pelanggan hobiternak.com untuk mendapatkan aneka ragam jenis mesin penetas berkualitas mulai dari kapasitas 30 butir hingga 1000 butir.

Baca juga : 4 Penyebab Ayam Kerdil dan Solusinya

3. Resiko terkena penyakit lebih rendah

Bila anak ayam di dalam kandang box dan di pisahkan dengan induknya tentu saja anak ayam tersebut akan jauh dari lingkungan bebas yang potensi penularan penyakit akan lebih besar.

Di dalam kandang box anak ayam akan terjamin pakan, minum serta kehangatan nya sampai ayam cukup umur untuk keluar kandang box.

Contoh penggunaan kandang box bagi anak ayam usia baru saja menetas | image 4
Contoh penggunaan kandang box bagi anak ayam usia baru saja menetas | image 4

Usahakan agar kandang ternak ayam bangkok dibuat dengan sesuai standar kenyamanan dan efisiensi.

4. Resiko hilang dan di serang predator lebih rendah

Jika anak ayam di bawa kemana-mana oleh induknya untuk mencari makan tentu saja resiko anak ayam tercecer atau mungkin tertinggal akan muncul.

Predator pemangsa hewan semacam ular atau garangan sangat cekatan untuk memangsa ayam-ayam kita.

Begitu juga dengan ular garangan juga menjadi tantangan tersendiri bagi peternak yang tinggal di daerah dekat kebun atau sawah. Garangan merupakan karnivora kecil yang tentu saja menjadi musuh setiap peternak.

Ular menjadi salah satu hewan predator yang banyak memangasa anak ayam | image 5
Ular menjadi salah satu hewan predator yang banyak memangasa anak ayam | image 5

5. Membantu induk ayam yang kurang pintar merawat anaknya

Dalam merawat anak ayam memang mirip seperti pola mengeram. Kita bisa dapati ada indukan yang ahli atau pintar dalam mengeram tapi ada juga yang sering gagal saat mengeram.

Begitu juga dengan induk atau babon ayam saat merawat anaknya, ada induk yang telaten namun ada induk yang kurang bagus dalam merawat anak-anaknya.

Nah, dengan memisah induk dengan anak nya saat menetas ini lah akan membantu bagi induk yang tidak pintar merawat anak nya.

Menjadi catatan saat memisahkan sebaiknya menunggu bulu ayam yang kering. Setelah bulu ayam kering dan sudah bisa berdiri sendiri dengan baik maka saat itu adalah waktu yang tepat untuk anak ayam tersebut kita pisah.

Persiapan – persiapan Sebelum Memisahkan Anak Ayam

Persiapan sebelum memisahkan nya, Anda bisa menyiapkan kandang ternak ayam bangkok sederhana, seperti kandang box yang sudah di beri lampu pijar sebagai penghangat ayam.

Pastikan pakan dan minum yang cukup. Untuk lampu atau pemanas sendiri biasa nya peternak ada yang memberikan lampu penghangat selama 24 jam sampai usia 2 minggu.

Setelah 2 minggu Anda bisa hanya menghidupkan lampu selama malam saja. Dan pedoman yang paling tepat adalah peternak sendiri. Karena lokasi dan suhu setiap daerah bisa berbeda-beda.

Ini adalah contoh indikator apakah pemasangan lampu pemanas di dalam kandang ternak ayam bangkok sudah benar atau belum I image 6
Ini adalah contoh indikator apakah pemasangan lampu pemanas di dalam kandang ternak ayam bangkok sudah benar atau belum I image 6

Pengamatan dan perhatian peternak terhadap anak ayam ini memang yang diperlukan. Jadi Anda yang lebih tahu kapan lepas lampu atau kapan masih perlu diberi lampu penghangat.

“Menjadi catatan mudah adalah saat ayam bergerombol berarti ayam kedinginan namun bila ayam menjauh dari lampu atau bergerak ke pinggir mungkin ayam kepanasan.”

Bagi Anda yang ingin mengembangkan ternak ayam bangkok berkualitas dapatkan aneka bibit ayam berkualitas di hobiternak.com. Cara ternak ayam bangkok rumahan pun cukup mudah duterapkan oleh siapa saja.

Seperti cara ternak ayam bangkok di lahan sempit, peternak dapat mencoba ternak ayam bangkok skala rumahan dengan kapasitas ternak 3 – 8 ekor.

Anda bisa hubungi layanan pelanggan kami untuk konsultasi atau membeli bibit ayam. Kami siap mengirimkan ayam yang Anda inginkan via Kargo darat dan udara. Hubungi kami sekarang ya…

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : ternak ayam bangkok cepat panen, cara ternak ayam bangkok di lahan sempit, cara ternak ayam bangkok rumahan, kandang ternak ayam bangkok, cara ternak ayam bangkok pemula, resiko ternak ayam bangkok, ternak ayam bangkok berkualitas, kandang ternak ayam bangkok sederhana

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: rimbakita.com
  • image 2: pinhome.id
  • image 3: pixabay.com
  • image 4: Owned by the author
  • image 5: arstechnica.com
  • Image 3: Owned by the author
  • thumnail: pinhome.id

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA